SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 BANDA
ACEH
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
5.1
Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
|
Gejala Alam Biotik dan Abiotik
|
o Melakukan pengamatan
gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar
o Melakukan pengamatan
gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar
o Melakukan pengamatan
gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar
o Melakukan pengamatan
gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar
|
-
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
objek abiotik melalui pengamatan
-
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
objek biotik melalui pengamatan
|
Observasi
Tes Tulis
|
Lembar observasi
PG
|
Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?
a. bau
b. tumbuh
c. warna
d. ukuran
|
2 x 40’
|
Buku siswa, lingkungan, LKS
|
|||
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
|||||||||||
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus
berubah beraturan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Gerak
|
o Melakukan percobaan
gerak lurus beraturan
o Melakukan percobaan
tentang gerak lurus berubah beraturan
o Mengapllikasikan GLB
dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari
o Mencari informasi
melalui referensi tentang konsep percepatan
|
-
Menemukan persamaan laju yang ditempuh
-
Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
-
Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan
setiap satuan waktu
-
Menyelidiki GLBB
dipercepat beraturan
-
Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
Testulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
PG
isian
Uraian
Isian
Isian
|
Ciri GLB memiliki kecepatan ....
a. dipercepat
b. tetap
c. diperlambat
d. beraturan
Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB .....
Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan
waktu
Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah .....
Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep ....
|
3 x 40’
|
Buku siswa, LKS, referensi
|
|||
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
|||||||||||
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
|
Mikroskop
|
o Mengidentifikasi
bagian-bagian mikroskop
o Mengamati preparat jadi
dengan menggunakan mikroskop
o Membuat preparat basah
|
-
Mengenal bagian-bagian mikroskop
-
Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus,
pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Tes identifi-kasi
Uji petik kerja prosedur
|
Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!
Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga
ditemukan objek yang dimaksud!
|
3 x 40’
|
Buku siswa, mikroskop, preparat
|
|||
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala
alam
|
Keselamatan Kerja
|
o Mencari informasi
melalui referensi tentang keselamatan kerja
o Studi pustaka tentang
alat bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam
|
-
Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan
secara ama
-
Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang
dapat menimbulkan penyakit
-
Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
uji petik kerja produk
PG
PG
|
Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan
mikroskop!
Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang
dapat diitemukan di laboratirium?
a. air
b. asam sulfat
c. alkohol
d.
larutan glukose
Apakah arti simbol di bawah ini?
a. bahan yang mudah terbakar
b. bahan yang beracun
c. alat mudah pecah
d. alat mudah mengalami korosi
|
2 x 40 ’
|
Buku siswa, Carta bahan berbahaya dan alat-alat praktektikum
|
|||
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
|||||||||||
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 BANDA
ACEH
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.
Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
|
Ciri-ciri makhluk hidup
|
o
Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
o
Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup
o
Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri mahluk hidup
· Membuat laporan
ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi
· Membedakan ciri
tumbuhan dan hewan
|
Tes tertulis
Tes kinerja
Tes tertulis
|
PG
Ter unjuk kerja produk
Uraian
|
Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ...
a. tumbuh membesar
b. memerlukan sumber energi
c. memerlukan oksigen untuk pembakaran
d. beradaptasi terhadap lingkungan*
Pilihlah tiga mahluk hidup yang
ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah
laporannya!
Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk
membedakan hewan dan tumbuhan?
|
2 x 40’
|
Buku siswa, lingkungan, LKS
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
6.2 Mengklasifikasikan makhluk
hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki
|
Klasifikasi Makhluk hidup
|
o
Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki
organisme
o Mengelompokkan
organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu
o Mencari
informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
o Melakukan
klasifikasi klsifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki
|
· Membedakan
makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan
yang dimilikinya
· Mendeskripsikan
pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
· Membuat perbandingan
ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom
· Mengklasifikasi
beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati
|
Ter tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
PG
Uraian
Uraian
Uji petik kerja produk
|
Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu
a. kepala
b. kulit
c. alat gerak*
d. ekor
Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya
pengklasifikasian makhluk hidup?
Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap
kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!
Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang
dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!
|
4 X 40’
|
Buku siswa, lingkungan, LKS
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
6.3 Mendeskripsikan keragaman
pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
Organisasi Kehidupan
|
o
Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan
menggunakan mikroskop
o
Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan
tumbuhan
o
Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel,
jaringan, organ dan sistem organ
|
· Mendeskripsikan
keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
· Mendeskripsikan
keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
· Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ
berdasarkan hasil pengamatan
· Mengkaitkan hubungan
antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
|
Tes unjuk kerja produk
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uji petik kerja produk
Uraian
Uraian
Uraian
|
Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat
awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop!
Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun!
Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ
penyusunnya!
Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung
klorofil!
|
4 X 40’
|
Buku siswa, preparat, LKS
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 BANDA
ACEH
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 7.
Memahami saling ketergantungan dalam ekositem
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen
ekosistem
|
Ekosistem
|
o Melakukan pengamatan
terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem
o Menggali informasi dari
nara sumber/melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem
yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem danau)
o Membuat beberapa model
diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan
|
·
Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan
menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
·
Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan
jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem
|
Observasi
Tugas
|
Lembar observasi
Tugas proyek
|
Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar
hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja
kelompok! Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan!
|
4 x 40’
|
Buku siswa, lingkungan, LKS
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
7.2 Mengindentifi-kasikan
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
|
Keanekaragaman makhluk hidup
dalam pelestarian ekosistem
|
o Mencari informasi
melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan
hewan langka
o Mengumpulkan
tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan
langka yang dilindungi
|
·
Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka
·
Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk
hidup langka di suatu lokasi
·
Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan
hewan langka
·
Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan
manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
|
Tes tulis
Tes lesan
Tes tulis
Penugasan
|
Isian
Daftar pertanyaan
PG
Tugas rumah
|
Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila ....
Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa!
Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
supaya ....
a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c. menambah keindahan alam
d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam
Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan
langka yang dilindungi Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan
manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi
|
4 X 40’
|
Buku siswa, buku acuan, LKS
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
7.3 Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
|
Kepadatan populasi hubungannya
dengan lingkungan
|
o Studi pustaka untuk
merumuskan konsep kepadatan populasi
o Mengkaji hubungan
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau
gambar.
|
·
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan
air bersih dan udara bersih
·
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
kebutuhan pangan
·
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
ketersediaan lahan
·
Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk
terhadap kerusakan lingkungan
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Isian
Isian
isian
uraian
|
Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih
akan ......................
. Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan akan
......................
Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka ketersediaan lahan akan
.....................
Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika
populasi penduduk terus meningkat
|
2 X 40’
|
Buku siswa, buku acuan, video,
film, gambar, LKS
|
7.4 Mengaplikasikan peran
manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan
|
Pencemaran dan Kerusakan
Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia
|
o Studi pustaka untuk
merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran.
o Melihat gambar dan/atau
tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan
pencemaran lingkungan
o Merumuskan tingkat
pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas
manusia
|
·
Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan
pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
·
Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah
kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.
·
Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan
kerusakan lingkungan
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
PG
Uraian
Tugas rumah
|
Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan
adalah ....
a. menurunnya ketersediaan kayu
b. meningkatkan suhu udara secara global
c. menurunnya ketersediaan air tanah
d. meningkatknya kandungan oksigen di udara
Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur
dapat ditekan serendah-rendahnya
Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran lngkungan. Silahkan
memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah,
atau pencemaran air!
|
4 X 40’
|
Buku siswa, buku acuan, video,
film, gambar, LKS
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Banda Aceh, 09 Juli 2012
Guru Pamong Mahasiswa Pratikan
Irmawati S. Pd Muhammad Iqbal
Nip. 19630309 198403 2 001 Nim. 0706103010066
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Banda Aceh
Drs. Darnius
NIP 19610130198703 1 001