RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD. 2.3
Nama Sekolah | : | SMP | |
Mata Pelajaran | : | BIOLOGI | |
Kelas/Semester | : | VIII/II | |
Alokasi Waktu | : | 12 x 45 menit | |
Standar Kompetensi : | : | 2. | Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan |
Kompetensi Dasar | : | 2.3 | Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan |
I. Indikator
- Membedakan macam-macann gera.k pada tumbuhan.
- Membuktikan gerak tumbuhan karena pengaruh cahaya melalui percobaan.
- Melakukan dan melaporkan hasil percobaan gerak pada tumbuhan
- Melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa tumbuhan peka terhadap rangsangan mekanis dan suhu dan membuat laporan hasil kegiatan.
- Mengenali dan membedakan gera.k endonom dan etionom melalui kegiatan pengamatan gerak rotasi sitoplasma daun Hydrilla verticillata.
- Merancang percobaan yang berkaitan dengan gerak pada tumbuhan berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumibuhan.
II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok | : | GERAK PADA TUMBUHAN |
Sub Materi | : | Pertemuan I o Gerak Etionom (Hlm. 162) o Gerak Endonom atau Otonom (Hlm. 168) |
III. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual
Metode pembelajaran
Kooperatif
Model pembelajaran
Grup Investigation dan Kooperatif
Sintaks langkah-langkah Model Pembelajaran Grup Investigation
- Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
- Guru menjelaskan rnaksud pernbelajarandan tugas kelornpok
- Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
- Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
- Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
- Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
- Evaluasi dan penutup
Modifikasi Langkah-Langkah Model Pembelajaran Grup Investigation
- Guru menuliskan topik pembelajaran
- Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang haru dicapai oleh peserta didik
- Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
- Dalam kelompok masing-masing anggota kelampok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda Anggota kelompok yang meinalkami materi yang sama berkumpul menjelaskan keanggota yang lain
- Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami.
- Guru meminta peserta didik untuk mempreseniasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas
- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (12 x 45 menit)
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat membuktikan bahwa tumbuhan peka terhadap rangsangan mekanis dan suhu dan membuat laporan hasil kegiatan.
No | Kegiatan | |
Guru | Peserta Didik | |
1. | Kegiatan Awal o Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu : Gerak Etionom (Hlm. 162) Gerak Endonom atau Otonom (Hlm. 168) o Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar | Menuliskan topik yang akan dipelajari Menuliskan tujuan pembelajaran |
2. | Kegiatan Inti o Menjelaskan tahap gerak etionom , gerak endonom atau otonom o Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang o Menugaskan ; kegiatan 8.1 Gerak tumbuhan karena rangsanagan mekanis dan suhu kegiatan 8.2 Gerak Hidrotropisme kegiatan 8.3 Gerak kemotropisme Kegiatan 8-4 Gerak Otonom o Meminta peserta didik melaporkan hasil kegiatan Biolab 9-1, Biolab 9-2 didepan kelas dan mengumpulkan LKPD Biolab 9-1, Biolab 9-2 o Menugaskan peserta didik untuk mengerjakan tugas 8.1 o Memberikan penguatan dari hasil pengamatan dan diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial) | Mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru Peserta didik duduk dalam kelompok Menerima LKPD kegiatan 8.1 s.d 8.4 Mengerjakan kegiatan 8.1 s.d 8.4 Melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain. Melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain. Mengerjakan tugas 8.1 Mencatat penguatan yang diterima dari guru |
3. | Kegiatan Akhir/tindak lanjut o Menugaskan peserta didik untuk mengerjakan tugas 8.2 | Melaksanakan tugas guru |
Materi essensial
(Syamsuri, Istamar. 2007, IPA Biologi VIII, halaman 161 – 169)
Gerak etionom merupakan reaksi gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dariluar. Berdasarkan hubungan antara arah respons gerakan dengan arah asal rangsangan, gerak etionom dapat dibedakan menjadi gerak tropisme, talcsts, dan nasti. Jika yang bergerak hanya bagian dari tumbuhan, maka disebut gerak tropisme. Jika yang bergerak seluruh bagian tumbuhan, disebut gerak taksis. Jika gerakannya itu tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, disebut gerak nasti. Untuk lebih jelasnya, pelajari uraian berikut.
Tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Bagian yang bergerak itu misalnya cabang,
daun, kuncup bunga, atau sulur. Gerak tropisme dapat dibedakan menjadi tropisme positif ap ila gerak itu menuju sumber rangsangan dan tropisme negatif apabila gerak itu menjauhi sumber rangsangan. Ditinjau dari macam sumber rangsangannya, tropisme dapat dibedakan lagi menjadi fototropisrne, geotropisme, hidrotropisnze, kemotropzsme, dan tigmotropisrrae.
Geotropisme adalah gerak bagian tumbuhan karena pengaruh gravitasi bumi (geo = bumi). Jika arah gerakan menuju rangsang disebut geotropism positif, misalnya gerakan akar menuju tanah. Jika arah gerakan menjauhi rangsang disebut geotropisme negatif, misalnya gerak tumbuh batang menjauhi tanah.
Hidrotropisme adalah gerak bagian tumbuhan karena rangsangan air (hidro = air). Jika gerakan itu mendekati air, disebut hidrotropisme positif. Misalnya, akar tanaman tumbuh bergerak menuju tempat yanyg-banyak airnya di tanah. Jika tanaman tumbuh menjauhi air disebut h' otropisme negatif. Misal, gerak pucuk batang tumbuhan yang tumbuh menjauhi air.
Kemotropisme adalah gerak bagian tumbuhan karena rangsangan zat kimia. Jika gerakannya mendekati zat kimia tertentu disebut kemotropisme positif. Contoh gerak kemotropisme positif adalah gerak akar menuju zat di dalam tanah. Jika gerakannya menjauhi zat kimia tertentu disebut kemotropisme negatif, contohnya gerak akar menjauhi racun.
Haptonasti merupakan gerak nasti yang terjadi pada tumbuhan insektivor yang disebabkan oleh sentuhan serangga. Daun pada tumbuhan insektivor, misalnya Dionaea, sejenis tumbuhan perangkap lalat (aenus flytrap), sangat sensitif terhadap sentuhan. Jika ada serangga yang menyentuh bagian dalam daun, daun akan segera menutup sehingga serangga akan terperangkap di antara kedua belahan daun.
Hidronasti merupakan gerak yang terjadi terhadap keadaan air. Contoh gerak menggulungnya daun padi, dan daun sere (Cymbopogon nardus), jika keadaan kurang air.
Nasti kompleks merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus, seperti karbon dioksida, pH, temperatur, dan kadar kalsium. Contohnya gerak membuka dan menutupnya stomata pada daun.
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.3
Kegiatan 8.1 Gerak tumbuhan karena rangsanagan mekanis dan suhu
Tujuan : Membuktikan bahwa tumbuhan peka terhadap rangsangan mekanis (misalnya dengan
sentuhan) dan suhu
Alat dan bahan
1. Lidi
2. Stopwatch atau pengukur waktu yang lain
3. Korek api
4. Lilin
5. Tumbuhan si kejut atau putri malu (Mimosa pudica)
Cara Kerja:
1. Tentukan tumbuhan si kejut atau putri malu (Mimosa pudica) yang akan diamati.
2. Catat kecepatan menutupnya daun pada saat lidi disentuhkan pada bagian tumbuhan si kejut berikut ini.
a. ujung anak daun
b. pangkal anak daun
c. tangkai anak daun
d. tangkai daun
e. ranting batang
3. Lakukan cara yang sama dengan mengganti lidi dengan lilin yang menyala.
4. Isilah label berikut ini.
Tabel Kecepatan menutup pada daun si kejut
Jenis rangsangan | Bagian Tumbuhan | Kecepatan menutup daun |
Sentuhan | a. Ujung anak daun b. Pangkal anak daun c. Tangkai anak daun d. Tangkai daun e. Ranting batang | |
Panas | a. Ujung anak daun b. Pangkal anak daun c. Tangkai anak daun d. Tangkai daun e. Ranting batang | |
Jenis rangsangan apa yang direspons paling cepat oleh si kejut?
Sebutkan pula bagian yang paling cepat dan lambat responsnya.
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.3
Kegiatan 8-2 Gerak Hidrotropisme
Tujuan : Membuktikan adanya gerak hidrotropisme Pada kecambah
Alat dan Bahan:
1. Ember plastik
2. Ayakan
3. Kapas
4. Air
5. Biji kacang hijau (atau biji kedelai, jagung, dan lain-lain)
Cara Kerja:
1. Siapkan beberapa biji kacang hijau yang kering, rendam di dalam air pada ember plastik selama 2- 4 jam hingga menggembung. Tujuan perendaman ini adalah agar biji tersebut menyerap air sehingga dapat terjadi pertumbuhan biji.
