PROGRAM
SEMESTER
Nama Sekolah : SMP Negeri 10 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VII / I,
II
Tahun Ajaran : 2012/2013
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
Alokasi Waktu Penyajian/ Bulan dan
Minggu Ke .....
|
||||||||||||||||||||||||||||
Jul
|
Agust
|
Sept
|
Oktb
|
Nov
|
Des
|
Jan
|
|||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
|||||
5
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
LIBUR
PUASA
|
-
|
L
I
B
U
R
I
DU
L
F
I
T
|
-
|
LIBUR
IDUL
ADHA
|
U
T
S
|
US
|
EKSTRA
KURKULER
|
L
SEMESTER I
|
|||||||||||||||||||||
5.1
|
Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam biotik dan abiotik.
|
4 JP
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Ø Membandingkan
gejala alam dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Membandingkan
gejala alam dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
Alokasi Waktu Penyajian/ Bulan dan
Minggu Ke .....
|
||||||||||||||||||||||||||
Jul
|
Agust
|
Sept
|
Oktb
|
Nov
|
Des
|
Jan
|
|||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
|||
5.3
|
Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan.
|
4 JP
|
LIBUR PUASA
|
-
-
-
|
LIBUR
IDUL FITRI
|
-
-
-
|
LIBUR
IDUL
ADHA
|
U
T
S
|
US
|
EKSTRA
KURIKULER
|
LIBUR SEMESTER
I
|
||||||||||||||||||
Ø Mengenal bagian-bagian
mikroskop
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Menggunakan
mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objek
mikroskopis)
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
5.4
|
Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
|
2 JP
|
|||||||||||||||||||||||||||
Ø Memegang, membawa
dan memperlakukan alat dan bahan secara aman
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mendeskripsikan
bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mengidentifikasi
simbol-simbol dalam laboratorium
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
Alokasi Waktu Penyajian/ Bulan dan
Minggu Ke .....
|
||||||||||||||||||||||||||
Jul
|
Agust
|
Sept
|
Oktb
|
Nov
|
Des
|
Jan
|
|||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
|||
6
|
Memahami
keanekaragaman makhluk hidup
|
LIBUR PUASA
|
-
-
|
LIBUR
IDUL
FITRI
|
-
-
|
LIBUR
IDUL ADHA
|
UTS
|
US
|
EKSTRA
KURIKULER
|
LIBUR SEMESTER
I |
|||||||||||||||||||
6.1
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
2 JP
|
|||||||||||||||||||||||||||
Ø Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Membuat
laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
6.2
|
Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
|
4 JP
|
|||||||||||||||||||||||||||
Ø Membedakan
makhluk yang satu dengan yang lain berdasarkan ciri khusus kehidupan yang
dimiliki
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mendeskripsikan
pentingnya klasifikasi makhluk hidup
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Membuat
perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem tiga kingdom
|
2
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
Alokasi Waktu Penyajian/ Bulan dan
Minggu Ke .....
|
||||||||||||||||||||||||||
Jul
|
Agust
|
Sept
|
Oktb
|
Nov
|
Des
|
Jan
|
|||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
|||
6.3
|
Mendeskripsikan
keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme.
|
4 JP
|
LIBUR PUASA
|
-
|
LIBUR
IDUL
FITRI
|
-
|
LIBUR
IDUL
ADHA
|
UTS
|
US
|
EKSTRA
KURIKULER
|
LIBUR
SEMESTER
I
|
||||||||||||||||||
Ø Mendeskripsikan
keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Membuat
laporan ciri-ciri makhluk hidup
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mendeskripsikan
keragaman berdasarkan tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mendeskripsikan
keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
Alokasi Waktu Penyajian/ Bulan dan
Minggu Ke .....
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
Jun
|
Jul
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
|
UTS
|
US
|
EKSTRA
KURIKULER
|
-
-
-
|
LIBUR
SEMESTER DUA
|
-
-
-
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.1
|
Menentukan
ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem.
|
4 JP
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mengidentifikasi
satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari sebagai sumber energi
utama
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Menggambarkan
dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasarkan
hasil pengamatan suatu ekosistem
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.2
|
Mengidentifikasi
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
|
4 JP
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mendeskripsikan
makhluk hidup yang tergolong langka
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Menyebutkan contoh
makhluk hidup yang tergolong langka di suatu lokasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Mengemukakan
pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Membuat
tulisan untuk mengenal jenis, bentuk dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang
dilindungi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
Alokasi Waktu Penyajian/ Bulan dan
Minggu Ke .....
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
Jun
|
Jul
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||||
7.3
|
Memprediksi
pengaruh populasi manusia terhadap lingkungan.
|
4 JP
|
UTS
|
US
|
EKSTRA
KURIKULER
|
-
-
|
LIBUR
SEMESTER
II
|
-
-
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Memperkirakan
hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan
pangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Memperkirakan
hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Memperjelas
pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.4
|
Mengaplikasikan
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan.
|
4 JP
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ø Menjelaskan
konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan
serta upaya mengatasinya
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
Alokasi Waktu
Penyajian/ Bulan dan Minggu Ke .....
|
|||||||||||||||||||||||||
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
Jun
|
Jul
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
||||
Ø Mengusulkan
upaya penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||
Ø Menjelaskan
pengaruh pencemaran air, udara dan tanah serta kaitannya dengan aktifitas
manusia
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||
Ø Mengusulkan
cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||
Banda Aceh, 09 Juli
2012
Guru Pamong Mahasiswa
Praktikan
( Irmawati S.Pd ) Muhammad Iqbal )
NIP :
19630309 198403 2 001 NIM :
0706103010066
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Banda Aceh
Drs. Darnius
NIP. 19610130198703 1 001