Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragman makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Indikator : 1. Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan pengamatan menggunakan mikroskop
2. Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
3. Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
4. Mengklasifikasikan hubungan antara sel, jaringan organ dan sistem organ penyusun tubuh
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 x 40 menit)
A. Tujuan Pembelajaran
- Disajikan seperangkat mikroskop siswa dapat menyebutkan bagian-bagian mikroskop, cara kerja mikroskop
- Melalui eksperimen siswa dapat membuat preparat dari air comberan, sel pada tumbuhan (bawang merah) jaringan pada akar, batang dan daun
- Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian sel dan fungsinya
- Melalui pengamatan gambar siswa dapat mebedakan sel hewan dengan sel tumbuhan
- Dari hasil pengamatan dengan mikroskop siswa dapat menyebutkan macam-macam jaringan pada akar, batangdan daun serta fungsinya.
- Melalui diskusi dan informasi siswa dapat menyebutkan macam-macam organ pada manusia dan hewan
- Siswa dapat ………………………
B. Materi Pembelajaran
- Organisasi kehidupan
- Sel
- Jaringan
- Organ
- Sistem organ
C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2. Metode : Pengamatan dengan Mikroskop
Diskusi Kelompok
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Apersepsi : Buatkah sebuah kelimat dengan kata sel
2) Motivasi : Apakah ketika lahir kamu sudah sebesar sekarang?
(Setiap makhluk hidup multiseluler kehidupannya dimulai dari 1 sel)
b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali mengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan
2) Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok kooperatif
3) Guru menginformasikan kekelompok cara kerja dan bagian dari mikroskop, cara membuat preparat dan pengamatan bawang merah, akar, batang dan daun
4) Siswa dalam kelompoknya mengadakan eksperimen dan membuat laporan dari hasil eksperimen
5) Guru berkeliling membimbing siswa melakukan eksperimen atau pengamatannya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama peserta didik melalukan diskusi hasil pengamatan
2) Guru memberi kesempatan siswa untuk mempresentasikan hasil pengamatannya
3) Guru memberikan pengembangan konsep
4) Guru memberi tugas ke peserta didik untuk merapihkan hasil pengamatan dan PR membaca jaringan organ
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Apersepsi :
2) Motivasi :
b. Kegiatan Inti
1) Guru dengan menggunakan OHP: bagian-bagian dari sebuah sel hewan (tumbuhan), informasi dari guru
2) Siswa mencocokkan ……… dengan gambar di OHP
3) Siswa dapat membedakan sel hewan dengan sel tumbuhan
4) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membetulkan gambar dan bagian-bagian dari sel dan jaringan dan fungsinya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama peserta didik melalukan diskusi kelas
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran hari ini
4) Guru memberi tugas siswa untuk mengisi LKS dan membaca buku tentang organ, sistem organ
3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Aperspsi :
2) Motivasi :
b. Kegiatan Inti
1) Dengan menggunakan OHP guru menanya kembali ke siswa, mana yang disebut sel dan mana yang disebut jaringan
2) Dengan melakukan diskusi kelompok siswa dapat membedakan mana organ pada tumbuhan dan organ pada manusia
3) Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengaitkan apa hubungan sel – jaringan – organ – sistem organ
4) Guru memberikan kesempatan kelompok mana yang denghan lengkap mempresentasikan hasil diskusi kelompok
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama peserta didik melalukan diskusi kelas
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran hari ini
4) Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik menyampaikan presentasinya
5) Guru melakukan tes lisan untuk penguasaan konsep
6) Guru memberi tugas untuk belajar sel – organisme, persiapan ulangan ke-3
Jakarta, Januari 2007
Mengetahui,
Kepala Guru Mata Pelajaran