2. tetakkan biji-biji itu berderet (misalnya dua deret) di atas ayakan yang diberi kapas basah. Biarkan beberapa jam hingga biji-biji itu tumbuh menjadi kecambah.
3. Miringkanlah ayakan itu, sehingga terdapat sebagian kapas yang masih basah di sebelah bawah dan ada pula bagian kapas yang kering di bagian atas.
4. Setelah beberapa hari, periksalah arah pertumbuhan akar biji itu, menuju ke bagian kapas yang basah ataukah yang kering?
Dugaan kalian pasti menuju ke kapas yang basah, bukan? Buktikan!
5. Kalian tentunya masih mencurigai adanya pengaruh gaya tarik bumi karena akar menuju ke arah bawah, ke arah bumi. Untuk menghilangkan kecurigaan ini, coba rancang percobaan dengan memberi kapas basah di sebelah kiri dan kapas kering di sebelah kanan.
Bagaimana hasilnya?
Tergolong gerak hidrotropisme positif atau negatifkah? Jelaskan alasan kalian.
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.3
Kegiatan 8-3 Gerak kemotropisme
Tujuan : Membuktikan adanya gerak kemotropisme pada tumbuhan
Alat dan bahan:
1. Tiga pot kecil berukuran sama
2. Kawat kasa
3. Kapas
4. Biji kacang hijau
5. Air,
6. Garam
7. Larutan asam cuka
Cara kerja
1. Siapkan tiga pot dan beri tanda A, B, dan C. Setiap pot dibagi menjadi dua bagian, kiri dan kanan, yang diberi batas dengan kawat asa. Ke dalam tiap-tiap bagian itu dimasukkan kapas kering.
2. Tetesilah bagian kiri pot A dengan air hingga basah, bagian kiri pot B ditetesi dengan air garam, dan bagian kiri pot C ditetesi dengan larutan asam cuka. Larutan garam dibuat dengan melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air. Larutan asam cuka dibuat dengan melarutkan satu sendok makan asam cuka untuk memasak, ke dalam segelas air. Upayakan agar larutan tidak mengalir ke bagian lain. Jaga agar kapas tetap basah.
3. Bagian kanan pot A, B, dan C masing-masing ditetesi dengan air hingga basah.
4. Beri beberapa biji kacang hijau di atas kapas di bagian kanan pot A, B, dan C. Jaga agar kapas tetap basah.
5. Simpan pot di tempat terlindung dan aman selama beberapa hari, hingga kecambah tumbuh memanjang.
6. Periksalah arah gerakan akar kecambah tersebut. Pot manakah yang berisi akar kecambah dengan gerak kemotropisme positif, dan mana yang negatif?
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.3
Kegiatan 8-4 Gerak Otonom
Tujuan : Dapat mengenali gerak otonom dan membedakannya dengan gerak etionom
Alat dan Bahan :
1. Mikroskop
2. Kaca objek
3. Kaca penutup
4. Pinset
5. Pipet tetes
6. Daun Hydrilla verticiilata atau daun Elodea yang masih muda
7. Air.
Cara Kerja:
1. Letakkan daun Hydrilla atau daun Elodea di'tedk matahari selama ±15 menit, agar kloroplas di dalam daun melakukan fotosintesis.
2. Ambillah satu daun yang,masih muda dan segar yang tertetak pada bagian pucuk batang. Letakkan daun di atas kaca objek yang sudah diberi satu tetes air, dan tutuplah dengan kaca penutup dan usatrakan tidak ada gelembung udara.
3. Periksalah dengan'mikroskop menggunakan perbesaran lemah (10 x 10).
a. Apakah kalian dapat mengenali adanya kloroplas yang bergerak?
b. Coba amati: ke arah mana kloroplas itu bergerak?
c. Apaah arah gerakan klaroplas setiap sel sama?
d. Bagian sel manakah yang sebenarnya bergerak?
e. Gambarlah satu sel dengan arah aliran yang tampak pada sel itu ?
4. Coba diskusikan dengan teman-teman kalian:
a. Apa fungsi gerak sitoplasma itu?
b. Apa perbedaannya dengan gerak etionom?
