RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 27
Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
· Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
II. Materi Ajar
· Hipotesis asal usul kehidupan
· Teori evolusi Darwin
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menemukan adanya gejala keanekaragaman · Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman hayati · Menggambar skema teori evolusi Darwin · Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin | · Membaca buku untuk menyusun peta konsep · Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup · Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis · Diskusi memahami teori evolusi | · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan · Siswa dapat Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
· Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mendiskusikan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP : NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 28 dan 29
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan : Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Menujukkkan bukti-bukti evolusi
· Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
· Menerapkan hukum Handy-Weinberg
II. Materi Ajar
· Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
· Teori evolusi biologi dan kimia
· Hukum Hardi-Weinberg
III. Metode pembelajaran
Diskusi -Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia · Menjelaskan berbagai bukti evolusi · Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia | · Diskusi percobaan Harold Urey · Diskusi hukum Hardy-Weinberg · Menonton VCD tentang evolusi | · Siswa dapat Menujukkan bukti-bukti evolusi · Siswa dapat Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia · Siswa dapat Menerapkan hukum Hardy-Weinberg |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 28 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menjelaskan bahwa teori evolusi. Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
· Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 29 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD prokontra evolusi Harun Yahya). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP : NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 30
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Tujuan : Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
· Menjelaskan teori evolusi netral
II. Materi Ajar
· Mutasi DNA dan dampaknya
· Teori evolusi netral
· Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi
III. Metode Pembelajaran
Diskusi -Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi | · Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam · Diskusi teori evolusi, netral | · Siswa dapat Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi · Siswa dapat Menjelaskan teori evolusi netral |
III. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 30 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
· Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP : NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 31, 32, 33
Alokasi Waktu : 6 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Tujuan : Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Menjelaskan pengertian bioteknologi
· Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
· Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
· Membuat produk bioteknologi tradisional
· Mengekstraksi DNA
o Materi Ajar
· Pengertian bioteknologi
· Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
· Rekayasa genetika
III. Metode pembelajaran
Diskusi-Eksperimen
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional · Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi | · Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern · Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi · Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA | · Siswa dapat Menjelaskan pengertian bioteknologi · Siswa dapat Membedakan bioteknologi tradisional dan modern · Siswa dapat Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya · Siswa dapat Membuat produk bioteknologi tradisional · Siswa dapat Mengekstraksi DNA |
IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi
B. Kegiatan awal (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan inti (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 32 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (50 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (30 menit)
· Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 33 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa mengamati hasil eksperimen.
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mengumpulkan laporan hasil. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/bahan/sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
· Laporan hasil kegiatan
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP : NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 34
Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
Tujuan : Siswa mempu menjelaskan peran dan hasil-hasil bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
· Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika
II. Materi Ajar
· Tanaman transgenik dan dampaknya
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya · Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya | · Diskusi Salingtemas · Membuat kliping | · Siswa dapat Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya · Siswa dapat Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
· Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas.
B. Kegiatan iinti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mengumpulkan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (15 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah Aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Laporan diskusi Salingtemas
· Tugas fiksi ilmiah
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP : NIP.