Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar : 7.2 Megidentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
Indikator : 1. Mendifinisikan makhluk hidup yang tergolong langka
2. Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong langka di suatu lokasi
3. Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
- Disuguhkan beberapa informasi dari buku perpustakaan dan buku-buku yang relevan, siswa dapat menyebutkan 3 kategori kemusnahan binatang dan hewan
- Melalui diskusi dan informasi dari guru, peserta didik dapat menyebut 3 faktor yang dapat menyebabkan kepunahan
- Melalui diskusi informasi peserta didik dapat meruskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
- Melalui bacaan, buku-buku di perpustakaan, peserta didik dapat menyebutkan beberapa tempat dan hewan yang dilindungi dari kepunahan
- Melalui bacaan yang berakitan dengan hewan dan tumbuhan langka, peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi.
- Melalui media yang ada, koran, bacaan buku perpustakaan, internet, peserta didik dapat membuat karya tulis tentang kepunahan hewan dan tumbuhan, cara-cara pelestariannya, dan pentingnya di dalam suatu ekosistem
B. Materi Pembelajaran
- Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2. Metode : Pengamatan Lingkungan
Diskusi Kelompok
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Apersepsi : Pernah ke kebun binatang, melihat Banteng di tempat perlindungan Banteng di Indoneisa!
2) Motivasi : Apa yang akan terjadi bila banyak hewan dan tumbuhan musnah?
b. Kegiatan Inti
1) Melalui diskusi dan informasi dari guru peserta didik dapat menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan kepunahan tumbuhan dan hewan
2) Peserta didik dibagi dalam kelompok, kelompok @ 4 orang diberi bahan diskusi tentang apa yang dimaksud hewan dan tumbuhan langka, penyebab kepunahannya, mecam jenis hewan dan tumbuhan yang dilindungi, tempat atau habitatnya dan cara pembudidayaan agar tidak punah
3) Guru memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru dan siswa berdiskusi kelas hasil presentasi kelompok-kelompok
2) Guru memberikan pujian bagi kelompok terbaik
3) Guru memberikan pengembangan konsep
4) Dengan bimbingan guru peserta didik membuat rangkuman pembelajaran hari ini
5) Guru memberi pertanyaan lisan untuk mengetahui daya serap siswa dalam pembelajaran hari ini
6) Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari atau mengumpulkan data tentang kepunahan hewan dan tumbuhan di Indonesia atau bahan karya tulis
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Apersepsi : Banyaknya hiasan rumah berasal dari gading gajah, kulit harimau, kulit ular, dan lain-lain apakah kemu senang dengan hiasan-hiasan itu?
2) Motivasi : Untuk menghasilkan hiasan-hiasan (di atas) harus dibunuh hewan-hewan tersebut. Apa akibatnya bila hal itu dibiarkan?
b. Kegiatan Inti
1) Guru dan peserta didik berdiskusi hasil penemuan dari media buku, internet, majalah tentang kepunahan tumbuhan dan binatang tertentu
2) Dari hasil diskusi dibuat peta daerah yang melindungi tumbuhan dan hewan tertentu dari kepunahan
3) Guru memberi tugas kelompok untuk mencapai upaya agar hewan dn tumbuhan itu dapat dibudidayakan agar tidak punah dan hubungannya dengan saling ketergantungan dalam suatu eksistem dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
c. Kegiatan Penutup
1) Guru bersama peserta didik melalukan diskusi dari hasil diskusi kelompok
2) Guru memberi pujian pada kelompok yang terbaik
3) Guru membimbing siswa untuk rangkuman
4) Guru memberi tes lisan untuk mengetahui daya serap peserta didik
5) Guru memberi tugas peserta didik untuk membuat karya tulis, tentang tumbuhan dan hewan langka, penyebab kepunahn dan cara-cara untuk membudidayakan tumbuhan dan hewan langka, diberi waktu + 2 minggu untuk dikumpulkan ………
PR rumah:
Siswa diberi tugas membaca dan mencari informasi tentang kepadatan populasi dan hubungannya dengan lingkungan.
E. Sumber Belajar
1. Buku Biologi SMP Kelas VII
2. Buku-Buku pendamping yang relevan
3. Buku-buku diperpustakaan
Jakarta, Januari 2007
Mengetahui,
Kepala SMPN 49 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Hasmi, M.M Supartinah
NIP: 130 702 326 NIP: 130 319 212