Bisa Juga Download Disini
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Standar kompetensi : 1 Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1. Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan 1.2. Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan 1.3. Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis) | · Membuat peta konsep sel · Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel · Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel · Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis · Membedakan struktur sel hidup dan sel mati · Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan · Menentukan nama bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis · Mengambar secara skematis struktur ultramikroskopis sel · Memberi nama organel-organel sel pada gambar skematis sel · Menentukan fungsi organel-organel sel · Menunjukkan gejala difusi · Mendefinisikan difusi berdasarkan percobaan · Menunjukkan gejala osmosis · Mendefinisikan gejala osmosis berdasarkan percobaan · Menggambarkan struktur membrans sel · Mendeskripsikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel | a. Jujur b. Kerja keras c. Toleransi d. Rasa ingin tahu e. Komunikatif f. Menghargai prestasi g. Tanggung Jawab h. Peduli lingkungan i. Jujur j. Kerja keras k. Toleransi l. Rasa ingin tahu m. Komunikatif n. Menghargai prestasi o. Tanggung Jawab p. Peduli lingkungan q. Jujur r. Kerja keras s. Toleransi t. Rasa ingin tahu u. Komunikatif v. Menghargai prestasi w. Tanggung Jawab x. Peduli lingkungan | y. Percaya diri z. Berorientasi tugas dan hasil aa. Percaya diri bb. Berorientasi tugas dan hasil cc. Percaya diri dd. Berorientasi tugas dan hasil | · Struktur sel dan fungsi sel meliputi: 1. Membran sel 2. Sitoplasma 3. Inti sel · Sel hewan dan sel tumbuhan · Sel prokariotik dan sel eukariotik · Organel-organel sel dan fungsinya · Struktur membran sel · Plasmasilin · Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain: 1. Difusi 2. Osmosis 3. Imbibisi 4. Transpor aktif | · Mengamati struktur sel hewan dan sel tumbuhan · Mengamati gambar ultra mikroskopis sel, menentukan nama-organel-organel selnya dan menjelaskan fungsi masing-masing organel sel · Mengamati transpor melalui membran | · Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan · Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis · Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati · Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan · Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel · Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik · Menyebutkan nama-nama organel sel pada gambar sel · Menjelaskan fungsi organel-organel sel · Menunjukkan adanya gejala difusi dan osmosis · Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis · Menjelaskan mekansime transpor aktif · Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat | · Jenis tagihan: 1. Laporan pengamatan mikroskopis sel 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Poster tentang sel 2. Uji Kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian poster 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Laporan praktikum 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis | 4 X 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit | · Buku kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis · Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab 1 ·Mikroskop · Buku kerja Biologi 2A, Ign, Khristiyono, Esis · Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab I · Gambar sel · Buku kerja Biologi 2A, Ign, Khristiyono, Esis · Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab I |
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : XI/ I
Standar Kompetensi : 2. Memahami Keterkaitan Antara Strktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dan Hewan Serta Penerapannya Dalam Konteks Saling Temas
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan 2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkan dengan fungsinya | · Membuat peta konsep jaringan tumbuhan · Mendeskripsikan struktur-fungsi berbagai jaringan tumbuhan · Mengamati struktur akar dan batang tumbuhan dengan menggunakan mikroskop · Menggambar hasil pengamatan mikroskopis struktur akar dan batang tumbuhan · Memberi keterangan gambar struktur mikroskopis akar dan batang · Membedakan struktur akar monokotil dan dikotil · Membedakan struktur batang dikotil dan monokotil · Membuat preparat mikroskopis potongan melintang daun · Membuat preparat mikroskopis potongan membujur daun · Mengamati struktur daun dengan menggunakan mikroskopis · Menggambar struktur daun berdasarkan hasil pengamatan · Memberi nama bagian-bagian daun · Menggambar struktur stomata · Membuat peta konsep jaringan hewan · Mengidentifikasi struktur dan fungsi berbagai jaringan hewan · Mengamati jaringan yang terdapat pada paha ayam · Menggambar struktur paha ayam · Menentukan berbagai jaringan yang terdapat pada paha ayam · Mengamatai struktur mikroskopis jaringan hewan dengan preparat awetan · Menggambar hasil pengamatan mikroskopis jaringan hewan · Memberi keterangan bagian-bagian gambar mikroskopis jaringan hewan · Membedakan struktur dan fungsi tulang rawan dan tulang keras · Membedakan struktur dan fungsi otot polos, lurik dan jantung | ee. Jujur ff. Kerja keras gg. Toleransi hh. Rasa ingin tahu ii. Komunikatif jj. Menghargai prestasi kk. Tanggung Jawab ll. Peduli lingkungan mm. Jujur nn. Kerja keras oo. Toleransi pp. Rasa ingin tahu qq. Komunikatif rr. Menghargai prestasi ss. Tanggung Jawab tt. Peduli lingkungan | uu. Percaya diri vv. Berorientasi tugas dan hasil ww. Percaya diri xx. Berorientasi tugas dan hasil | · Struktur berbagai jaringan yang terdapat pada tumbuhan: 1. Jaringan meristem 2. Jaringan permanen · Struktur mikroskopis organ tumbuhan 1. Akar 2. Batang 3. Daun · Struktur berbagai jaringan hewan, 1. Jaringan epitel 2. Jaringan ikat 4. Jaringan otot 5. Jaringan saraf · Organ pada hewan · Sistem organ pada hewan | · Studi membaca untuk mengidentifikasi berbagai jaringan yang terdapat pada tumbuhan · Pengamatan mikroskopis struktur akar, batang, dan daun · Studi membaca untuk mengidentifikasi berbagai jaringan pada hewan · Pengamatan struktur berbagai jaringan hewan | · Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan · Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan · Menggambar struktur akar, batang, dan daun · Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil · Mengidentifikasi berbagai jaringan pada hewan · Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan hewan · Menggambar struktur berbagai jaringan pada hewan · Membedakan jaringan-organ dan sistem organ | · Jenis tagihan: 1. Laporan pengamatan akar, batang, dan daun 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Laporan pengamatan jaringan hewan 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis | 4 x 45 menit 4 x 45 menit | · Buku kerja Biologi 2A, lgn, Krhristiyono, Esis · Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab II · Mikrosk-op · Akar, batang, dan daun · Buku kerja Biologi 2A, lgn, Khristiyono, Esis · Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab III · Mikroskop · Preparat awetan jaringan hewan |
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /Semester : XI/ I
Standar Kompetensi : 3 .Menjelaskan Struktur Dan Fungsi Organ Manusia Dan Hewan Tertentu , Kelainan/Penyakit Yang Mungkin Terjadi Serta Implikasinya Pada Salingtemas
Alokasi Waktu : 12 X 45 Menit
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia 3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah | · Membuat peta konsep sistem gerak pada manusia · Mengidentifikasi komponen penyusun sistem gerak manusia · Mengidentifikasi berbagai gerakan yang dapat dilakukan manusia · Mengamati berbagai persendian dengan menggunakan kerangka manusia · Menggambar berbagai persendian pada manusia · Mengamati struktur tulang · Mengamati dan mempelajari kontraksi otot · Menguraikan gerakan yang dilakukan pada berbagai aktivitas manusia · Membuat peta konsep sistem peredaran darah manusia · Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem peredaran darah manusia · Melakukan pengujian golongan darah manusia · Membedah hewan untuk diamati jantungnya · Mengamati letak jantung hwan vertebrata · Mengamati struktur jantung hewan vertebrata · Menggambar struktur jantung hewan vertebrata · Mendeskripsikan denyut jantung berdasarkan hasil pengamatan · Membandingkan struktur jantung pada berbagai hewan vertebrata · Membuat kliping ganguan/penyakit pada siistem peredaran darah manusia dan teknologi mengatasinya | yy. Jujur zz. Kerja keras aaa. Toleransi bbb. Rasa ingin tahu ccc. Komunikatif ddd. Menghargai prestasi eee. Tanggung Jawab fff. Peduli lingkungan ggg. Jujur hhh. Kerja keras iii. Toleransi jjj. Rasa ingin tahu kkk. Komunikatif lll. Menghargai prestasi mmm. Tanggung Jawab nnn. Peduli lingkungan | ooo. Percaya diri ppp. Berorientasi tugas dan hasil qqq. Percaya diri rrr. Berorientasi tugas dan hasil | · Komponen penyusun alat gerak manusia: 1. Rangka 2. Otot · Hubungan antar tulang : 1. Sinartrosis 2. Diartrosis · Berbagai macam persendian · Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia · Gangguan pada sistem gerak manusia · Komponen penyusun sistem peredaran darah manusia: 1. Darah 2. Jantung 3. Pembuluh darah · Mekanisme sistem peredaran darah manusia · Penggolongan darah · Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia | · Studi membaca untuk mengidetifikasi sistem gerak manusia · Pengamatan struktur tulang · Pengamatan berbagai persendian pada manusia · Pengamatan struktur persendian · Pengamatan kontraksi otot · Studi membaca untuk mengidentifikasi komponen penyusun sistem peredaran darah manusia · Mengamati eritrotis dan menggambar hasil pengamatan · Menguji golongan darah · Pengamatan sistem peredaran darah pada berbagai hewan vertebrata · Mengumpulkan informasi untuk membuat kliping tentang ganguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia | · Menjelaskan struktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia. · Menggambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian · Menggambarkan struktur persendian · Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat · Mendeskripsikan struktur tulang · Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia · Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia · Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya · Membuat skema proses pembekuan darah · Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya · Menjelaskan hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya · Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia · Menjelaskan sistem limfe · Mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik · Mendiskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia · Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata · Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata | · Jenis tagihan 1. Laporan praktikum 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil pengamatan · Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1.Laporan praktikum uji golongan darah 2. Laboran praktikum pengamatan eritrosit 3.Laporan praktikum pengamatan sistem peredaran darah hewan vertebrata 4.Kliping 5.Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. lembar penilaian kliping 3. Soal uji kompetensi tertulis | 5 x 45 menit 7 x 45 menit | · Buku kerja Biologi 2A, lgn, Kristiyono, Esisi · Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab IV Buku kerja Biologi 2A, Lgn, Kristiyono, Esis · Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab V · Koran, majalah , jurnal buku, sumber, dan invormasi. · Hewan vertebrata |
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.