SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X/II
STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
ALOKASI WAKTU : 16 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan 3.2. Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam 3.3. Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi 3.4. Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan | · Mengamati gejala keanekaragaman · Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan · Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan · Membaca peta tipe keanekaragaman flora Indonesia · Membaca peta tipe keanekaragaman fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber · Mendeskripsikan ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia · Mengumpulkan informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan dan dilindungi · Mengumpulkan informasi berbagai cara konservasi untuk melindungi flora dan fauna dari kepunahan · Mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji · Menggambar struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta · Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji · Menentukan fase-fase pada siklus hidup tumbuhan · Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku · Menggambar bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji dan mengetahui ciri-ciri bagian tubuh tersebut · Mendeskripsikan perbedaan dunia hewan dan dunia tumbuhan · Mendiskripsikan ciri umum dunia hewan · Mengklasifikasikan dunia hewan · Membandingkan ciri-ciri masing-masing filum hewan · Mengamati beberapa contoh kelas hewan · Menggambar struktur tubuh hewan · Mendeskripsikan ciri hewan berdasarkan hasil pengamatan | · Keanekaragaman hayati pada tingkat: 1. Gen 2. Jenis 3. Ekosistem · Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. sampurna Kadarsan 1. Hutan hujan tropis 2. Hutan musim 3. Sabana 4. stepa 1. In-situ 2. E-situ · Ciri umum Dunia Tumbuhan · Klasifikasi tumbuhan · Divisi tumbuhan lumut (Bryophyta) meliputi: 1. Ciri-ciri umum Bryophyta 2. Klasifikasi Bryophyta 3. Struktur tubuh Bryophyta 4. Siklus hidup Bryophyta 5. Peranan Bryophyta · Divisi tumbuhan paku (Pteridophyta) meliputi: 1. Ciri umum tumbuhan paku 2. Klasifikasi tumbuhan paku 3. Struktur tubuh tumbuhan paku 4. Siklus hidup tumbuhan paku 5. Peranan tumbuhan paku · Divisi bagi manusia tumbuhan berbiji (Spermatophyta) meliputi: 1. Ciri umum tumbuhan berbiji 2. Klosifikasi tumbuh berbiji 3. Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji 4. Peranan tumbuhan berbiji bagi manusia · Ciri umum dunia hewan · Dasar klasifikasi dunia hewan · Klasifikasi dunia hewan | Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | · Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan · Diskusi mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati · Diskusi mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem · Diskusi pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Diskusi tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia · Diskusi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya · Tugas membuat kliping tentang organisme khas daerah · Pengamatan tumbuhan lumut · Diskusi mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut · Pengamatan tumbuhan paku · Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan paku · Pengamatan tumbuhan berbiji · Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan berbiji · Diskusi membedakan tumbuhan Angiospermae · Diskusi membedakan tumbuhan dikotil dan monokotil · Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan · Membandingkan ciri dunia hewan dan dunia tumbuhan · Mendiskripsikan klasifikasi dunia hewan · Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya · Pengamatan filum Arthropoda dan Molusca | · Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati · Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati · Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan · Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia · Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan · Membedakan pelestarian in-situ dan e-ksitu · Mendeskripsikan ciri umum Dunia Tumbuhan · Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan · Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan lumut · Menggambar struktur tubuh tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan · Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut · Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia · Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku · Mengklasifikasikan tumbuhan paku · Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan · Menggambar siklus hidup tumbuhan paku · Mengumpulkan informasi tentang peranan paku bagi manusia · Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji · Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji · Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang, daun, dan bunga · Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji · Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji bagi manusia · Mendiskripsikan ciri umum dunia hewan · Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan · Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan · Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan | · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan keanekaragaman hayati 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar peni-laian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kom-petensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Kliping 2. Uji kompe-tensi tertulis 1. Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian kliping 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: · Laporan hasil pengamatan · Uji kompetensi · Instrumen penilaian: · Lembar penilaian hasil praktikum 1. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: · Laporan hasil pengamatan Arthropoda · Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian · Lembar penilaian laporan hasil praktikum · Soal uji kompetensi tertulis | 2 2 9 4 | · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB VII · Berbagai makhluk hidup yang ada di sekolah · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB VII · Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah · Buku Biologi X, Dyah Aryulina dkk, Esis, BAB VIII · Buku Kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono P.S, Esis · Contoh tumbuhan lumut · Contoh tumbuhan paku · Contoh tumbuhan berbiji · Loupe · Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono, P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah Aryulia · Contoh hewan Arthropoda dan Molusca |
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X/II
STANDAR KOMPETENSI : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
ALOKASI WAKTU : 8 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1. Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan 4.2. Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan 4.3. Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah 4.4. Membuat produk daur ulang limbah | · Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi · Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik · Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar · Menemukan ekosistem dan batas-batasnya · Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem · Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang teramati · Menyususn rantai makanan menjadi jaring-jaring makanan dan piramida ekologi · Menggambarkan siklus materi dan arus energi · Menggambar daur biogeokimia unsur tertentu · Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia · Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia · Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme · Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan | · Pengertian ekologi sebagai ilmu · Ekosistem dan komponen penyusunnya · Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya · Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem · Berbagai interaksi dalam ekosistem · Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi · Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem · Daur biogeokimia · Keseimbangan lingkungan · Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan · Beberapa bahan pencemar dan dampaknya · Upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Penanganan limbah dengan cara daur ulang 3 Berbagai produk daur ulang limbah | Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | · Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu · Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya · Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem · Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring-jaring makanan , dan piramida ekologi · Mendeskripsikan perjalanan energi, materi, dalam ekosistem, serta daur biogeokimia · Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan · Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya · Melakukan eksperimen tentang pencemaran · Diskusi penanganan limbah dengan cara daur ulang · Membuat produk dari bahan limbah | · Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu · Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik · Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem · Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi · Menggambar bagan daur biogeokimia · Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia · Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia · Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu · Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme · Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan · Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang | 1. Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian 1. Lembar penilaian hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil eksperimen 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen Penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis | 4 4 | · Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyaharyuliana · Ekosistem yang ada di sekitar sekolah · Buku kerja Biologi IB, Igm, Kristiyono. P.S, Esis · Buku teks biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB XI · Beberapa aktivitas manusia |
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru