Welcome to Lampoh tuha

Senin, 24 Februari 2014

SILABUS BIOLOGI BERKARAKTER KELAS 7 SMP



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   :  SMP NEGERI 10 BANDA ACEH
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / I
Standar Kompetensi            : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik

Gejala Alam Biotik dan Abiotik
o  Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar
-       Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  abiotik melalui pengamatan
-       Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  biotik melalui pengamatan


Observasi



Tes Tulis
Lembar observasi


PG




Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?

a. bau
b. tumbuh
c. warna
d. ukuran

2 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Gerak
o  Melakukan percobaan gerak lurus beraturan
o  Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan
o  Mengapllikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari
o  Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan
-       Menemukan persamaan laju yang ditempuh

-       Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan  sehari-hari
-       Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu

-       Menyelidiki  GLBB dipercepat beraturan

-       Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis


Testulis


Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis
PG


isian


Uraian




Isian


Isian
Ciri GLB memiliki kecepatan ....
a. dipercepat
b. tetap
 c. diperlambat
d. beraturan
Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB .....
Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan waktu
Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah .....
Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep ....

3 x 40’
Buku siswa, LKS, referensi

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

Mikroskop
o Mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop
o Mengamati preparat jadi dengan menggunakan mikroskop
o Membuat  preparat basah


-       Mengenal bagian-bagian mikroskop
-       Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes identifi-kasi

Uji petik kerja prosedur
Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!

Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud!
3 x 40’
Buku siswa, mikroskop, preparat

5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

Keselamatan Kerja
o Mencari informasi melalui referensi tentang keselamatan kerja
o Studi pustaka tentang alat bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam
-       Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara ama

-       Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit

-       Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium

Tes unjuk kerja


Tes tulis




Tes tulis
uji petik kerja produk

PG




PG
Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan mikroskop!
Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang dapat diitemukan di laboratirium?
a. air
b. asam sulfat
c.  alkohol
d.  larutan   glukose

Apakah arti simbol di bawah ini?
 



a. bahan yang mudah terbakar
b. bahan yang beracun
c. alat mudah pecah
d. alat mudah mengalami korosi
2 x 40 ’
Buku siswa, Carta bahan berbahaya dan alat-alat praktektikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
















SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   :  SMP NEGERI 10 BANDA ACEH
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / I
Standar Kompetensi            : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

Ciri-ciri makhluk hidup
o   Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
o   Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup
o   Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia
·  Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup

·  Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi

·  Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
Tes tertulis


Tes kinerja



Tes tertulis
PG


Ter unjuk kerja produk


Uraian


Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ...
a. tumbuh membesar
b. memerlukan sumber energi
c. memerlukan oksigen untuk pembakaran
d. beradaptasi terhadap lingkungan*
Pilihlah tiga  mahluk hidup yang ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah laporannya!
Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan?
2 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki

Klasifikasi Makhluk hidup
o   Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme
o   Mengelompokkan organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu
o   Mencari informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
o   Melakukan klasifikasi klsifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki
·  Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya

·  Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

·  Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom

·  Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati

Ter tertulis





Tes tertulis



Tes tertulis




Tes unjuk kerja
PG





Uraian



Uraian




Uji petik  kerja produk
Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu
a. kepala
b. kulit
c. alat gerak*
d. ekor
Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup?

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!

Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!
4 X 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Organisasi Kehidupan
o   Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop
o   Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan tumbuhan
o   Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ

·  Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
·  Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
·  Mendeskripsikan  keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
·  Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
Tes unjuk kerja produk


Tes tertulis



Tes tertulis




Tes tertulis
Uji petik kerja produk



Uraian



Uraian




Uraian

Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop!

Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun!

Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ penyusunnya!

Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung klorofil!

4 X 40’
Buku siswa, preparat, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   :  SMP NEGERI 10 BANDA ACEH
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / 1
Standar Kompetensi            : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem

Ekosistem
o   Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem
o   Menggali informasi dari nara sumber/melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem danau)
o   Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan
·    Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
·    Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem

Observasi




Tugas
Lembar observasi



Tugas proyek
Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja kelompok! Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan!

4 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
o   Mencari informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
o   Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
·    Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka

·    Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
·    Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka

·    Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi

Tes tulis


Tes lesan



Tes tulis




Penugasan
Isian


Daftar pertanyaan


PG





Tugas rumah



Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila ....

Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa!

Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka supaya ....
a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c. menambah keindahan alam
d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam 

Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi
4 X 40’
Buku siswa, buku acuan, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

Kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan
o   Studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan populasi
o   Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau gambar.

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan

·    Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

Tes tulis




Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis
Isian




Isian




isian


uraian
Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih akan ......................

. Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan akan ......................

Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat  maka ketersediaan lahan akan .....................

Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat
2 X 40’
Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar,  LKS
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia
o   Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran.
o   Melihat gambar dan/atau tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan

o   Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas manusia
·    Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
·    Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.

·    Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
Tes tulis






Tes tulis






Penugasan
PG






Uraian






Tugas rumah
Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan adalah ....
a. menurunnya ketersediaan kayu
b. meningkatkan suhu udara secara global
c. menurunnya ketersediaan air tanah
d. meningkatknya kandungan oksigen di udara
Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur dapat ditekan serendah-rendahnya
Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran lngkungan. Silahkan memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah, atau pencemaran air! 







4 X 40’
Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar,  LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


                                                                                                                                                                                                                                Banda Aceh, 09 Juli 2012
Guru Pamong                                                                                                                                                                                                    Mahasiswa Pratikan



Irmawati S. Pd                                                                                                                                                                                                   Muhammad Iqbal
Nip. 19630309 198403 2 001                                                                                                                                                                         Nim. 0706103010066
           

                                                                                                Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Banda Aceh


Drs. Darnius
NIP 19610130198703 1 001