bisa juga download disini
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : XII/IPA
Semester : 1
Alokasi waktu : 10 × 45 menit
Standar Kompetensi: 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan | · Melengkapi peta konsep · Merumuskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan · Mengumpulkan informasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan · Menemukan adanya gejala pertumbuhan · Merumuskan masalah · Merumuskan hipotesis · Menyusun variabel penelitian · Membuat rencana penelitian tertulis · Membuat unit-unit penelitian · Memberi perlakuan · Mengukur kecepatan pertumbuhan · Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan · Mengolah data hasil pengamatan · Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah · Melaporkan hasil penelitian · Menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan tertulis · Menyusun laporan penelitian untuk presentasi · Mempresentasikan hasil penelitian | Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | · Pengertian pertumbuhan dan perkembangan · Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan 1. Faktor internal 2. Faktor eksternal · Menyusun rencana penelitian · Melaksanakan penelitian · Tehnik menyusun laporan hasil penelitian · Tehnik presentasi | · Studi membaca dan diskusi untuk memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan · Tugas kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan · Diskusi menyusun rencana penelitian · Presentasi rencana penelitian · Pelaksanaan penelitian kelompok di luar jam pelajaran · Presentasi laporan hasil penelitian oleh masing-masing kelompok | · Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan · Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan · Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan · Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis · Menyusun unit-unit penelitian · Membuat tabel pengamatan · Menyususun rencana penelitian tertulis · Menyiapkan alat dan bahan · Memberikan perlakuan · Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan · Menganalisis data hasil pengamatan · Menyimpulkan hasil penelitian · Menyusun laporan tertulis hasil penelitian · Mempresentasikan hasil penelitian secara lesan | · Jenis tagihan: 1. Tugas kelompok penyusunan proposal 2. Presentasi 3. Uji kompetensi tertulis · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian proposal 2. Lembar penilaian presentasi 3. Soal uji kompetensi · Jenis tagihan: 1. Tugas kelompok laporan hasil penelitian · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian hasil penelitian · Jenis tagihan: 1. Presentasi · Bentuk instrumen 1. Lembar penilaian presentasi | 6 X 45 menit 2 X 45 menit 4 X 45 menit | · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis · Alat bantu presentasi · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Ign. Khristiyono. Esis · Buku Bologi kelas XII, Dyah aryulina. Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono · Alat-alat presentasi |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : XII/IPA
Semester : 1
Alokasi waktu : 16 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme.
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme | · Menguji kerja enzim dengan eksperimen · Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim · Mendeskripsikan prinsip kerja enzim | Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | · Struktur enzim · Prinsip kerja enzim | · Membaca buku, mengumpulkan informasi dan diskusi tentang struktur enzim dan prinsip kerja enzim · Melakukan eksperimen kerja enzim | · Mendeskripsikan struktur enzim · Menguji kerja enzim dengan enzim · Menyimpulkan prinsip kerja enzim | · Jenis tagihan: 1. Laporan Praktikum 2. Uji Kompetensi tertulis · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian laporan 2. Soal tes tertulis | 4 X 45 menit | · Buku teks siswa kelas XII. Dyah aryulina · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono, Esis |
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat | · Membuktikan reaksi respirasi · Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi · Membedakan reaksi respirasi anaerob dengan reaksi aerob berdasarkan energi yang dihasilkan | Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | · Proses respirasi · Tahap-tahap reaksi respirasi · Proses fotosintesis · Tahap-tahap reaksi fotosintesis | · Melakukan diskusi cara membuktikan reaksi respirasi · Mendiskusikan tahap-tahap reaksi respirasi · Mendiskusikan perbedaan reaksi respirasi aerob dan anaerob · Melakukan eksperimen untuk membuktikan reaksi fotosinteisis · Mendiskusikan tahap-tahap reaksi fotosintesis · Penugasan membuat bagan proses metabolisme | · Diskusi menunjukkan adanya reaksi respirasi · Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi · Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan · Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen · Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis · Penugasan membuat bagan metabolisme | · Jenis tagihan: 1. Hasil eksperimen 2.2 2. Uji Kompetensi 3. Tugas skema metabolisme · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian laporan 2. Soal uji kompetensi tertulis 3. Lembar penilaian bagan metabolisme | 10 X 45 menit | · Buku Bologi kelas XII, Dyah aryulina. Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono. Esis |
