Welcome to Lampoh tuha

Kamis, 27 Oktober 2011

RPP Biologi SMP kelas VIII semester II KD 2.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD. 2.2

Nama Sekolah
:
SMP

Mata Pelajaran

:
BIOLOGI

Kelas/Semester

:
VIII/II
Alokasi Waktu
:
8 x 45 menit
Standar Kompetensi     :
:
2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar      
:
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau

I.       Indikator
  1. Mengideittifikasi bagian-bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
  2. Melakukan percobaan untuk mengetahui fotosintesis
  3. Menyusun lagoran hasil percobaan fotosintesis.
  4. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fatosintesis.


II.    Materi Pembelajaran
Materi Pokok        
:
FOTOSINTESIS          

Sub Materi

:
Pertemuan I
o   Sejarah Penemuan Fotosintesis  (Hlm. 147)
o   Proses Fotosintesis  (Hlm. 148)
o   Bagian Daun yang Berperan dalam Fotosintesis  Hlm. 149)
o   Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis  (Hlm. 151)
o   Pengambilan Zat-Zat oleh Tumbuhan dari Lingkungan  (Hlm. 153) 

                 
III. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual

Metode pembelajaran

Kooperatif
Model pembelajaran
Grup Investigation dan Kooperatif

Sintaks langkah-langkah Model Pembelajaran Grup Investigation
  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan rnaksud pernbelajarandan tugas kelornpok
  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
  4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
  5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  7. Evaluasi dan penutup


Modifikasi Langkah-Langkah Model Pembelajaran Grup Investigation
  1. Guru menuliskan topik pembelajaran
  2. Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang haru dicapai oleh peserta didik
  3. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  4. Dalam kelompok masing-masing anggota kelampok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda Anggota kelompok yang meinalkami materi yang sama berkumpul menjelaskan keanggota yang lain
  5. Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami.
  6. Guru meminta peserta didik untuk mempreseniasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas
  7. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I (8 x 45 menit)

Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat mengideittifikasi bagian-bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
No
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.
Kegiatan Awal
o Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu :
Sejarah Penemuan Fotosintesis
Proses Fotosintesis 
Bagian Daun yang Berperan dalam Fotosintesis 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis 
Pengambilan Zat-Zat oleh Tumbuhan dari Lingkungan 

o Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar


Menuliskan topik yang akan dipelajari







Menuliskan tujuan pembelajaran

2.
Kegiatan Inti
o Menjelaskan proses fotosintesis, dan faktor faktor yang mempengaruhinya

o Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang
o Menugaskan kegiatan :
Kegiatan 7.1 Fotosintesis
Kegiatan 7.2 Faktor yang mempengaruhi    
                      fotosintesis
Kegiatan 7.3 osmosis
o membagikan LKPD kegiatan 7.1 s. D7.3

o Menjelaskan transpot aktif


o Meminta peserta didik melaporkan hasil kegiatan 7.1 s.d 7.3 di depan kelas dan mengumpulkan LKPD hasil kegiatan 7.1 s.d 7.3

o Memberikan penguatan dari hasil pengamatan dan diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial)

Mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru

Peserta didik duduk dalam kelompok
Menerima LKPD kegiatan 7.1 s.d 7.3

Membuat pertanyaan tentang tentang tentang kegiatan tersebut




Mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru

Melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain.

Mencatat penguatan yang diterima dari guru

3.

Kegiatan Akhir/tindak lanjut
o Memberikan motivasi untuk lebih giat membaca
o Menugaskan mengerjakan latihan pilihan ganda


Melaksanakan tugas guru



Materi essensial
(Syamsuri, Istamar. 2007, IPA Biologi VIII, halaman 147 – 156)

Tumbuhan tidak memiliki mulut dan perut, namun tumbuhan kaya dengan makanan, misalnya zat gula. Dari manakah asal makanan tersebut: Ada dua tempat yang mungkin, yaitu tanah dan udara. Akan tetapi, di tanah dan udara tidak ada zat gula, melainkan hanya ada bahan sederhana seperti karbon dioksida dan air. Jadi, yang dilakukan oleh tumbuhan adalah menyerap bahan-bahan sederhana (C02 dan H20) dari lingkungan dan mengolahnya menjadi bahan lain yang kompleks, yakni zat organik seperti zat gula.

Julius Von Sacbs (1860) membuktikan bahwa pada fotosintesis akan terbentuk karbohidrat (amilum). Frederick Blackman (1905) menunjukkan bahwa pada proses fotosintesis terjadi reaksi gelap yang tidak membutuhkan cahaya. Robert Hill (1937) berhasil mengikuti kegiatan kloroplas yang telah dipisahkan dad sel hidup. Kloroplas itu jika disinari mampu menghasilkan oksigen.

