SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
· Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi · Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma | · Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi · Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi · Mengamati ciri-ciri makhluk hidup · Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup · Menyebutkan objek biologi · Menyebutkan permasalahan biologi · Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi · Mendeskripsikan cabang ilmu biologi berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya. · Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi · Membuat makalah | · Pengertian Biologi sebagai ilmu · Ciri-ciri makhluk hidup · Tiga aspek keilmuan biologi meliputi: 1. Objek 2. Permasalahan 3. Tingkat organisasi 1. Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi” | a. Jujur b. Kerja keras c. Toleransi d. Rasa ingin tahu e. Komunikatif f. Menghargai prestasi g. Tanggung Jawab h. Peduli lingkungan i. Jujur j. Kerja keras k. Toleransi l. Rasa ingin tahu m. Komunikatif n. Menghargai prestasi o. Tanggung Jawab p. Peduli lingkungan | q. Percaya diri r. Berorientasi tugas dan hasil s. Percaya diri t. Berorientasi tugas dan hasil | · Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup · Diskusi mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan · Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi · Tugas mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya | · Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu · Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup · Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan · Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan · Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi · Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi | · Jenis tagihan: Uji kompetensi tertulis · Instrumen peninalian: Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: · Uji kompetensi tertulis · Makalah · Instrumen penilaian: 2 Soal uji kompetensi tertulis 3 Lembar penilaian makalah | 1 45 Menit 3 45 menit | · Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis, · Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis, Bab I · Makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah · Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB I · Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet |
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
ALOKASI WAKTU : 14 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Mendeskripsi-kan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan o gi o | u. Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup. v. Menggambar struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis w. Memberi nama bagian-bagian tubuh virus x. Mengurutkan proses-proses reproduksi virus y. Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia z. Membuat kegiatan tentang virus aa. Menggambar sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis bb. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel bakteri cc. Mengelompokkan Eubacteria dd. Membuat tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria bb. Membuat produk olahan bahan makanan dengan menggunakan bakteri ff. Mengamati jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop gg. Menggunakan mikroskop hh. Membuat preparat ii. Menggambar Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista jj. Mendeskripsikan ciri-ciri Protista kk. Megenlompokkan Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati ii. Mengumpulkan informasi tentang Protista mm. Mengamati struktur jamur nn. Menggambar struktur tubuh jamur oo. Mengelompokkan jamur mm. Mendeskripsikan ciri-ciri jamur nn. Membuat produk makanan menggunakan jamur | rr. Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup pp. Ciri-ciri virus meliputi : 1. Ciri benda mati virus 2. Ciri hidup virus tt. Struktur tubuh virus uu. Cara reproduksi virus ss. Peran virus bagi manusia meliputi : 1. Peran yang menguntungkan 2. Peran yang merugikan a. Pengertian prokari E b. Ciri-ciri Eubacteria · Bentuk sel dan koloni Eubacteria · Struktur sel Eubacteria · Cara hidup Eubacteria · Reproduksi bakteri c. Klasifikasi Eubacteria d. Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria e. Contoh-corntoh archaebacteria f. Peranan bakteri bagi manusia Ciri-ciri Protista meliputi: · Protista yang menyerupai tumbuhan. · Protista yang menyerupai hewan · Protista yang menyerupai jamur · Peranan Protista bagi manusia meliputi: · Peranan yang mengutungkan · Peranan yang merugikan Ciri-ciri jamur meliputi: · Ciri struktur · Cara hidup tt. Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi: · Spora aseksual · Spora seksual · Klasifikasi jamur · Peranan jamur bagi manusia · Proses produksi yang memanfaatkan jamur | xx. Jujur yy. Kerja keras zz. Toleransi aaa. Rasa ingin tahu bbb. Komunikatif ccc. Menghargai prestasi ddd. Tanggung Jawab eee. Peduli lingkungan fff. Jujur ggg. Kerja keras hhh. Toleransi iii. Rasa ingin tahu jjj. Komunikatif kkk. Menghargai prestasi lll. Tanggung Jawab mmm. Peduli lingkungan nnn. Jujur ooo. Kerja keras ppp. Toleransi qqq. Rasa ingin tahu rrr. Komunikatif sss. Menghargai prestasi ttt. Tanggung Jawab uuu. Peduli lingkungan vvv. Jujur www. Kerja keras xxx. Toleransi yyy. Rasa ingin tahu zzz. Komunikatif aaaa. Menghargai prestasi bbbb. Tanggung Jawab cccc. Peduli lingkungan | dddd. Percaya diri eeee. Berorientasi tugas dan hasil ffff. Percaya diri gggg. Berorientasi tugas dan hasil hhhh. Percaya diri iiii. Berorientasi tugas dan hasil jjjj. Percaya diri kkkk. Berorientasi tugas dan hasil | llll. Diskusi prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup mmmm. Mengamati dan menggamti struktur tubuh virus nnnn. Diskusi ciri-ciri virus oooo. Menggambar skema reproduksi virus pppp. Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia hhhh. Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya rrrr. Pengamatan bentuk bakteri (Kegiatan 4..1) ssss. Diskusi ciri-ciri struktur Eubacteria tttt. Pengamatan bentuk-bentuk Cyanobacteria (Kegiatan 4.2) uuuu. Diskusi ciri-ciri Archaeobacteria vvvv. Diskusi peranan bakteri bagi manusia nnnn. Praktek pembuatan yoghurt (Kegiatan 4.4) xxxx. Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam yyyy. Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista zzzz. Diskusi tentang klasifikasi Protista yang diamati rrrr. Tugas mengumpulkan informasi tentang protista bbbbb. Praktikum pengamatan jamur ccccc. Menggambar struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan I. Diskusi sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan uuuu. Surevi/kunjungan ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll | eeeee. Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis fffff. Mendeskripsikan ciri-ciri virus ggggg. Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan hhhhh. Menggambar skema reproduksi virus iiiii. Mengidentifikasi peran virus bagi manusia jjjjj. Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya kkkkk. Menjelaskan pengertian prokariot lllll. Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria mmmmm. Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri nnnnn. Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria ccccc. Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia ppppp. Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur qqqqq. Mengelompokkan contoh Protista yang diamati fffff. Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia sssss. Mendeskripsikan ciri-ciri jamur ttttt. Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan uuuuu. Membedakan spora aseksual dan seksual jjjjj. Memberikan alassan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya · Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamu | · Jenis tagihan: 1. Uji kompetensi tertulis 2. Makalah · Instrumen penilaian: · Soal uji kompetensi tertulis · Lembar penilaian kkkkk. Jenis tagihan: Laporan hasil praktikum pengamatan bakteri Uji Kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan praktikum 2. Uji kompetensi tertulis 3. Makalah Instrumen penilaian: 1. Lembar observasi kegiatan praktikum 2. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 3. Lembar penilaian makalah 4. Soal uji kompetensi tertulis Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan 2. Uji kompetensi tertulis Instrumen penilaian: 1. Lembar observasi praktikum 2. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 3. Soal uji kompetensi tertulis | 2 45 menit 4 45 menit 4 45 menit 4 45 menit | · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB II dan Bab III · Berbagai informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkan virus · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB IV · Biakan bakteri · Air kolam · Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup · Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah Aryulina, dkk, Bab X · Air kolam · Mikroskop, kaca obyek, dan kaca penutup · Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet) · Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV · Contoh jamur · Bahan-bahan pembuat tempe dan tape |
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.