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein | · Mendeskripsikan proses katabolisme lemak · Mendeskripsikan proses katabolisme protein · Mendeskripsikan hubungan katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein | Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | · Proses katabolisme lemak · Proses katabolisme protein · Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat | · Mendiskusikan hubungan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat | · Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat | · Jenis tagihan: 1. Uji Kompetensi · Bentuk instrumen 1. Soal uji kompetensi tertulis | 2 X 45 menit | · Buku Bologi kelas XII, Dyah aryulina. Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono. Esis |
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
NIP. 19610910198103 2 004 NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : XII/IPA
Semester : 1
Alokasi waktu : 26 × 45 menit
Standar Kompetensi: : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip heriditas serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat 3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas | · Menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA dengan mengamati gambar · Mendeskripsikan beberapa eksperimen untuk menemukan struktur penyusun gen · Menggambar struktur molekul DNA · Mendeskripsikan eksperimen untuk menemukan struktur 3 dimensi DNA · Mendeskripsikan eksperimen untuk menunjukkan hubungan antara sifat gen dan sifat fenotip · Mendeskripsikan proses sintesis protein · Menggambar tahap-tahap pembelahan sel berdasarkan foto mikroskopis sel yang sedang membelah · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan berdasarkan gambar sel · Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis · Mendeskripsikan proses pembelahan meiosis. · Menggamabar tahap-tahap pembelahan meiosis · Memahami proses penemuan hukum Mendel · Memamahmi berbagai pola hereditas · Menyusun rangkaian basa nitrogen dan jenis asam amino yang dihasilkan · Menentukan jenis perubahan susunan basa nitogen dan dampaknya · Mengamati gambar genom manusia · Menentukan perubahan kromosom dan dampaknya | Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan Jujur Kerja keras Toleransi Rasa ingin tahu Komunikatif Menghargai prestasi Tanggung Jawab Peduli lingkungan | Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil Percaya diri Berorientasi tugas dan hasil | · Struktur sel dan kromosom · Hubungan kromosom, gen dan DNA · Struktur DNA · Replikasi DNA · Kode genetik · Sintesis protein · Siklus sel · Mitosis · Meiosis · Gametogenesis · Hukum Mendel · Pola-pola hereditas · Genetika manusia · Pengertian mutasi · Macam-macam mutasi: 1. Mutasi gen 2. Mutasi kromosom | · Membaca buku dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep · Diskusi hubungan antara kromosom, gen, dan DNA · Diskusi struktur DNA dan RNA · Diskusi replikasi DNA · Diskusi hubungan antara genotip dan fenotip · Diskusi pengaturan kode genetika (kodon) · Diskusi proses sintesis protein · Membaca dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep · Diskusi proses pembelahan sel · Diskusi proses pembelahan meiosis · Diskusi gametogenesis · Diskusi memahami hukum Mendel · Diskusi berbagai pola-pola hereditas · Diskusi penerapan genetika pada manusia · Penugasan kegiatan · Diskusi pengertian mutasi · Diskusi mutasi gen · Diskusi mutasi kromosom · Penugasan menyusun kertas kerja | · Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom gen, dan DNA · Mendeskripsikan struktur DNA · Mendeskripsikan proses replikasi DNA · Mendeskripsikan struktur RNA · Membedakan DNA dan RNA · Menjelaskan kode genetik (Kodon) · Mendeskripsikan proses sintesis protein · Menggambar siklus sel · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah · Mengamati pembelahan sel · Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis · Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel · Menguji hukum Mendel dan model perkawinan monohigrid dan dihibrid · Menerapkan beberapa pola penurunan sifat · Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia · Mendeskripsikan pengertian mutasi · Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen · Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom · Menghubungkan mutasi dan evolusi | · Jenis tagihan: 1 Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1 Uji Kompetensi · Bentuk instrumen: 1. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1.Laporan hasil pengamatan 2.Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1.Lembar penilaian laporan 2.Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1.Uji kompetensi 2.Lembar hasil kegiatan · Bentuk instrumen: 1.Soal uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan · Jenis tagihan: 1.Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1.Soal uji kompetensi tertulis | 6 X 45 menit 2 X 45 menit 6 X 45 menit 8 X 45 menit 4 X 45 menit | · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono. Esis · Model DNA · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono. Esis · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono. Esis · Foto mikroskopis sel · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis |
Mengetahui 2011
Kepala Sekolah Guru
NIP. 19610910198103 2 004 NIP.