Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketrgntungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar : 7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
Indikator : 1. Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari sebagai sumber energi utama
2. Menggambarkan dalam bentuk rantai makanan dan jaringan-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 x 40 menit) 3 x pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
- disajikan gambar (dengan OHP atau transparasi) suatu gambar dari sebuah ekosistem, siswa dapat menyebutkan satuan-satuan dalam ekosistem atau individu, populasi dan komunitaas
- Disajikan gambar diagram komunitas siswa dapat menerangkan populasi, kepadatan populasi, dan jumlah individu
- Tiap kelompok diberi kwadrat, siswa dapat menyebutkan lingkungan biotik dan abiotik dan sumber energi utama di dunia (matahari)
- Berdasarkan pengamatan lingkungan siswa dapat menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan atau kehidupan (kerja kelompok)
B. Materi Pembelajaran
- Ekosistem
C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2. Metode : Pengamatan Ligkungan
Diskusi Kelompok
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Apersepsi : Dimanakah biasanya cacing kita temukan?
2) Motivasi : Apakah yang akan terjadi bila semua ular mati dibunuh?
b. Kegiatan Inti
1) Guru memberi petunjuk kepada anak didik untuk menggunakan kwadrat dan penulisan laporan pengamatan lingkungan.
2) Guru memberikan informasi dengan menggunakan OHP tentang satuan-satuan dalam ekosistem
3) Siswa perserta didik melakukan praktikum pengamatan lingkungan dengan menggunakan kwadrat dan membuat laporan kegiatannya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama peserta didik melalukan diskusi hasil pengataman
2) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik atau kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatannya
3) Guru memberikan pengembangan konsep
4) Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk persiapan pertemuan ke dua tentang rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Apersepsi : Dimanakah kamu temukan belalang
2) Motivasi : Apakah yang akan terjadi bila semua belalang mati dibunuh?
b. Kegiatan Inti
1) Guru memberikan informasikan tentang rentai makanan dan jaring-jaring makanan – jaring-jaring kehidupan
2) Siswa dengan bimbingan guru (perkelompok) untuk membuat rantai makanan – jaring makanan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan
3) Kelompok yang sudah selesai mempresentasikan hasil kegiatan kelompoknya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama peserta didik melalukan diskusi hasil pembuatan rantai – jaring makanan
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran hari ini
4) Guru memberi pertanyaan lisan untuk mengetahui penguasaan konsep
3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Aperspsi : Apakah kedudukan sinar matahari di dalam suatu ekosistem?
2) Motivasi : Apa yang akan terjadi bila matahari tidk ada lagi?
b. Kegiatan Inti
1) Guru memberikan tayangan video atau OHP, memberi atau menggali informasi tentang komponen suatu kesatuan ekosistem yang spesifik (ekosistem air tawar, ekosistem danau, ekosistem laut), dan memberi tugas kelompok untuk melakukan diskusi dengan memilih salah satu ekosistem
2) Guru memberi kesempatan kelompok-kelompok yang akan mempresentasikan hasil diskusinya
3) Guru memberi tugas kelompok untuk membuat diagram rantai makanan – jaring makanan dari hasil diskusi kelompoknya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama peserta didik melalukan diskusi hasil pembuatan rantai makanan – jaring makanan yang telah dibuat oleh peserta didik
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Peserta didik membuat hasil rangkuman pembelajaran hari ini di bimbing oleh guru
4) Guru mmeberi tugas belajar atau membaca ekosistem
Persiapan ulangan
E. Sumber Belajar
1. Buku Biologi Kelas VII
2. Buku-Buku yang relevan
3. Buku-Buku Perpustakaan
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian : 1. Tes tertulis
2. Tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen : 1. Pilhan Ganda
2. Jawab Singkat
Uji petik kerja produk : Eksperiman
3. Penilaian
PG : 30 soal
Isian : 10 soal
Score : PG : 30 – 30
Essay : 10 – 20
x 10 = 100
Jakarta, Januari 2007
Mengetahui,
Kepala Guru Mata Pelajaran