PEMETAAN STANDAR
KOKOMPETENSI DAN KOPETENSI DASAR PERSEMESTER
SEKOLAH : SMP Negeri 10 BANDA ACEH
MATA
PELAJARAN : IPA/ BIOLOGI
KELAS/
SEMESTER : VII/ I dan II
TAHUN
PELAJARAN : 2012 / 2013
|
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
|
ASPEK PENILAIAN
|
|
PK
|
KI
|
||
1
|
Memahami gejala-gelaja alam melalui pengamatan
|
|
|
1.1
|
Melaksanakan pengamatan obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
|
|
|
|
·
Membandingkan gejala alam dan kejadian pada
objek abiotik melalui pengamatan
|
|
ü
|
|
·
Membandingkan gejala alam dan kejadian pada
objek abiotik melalui pengamatan
|
|
ü
|
|
|
|
|
1.2
|
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan.
|
|
|
|
·
Mengenal bagian-bagian mikroskop
|
ü
|
|
|
·
Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur
fokus, pencahayaan, menemukan objek mikroskopis)
|
|
ü
|
|
|
|
|
1.3
|
Menerapkan keselamatan
kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
|
|
|
·
Memegang, membwa dan memperlakukan alat dan
bahan secara aman
|
ü
|
|
|
·
Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan
dapat menimbulkan penyakit
|
|
ü
|
|
·
Mengidentifikasi simbol-simbol dalam
laboratorium
|
ü
|
|
|
|
|
|
2
|
Memahami keanekaragaman mahkluk hidup
|
|
|
2.1
|
Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
|
|
ü
|
|
·
Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup
berdasarkan hasil observasi
|
ü
|
|
|
·
Membedakan ciri makhluk hidup dan hewan
|
|
ü
|
|
|
|
|
2.2
|
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
|
|
|
|
·
Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang
lainnya berdasarkan ciri-ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
|
|
ü
|
|
·
Mendeskripsikan pentingnya dilakukan
klasifikasi makhluk hidup
|
|
ü
|
No
|
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
|
ASPEK PENILAIAN
|
|
PK
|
KI
|
||
|
·
Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap
kingdom dalam sistem 3 kingdom
|
|
ü
|
|
·
Mengklasifikasi beberapa makhluk hidup di
sekitar berdasarkan ciri yang diamati
|
ü
|
|
|
|
|
|
2.3
|
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organisme
|
|
|
|
·
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan keragaman tingkat sel
berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
|
|
ü
|
|
·
Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan
menurut sel-sel penyusunnya
|
|
ü
|
|
·
Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan
sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
|
|
ü
|
|
·
Mengaitkan hubungan antara sel, jaringan,
organ dan sistem organ penyusun tubuh
|
ü
|
|
|
|
|
|
3
|
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
|
|
|
3.1
|
Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem
dan menanyakan matahari merupakan sumber energi utama
|
|
ü
|
|
·
Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai
makanan dan jaringan-jaringan kehidupan berdasarkan hasil pengamatan suatu
ekosistem
|
ü
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam
pelestarian ekosistem
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi makhluk hidup yang tergolong
langka
|
|
ü
|
|
·
Menyebutkan contoh makhluk hidup yang
tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
|
ü
|
|
|
·
Mengemukakan pentingnya membudidayakan
tumbuhan dan hewan yang langka
|
|
ü
|
|
·
Membuat tulisan tulisan untuk mengenal jenis,
bentuk dan mamfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
|
ü
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
|
|
|
|
·
Memperkirakan hubungan populasi penduduk
dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
|
ü
|
|
|
·
Memperkirakan hubungan populasi penduduk
dengan kebutuhan pangan
|
ü
|
|
No
|
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
|
ASPEK PENILAIAN
|
|
PK
|
KI
|
||
|
·
Memperkirakan hubungan populasi penduduk
dengan ketersediaan lahan
|
ü
|
|
|
·
Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi
penduduk terhadap kerusakan lingkungan
|
ü
|
|
|
|
|
|
3.4
|
Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan unmtuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
|
|
|
·
Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap
kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
|
ü
|
|
|
·
Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan
tanah kaitannya dengan aktifitas manusia dan upaya mengatasinya
|
ü
|
|
|
·
Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan
kerusakan lingkungan
|
ü
|
|
Banda
Aceh, 09 Juli 2012
Guru Pamong Mahasiswa
Pratikan
Irmawati S. Pd Muhammad
Iqbal
Nip. 19630309
198403 2 001 Nim.
0706103010066
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 10 Banda Aceh
Drs.
Darnius
NIP. 19610130198703 1 001