Welcome to Lampoh tuha

Senin, 24 Februari 2014

PEMETAAN STANDAR KO-KOMPETISI DAN KOPETENSI DASAR PRA-SEMESTER BIOLOGI KELAS 7



PEMETAAN STANDAR KOKOMPETENSI DAN KOPETENSI DASAR PERSEMESTER
SEKOLAH                                : SMP Negeri 10 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN                 : IPA/ BIOLOGI
KELAS/ SEMESTER                 : VII/ I dan II
TAHUN PELAJARAN               : 2012 / 2013





STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
ASPEK PENILAIAN
PK
KI
1
Memahami gejala-gelaja alam melalui pengamatan


1.1
Melaksanakan pengamatan obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik



·         Membandingkan gejala alam dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan

ü   

·         Membandingkan gejala alam dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan

ü   




1.2
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.



·         Mengenal bagian-bagian mikroskop
ü   


·         Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objek mikroskopis)

ü   




1.3
Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam



·         Memegang, membwa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman
ü   


·         Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit

ü   

·         Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium
ü   





2
Memahami keanekaragaman mahkluk hidup


2.1
Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup



·         Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

ü   

·         Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
ü   


·         Membedakan ciri makhluk hidup dan hewan

ü   




2.2
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.



·         Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri-ciri khusus kehidupan yang dimilikinya

ü   

·         Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

ü   
No
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
ASPEK PENILAIAN
PK
KI

·         Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom

ü   

·         Mengklasifikasi beberapa makhluk hidup di sekitar berdasarkan ciri yang diamati
ü   





2.3
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme



·          



·         Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop

ü   

·         Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya

ü   

·         Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan

ü   

·         Mengaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
ü   





3
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem


3.1
Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem



·         Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem dan menanyakan matahari merupakan sumber energi utama

ü   

·         Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaringan-jaringan kehidupan berdasarkan hasil pengamatan suatu ekosistem
ü   





3.2
Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem



·         Mengidentifikasi makhluk hidup yang tergolong langka

ü   

·         Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
ü   


·         Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan yang langka

ü   


·         Membuat tulisan tulisan untuk mengenal jenis, bentuk dan mamfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
ü   





3.3
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia dengan lingkungan



·         Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
ü   


·         Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan
ü   

No
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
ASPEK PENILAIAN
PK
KI

·         Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
ü   


·         Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan
ü   





3.4
Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan unmtuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan



·         Menjelaskan konsekuensi  penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
ü   


·         Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifitas manusia dan upaya mengatasinya
ü   


·         Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
ü   





                                                                                                                        Banda Aceh, 09 Juli 2012
Guru Pamong                                                                                                Mahasiswa Pratikan


Irmawati S. Pd                                                                                             Muhammad Iqbal
Nip. 19630309 198403 2 001                                                                        Nim. 0706103010066


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Banda Aceh



Drs. Darnius
NIP. 19610130198703 1 001