PROSES FOTOSINTESIS
Telah dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan fotosintesis adalah mengolah bahan sederhana menjadi bahan yang kompleks dengan bantuan cahaya.
Bahan sederhana yang digunakan oleh tumbuh­an untuk fotosintesis adalah karbon dioksida dan air. Tumbuhan umumnya mendapatkan karbon dioksida dari udara dan mendapatkan air dari tanah. Karbon dioksida diubah menjadi gula. Hasil sampingan proses ini adalah gas oksigen. Proses (reaksi) ini memerlukan energi yang secara alarm didapat dari cahaya matahari. Energi dari cahaya matahari ini diserap oleh klorofil yang terdapat pada tumbuhan.

Sebenarnya, proses fotosintesis bukanlah reaksi tunggal, melainkan terdiri dari beberapa tahap reaksi yang kompleks. Reaksi yang terjadi dapat dituliskan secara sederhana sebagai berikut.
1.      Tahap-Tahap Fotosintesis
Proses fotosintesis yang terjadi di kloroplas melalui dua tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
2.      Hasil Akhir Fotosintesis
Secara umum, karbohidrat dianggap sebagai hasil akhir fotosintesis. Namun patut diperhatikan istilah karbohidrat tersebut dapat berupa monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

BAGIAN DAUN YANG BERPERAN DALAM FOTOSINTESIS
Fotosintesis terjadi pada semua bagian tumbuhan yang hijau. Warna hijau pada tumbuhan disebabkan oleh pigmen klorofil yang tersimpan pada organel sel disebut kloroplas. Di setiap sel terdapat 40-50 kloroplas. Di dalam kloroplas inilah, penyerapan cahaya oleh klorofil dimulai pada proses fotosintesis.

Osmosis adalah difusi pelarut melalui membran. Jika membran dapat dilewati molekul zat, disebut membran fiermeabel terhadap zat tersebut. Jika membran tidak dapat dilalui molekul zat, maka disebut membran impermeabel terhadap zat tersebut. Jika sebagian zat dapat melewati sedangkan yang lain tidak maka disebut membran semifiernzeobel.

Proses Osmosis pada Tumbuhan
Keadaan di atas terjadi juga pada peristiwa osmosis pada penyerapan air tanah ke dalam sel akar. Berkaitan dengan pengertian konsentrasi, maka dikenal larutan yang isotonis (konsentrasi zat pada larutan sama dengan cairan sel). Jika sel dimasukkan ke dalam larutan isotonis, bentuk sel tetap karena keadaan seimbang. Akan tetapi, jika sel tumbuhan berada dalam larutan hipertonis (konsentrasi larutan lebih tinggi daripada cairan sel), air dalam plasma sel akan berosmosis ke luar sehingga sel mengerut. Protoplasma yang kekurangan air menyusut volumenya mengakibatkan membran sel terlepas dari dinding sel, sehingga terjadi plasmolisis.

Transpor Aktif
Pada sel-sel akar tumbuhan terdapat penumpukan mineral. Artinya, kon­sentrasi mineral di dalam sel lebih tinggi daripada di luar sel. Atau, potensial air di luar sel lebih tinggi dibandingkan dengan potensial air di dalam sel. Oleh karena itu, osmosis dari luar sel ke dalam sel tetap berlangsung untuk mencegah plasmolisis. Akan tetapi, keadaan ini menghambat pengambilan mineral dari luar ke dalam sel melalui difusi, terutama karena membran sel memiliki permeabilitas yang sangat rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan transpor aktif yang melibatkan energi dari ATP agar ion-ion dapat masuk ke dalam sel.

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.2


Kegiatan 7.1 Fotosintesis

Tujuan : Mengetahui timbulnya gas oksigen pada proses fotosintesis
Alat dan bahan :
1.      Galas kimia (gelas baker 500 cc)
2.      Tabung reaksi baser
3.      Corong kaca
4.      Ember plastik baser
5.      Korek api
6.      Air
7.      Lidi

Cara kerja :
1.      Masukkan tumbuhan air ke dalam gelas baker.
2.      Letakkan corong kaca di atas tumbuhan tersebut dan sebuah tabung reaksi (lihat gambar).
3.      Isilah gelas kimia dan tabung reaksi dengan air, dengan care memasukkan perangkat percobaan ke dalam ember berisi air. Usahakan air yang ada dalam tabung reaksi benar-benar penuh dan tidak ada rongga udara.
4.      Kemudian, letakkan perangkat percobaan tersebut di bawah sinar matahari atau dengan meng­gunakan lampu lisrik. Tunggulah hingga muncul gelembung udara dad tanaman.
5.      Setelah kurang lebih satu jam atau ketika gas yang dihasilkan di dalam tabung reaksi cukup ba­nyak, tutuplah mulut tabung reaksi sewaktu masih di dalam air dengan ibu jari, kemudian angkat dan balikkan.
6.      Bersamaan dengan dilepasnya ibu jari dad mulut tabung, masukkan lidi membara ke dalam tabung itu dan jangan sampai menyentuh air.
7.      Amatilah, apakah bara api menyala lebih terang?
8.      Buat laporan pengamatan dan kumpulkan untuk portofolio.

pertanyaan
1.      Dari bagian manakah gelembung udara tersebut muncul?