V. Media Pembelajaran
Alat/Bahan : Alat tulis, LCD/OHP,
Sumber belajar : Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi untuk SMP kelas VIII.
Jakarta : Penerbit Erlangga
VI. Penilaian
o Penilaian proses belajar peserta didik
o Kegiatan
kegiatan 8.1 Gerak tumbuhan karena rangsangan mekanis dan suhu
kegiatan 8.2 Gerak Hidrotropisme
kegiatan 8.3 Gerak kemotropisme
kegiatan 8-4 Gerak Otonom
tugas 8.1 Gerak Etionom
tugas 8.2 Melakukan penelitian gerak pada tumbuhan
o Evaluasi
Mengetahui Kepala SMP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . NIP. | Tim Bidang Studi Koordinator . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . NIP |
Pilihlah satu jawaban yang tepat !
1. Arah dari gerakan tropisme ....
a. tidak ditentukan rangsang
b. ditentukan oleh rangsang
c. menuju cahaya
d. ke atas
2. Membuka dan menutupnya stomata merupakan contoh gerak ....
a. tropisme
b. kemotropisme
c. nasti kompleks
d. taksis
3. Gerak pada tumbuhan yang disebabkan karena rangsangan dari luar disebut
- hidrotropisme
- kemotaksis
- niktinasti
- gerak etionom
4. Gerak tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh rangsangan adalah ....
- turgor
- nasti
- taksis
- tropisme
5. Gerak membeloknya ujung tanaman di dalam ruangan ke arah datangnya sinar matahari, merupakan contoh gerak ....
- kemotropisme
- fotonasti
- geotropisme
- fototropisme
6. Gcrak akar menuju tempat yang ada airnya atau basah merupakan contoh gerak
- geotropisme
- kemotaksis
- hidrotropisme
- kemotropisme
7. Gerak sel sperma menuju sel telur merupakan contoh gerak ....
- kemotaksis
- fototaksis
- kemotropisme
- geotropisme
8. Gerak ujung akar ke arah bawah mcrupakan contoh gerak ....
- kemotropisme
- geotropisme negatif
- hidrotropisme
- geotropisme positif
9. Gerak menutupnya mahkota bunga kupu-kupu pada tumbuhan kacang-kacangan di waktu malam hari merupakan contoh gerak ....
- fotonasti
- nasti kompleks
- seismonasti
- niktinasti
10. Gerak mekarnya bunga matahari merupakan gerak ....
a. nasti kompleks
b. niktinasti
c. fototropisme
d. fotonasti
Jawaban Evaluasi
No. | Jawaban | Skors |
1 | | 1 |
2 | | 1 |
3 | | 1 |
4 | | 1 |
5 | | 1 |
6 | | 1 |
7 | | 1 |
8 | | 1 |
9 | | 1 |
10 | | 1 |
Total Skors | 15 |
Penilaian Proses Belajar Peserta Didik KD 2.3
Diskusi Kelas
No | Elemen yang dinilai | Skors Maksimal | Penilaian | |
Peserta didik | Pendidik | |||
1 | Seluruh perhatian diarahkan pada materi diskusi | 20 | | |
2 | Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif | 20 | | |
3 | Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi | 20 | | |
4 | Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan | 20 | | |
5 | Menghargai saran dan pendapat sesama teman peserta diskusi | 20 | | |
Total Skor | 100 | | |
Presentasi Lisan
No | Elemen yang dinilai | Skors Maksimal | Penilaian | |
Peserta didik | Pendidik | |||
1 | Menggunakan konsep sains secara tepat | 10 | | |
2 | Penjelasan pendukung cukup rinci untuk menjelaskan konsep | 20 | | |
3 | Penyajian tcrdiri dari permutaan yang jelas, isi yang terorganisir dan penutup yang jelas | 20 | | |
4 | Kualitas suara, seperti tingkat volume, artikulasi dan antusianisme cukup baik | 10 | | |
5 | Bahasa tubuh seperti kontak mata, postur dan gerak tubuh digunakan secara efektif | 10 | | |
6 | Humor positif digunaakan secara tepat | 10 | | |
7 | Memberi audiens waktu yang cukup | 10 | | |
8 | Memberi respon yang baik pada pertanyaan audiens | 10 | | |
Total Skor | 100 | | |