2.      Bagaimana dengan gelembung yang muncul, apakah semakin bertambah banyak atau semakin berkurang? Jelaskan!





3.      Bagaimana cara kalian membuktikan gelembung yang muncul adalah oksigen?





4.      Kesimpulan apakah yang dapat diperoleh dad percobaan ini?





LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.2


Kegiatan 7.2 Faktor faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Tujuan : Membuktikan pengaruh karbon dioksida, cahaya, dan klorofil pada fotosintesis

Alat dan bahan :
1.      Dua buah tanaman
2.      Kapurtahor
3.      Kantong plastik
4.      lodin
5.      Aluminium foil atau kertas hitam

Cara kerja :
Pengaruh karbon dioksida pada fotosintesis
1.      Siapkan dua buah perangkat tanaman. Salah satunya diberi udara yang tidak mengandung karbon dioksida dengan cara memberi kapur tohor. Satunya diberi udara yang mengandung karbon dioksida (sebagai kontrol). Caranya dapat kalian lihat pada Gambar A.
2.      Setelah 3 hari, petiklah satu daun dad setiap perangkat tanaman dan diuji dengan iodin untuk mengetahui apakah terbentuk karbohidrat.
3.      Catatlah hasilnya dan buatlah kesimpulannya.

Pengaruh cahaya pada fotosintesis
1.      Siapkan dua buah tanaman pot yang sama. Salah satu pot diletakkan di tempat gelap, sedangkan yang lainnya diletakkan di tempat terang.
2.      Setelah 3 had, petiklah satu daun dad setiap pot, kemudian lakukan pengujian menggunakan iodin. Catatlah hasilnya dan huat kesimoulan.

Percobaan pengaruh cahaya pada fotosintesis juga dapat dilakukan dengan cara lain
1.      Tutup sebagian daun tanaman dengan aluminium foil atau kertas hitam (lihat Gambar B).
2.      Setelah tiga had, ujilah dengan iodin.
3.      Bagaimana hasilnya, apakah sesuai dengan perkiraanmu? Buatlah kesimputan.


Pengaruh klorofil pada fotosintesis
Apakah tumbuhan memerlukan klorofll untuk fotosintesis?

Untuk menjawab pertanyaan ini, idealnya adalah dengan membuang semua klorofil yang terdapat di daun, kemudian dilihat apakah tumbuhan tidak dapat Iagi membuat karbohidrat. Akan tapi hal ini tidak mungkin dilakukan karena akan mematikan daun tersebut.
Jadi, apa yang kita lakukan? Untunglah alam telah menyediakan apa yang kita perlukan.
1.Ambillah daun tumbuhan yang memiliki bagian hijau dan putih (misatnya Coleus).
2.Ujilah dengan iodin bagian daun yang hijau dan bagian yang putih.
3.Catatlah hasilnya. Apakah sesuai dengan perkiraanmu? Buattah kesimpulanmu.











LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.2

Kegiatan 7.3 osmosis

Tujuan : Mengamati proses osmosis

Alat dan Bahan:
1.      Kentang    
2.      Garam 10 sendok makan  
3.      Dua bush gelas beker atau mangkuk
4.      Penggaris
5.      Pisau

Cara Kerja:
1.      Potongiah kentang menjadi bentuk kotak-cotak berukuran 4 x 3 x 0,5 cm. Perhatikan kekenyalan kentang.
2.      Masukkan air ke dalam kedua gelas baker. Tambahkan garam pads salah satu gelas beker, aduk hingga larut. Biarkan gelas beker yang lain.
3.      Masukkan beberapa kofak kentang ke dalam kedua gelas baker. Biarkan selama kurang lebih 2 jam.
4.      Ambil kentang dad gelas beker, bandingkan kekenyalannya.

Pertanyaan:
Konsentrasi garam di dalam gelas baker Iebih tinggi daripada di dalam sel kentang.
Kentang dari gelas beker mana yang lebih empuk?
































V.     Media Pembelajaran
Alat/Bahan             : Alat tulis, LCD/OHP,
Sumber belajar       : Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi untuk SMP kelas VIII.
  Jakarta : Penerbit Erlangga

VI.  Penilaian
o   Penilaian proses belajar peserta didik
o   Kegiatan
Kegiatan 7.1 Fotosintesis
Kegiatan 7.2 Faktor faktor yang mempengaruhi fotosintesis
Kegiatan 7.3 osmosis

o   Evaluasi



Mengetahui
Kepala SMP . . . . . . . . . .



. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
NIP.
Tim Bidang Studi
Koordinator



. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
NIP


































Pilihlah satu jawaban yang tepat !


1.      Pada fotosintesis, cahaya terlibat langsung pada proses . . . .
a.       pembentukan karbohidrat
b.      pemecahan molekul air
c.       pembentukan molekul glukosa
d.      penggabungan hidrogen dan karbon dioksida

3.   Unsur yang diambil oleh tumbuhan dari udara melalui daun ialah ....
a.       karbon dan oksigen    
b.      nitrogen dan oksigen   
c.       karbon, nitrogen, dan oksigen
d.      karbon dan mineral

2.      Tumbuhan yang hidup di air umumnya tidak mempunyai stomata di daun bagian bawah, karena ....
a.       tidak ada transpirasi
b.      epidermis daun tidak berkembang
c.       dapat mencegah air masuk ruang udara di daun
d.      pertukaran gas terjadi di seluruh permukaan daun

3.      Jika daun dimasukkan di air panas, akan timbul gelembung air di permukaan daun, karena ....
  1. udara yang larut dalam air dilepaskan
  2. udara di ruang udara pada daun memuai
  3. daun menghasilkan banyak oksigen melalui fotosintesis
  4. daun menghasilkan banyak karbon dioksida melalui respirasi

4.      Pada rangkaian pengujian iodin, daun yang telah dipanaskan kemudian dimasukkan ke dalam alkohol panas. Tujuan penggunaan alkohol panas ialah ....
a.       melunakkan dinding sel tumbuhan     
b.      mematikan sel-sel tumbuhan  
c.       melarutkan klorofil
d.      melarutkan inti sel

5.      Perhatikan hasil-hasil percobaan berikut:
1.      sel tumbuhan menggembung  
2.      sel tumbuhan mengerut
3.      air masuk ke dalam sel           
4.      air keluar dari sel
Hal yang terjadi ketika sel tumbuhan dimasukkan ke larutan hipotonis ialah . . . .
a.       1 dan 3           
b.      1 dan 4           
c.       2 dan 3
d.      2 dan 4


Jawablah dengna singkat dan jelas!
1.      Misalnya suatu bencana besar terjadi di bumi dan memusnahkan semua tumbuhan yang ada di bumi. Bagaimanakah pengaruhnya terhadap hewan dan manusia?
2.      Fotosintesis memerlukan energi dari cahaya. Secara alami, energi tersebut diperoleh dari cahaya matahari. Bisakah sumber cahaya tersebut diganti dengan sumber cahaya lain? Jelaskan alasanmu!
3.      Tumbuhan umumnya hidup menetap dengan menancapkan akarnya ke tanah. Menu­rutmu, bagaimana hal ini berkaitan dengan cara makan tumbuhan?
4.      Suatu penyakit tumbuhan menyebabkan daun tumbuhan berwarna hitam seperti ter­tutup jelaga. Apakah pengaruhnya bagi tumbuhan tcrsebut?
5.      Tumbuhan kaktus tampaknya tidak mempunyai daun. Apakah kaktus melakukan fo­tosintesis? Jelaskan jawabanmu!









Jawaban PG
No.
Jawaban
Skors
1

2
2

2
 3

2
4

2
5

2
Total Skors
10

 


Jawaban esai
No.
Jawaban
Skors
1

5
2

5
 3

5
4

5
5

5
Total Skors
25

 

















Penilaian Proses Belajar Peserta Didik KD 2.2

Diskusi Kelas
No
Elemen yang dinilai
Skors Maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Seluruh perhatian diarahkan pada materi diskusi
20


2
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
20


3
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
20


4
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
20


5
Menghargai saran dan pendapat sesama teman peserta diskusi
20


Total Skor
100







Presentasi Lisan
No
Elemen yang dinilai
Skors Maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Menggunakan konsep sains secara tepat
10


2
Penjelasan pendukung cukup rinci untuk menjelaskan konsep
20


3
Penyajian tcrdiri dari permutaan yang jelas, isi yang terorganisir dan penutup yang jelas
20


4
Kualitas suara, seperti tingkat volume, artikulasi dan antusianisme cukup baik
10


5
Bahasa tubuh seperti kontak mata, postur dan gerak tubuh digunakan secara efektif
10


6
Humor positif digunaakan secara tepat
10


7
Memberi audiens waktu yang cukup
10


8
Memberi respon yang baik pada pertanyaan audiens
10


Total Skor
100