Welcome to Lampoh tuha

Minggu, 23 Oktober 2011

RPP Biologi SMA XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                      :  XII   /   1
Standar Kompetensi .
1. Melakukan percobaan pertumbuhan  perkembangan pada tumbuhan

Kompetensi Dasar.
1.1.        Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan an  tumbuhan
1.2.        Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan an  tumbuhan
1.3.        Mengkomunikasikan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan   tumbuhan

Indikator: (KD 1.1)
  1. Mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan berdasar literatur
  2. Memberikan argumentasi teori-teori Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan   tumbuhan
  3. Menentukan variabel bebas dan variabel terikat
  4. Menentukan parameter pengukuran suatu jenis tanaman
  5. Melaporkan  rancangan percobaan yang telah disusun

KD 1.2
1. Melakukan pengukuran dan pengamatan dengan benar
2. Membuat data tabel pengamatan  faktor lingkungan selama pengamatan percobaan
3. Membuat data tabel  hasil pengamatan pertumbuhan dengan sistematis
4. Melaporkan data hasil percobaan
     KD 1.3
  1. Membedakan pengertian  pertumbuhan  dan perkembangan mbuhan primer
  2. Menjelaskan pertumbuhan primer pada tanaman
  3. Menjelaskan faktor-faktor eksternal  yang mempengarui pertumbuhan primer pada tanaman
  4. Mengkaitkan pengaruh faktor internal (hormon,gen) dengan faktor-faktor eksternal  hasil percobaan 
  5. Melakukan presentasi/seminar hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan   tumbuhan




Alokasi Waktu       :   12  X 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
Indikator: KD 1.1
  1. Mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan
  2. Menyebutkan teori tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
  3. Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan   tumbuhan
  4. Menentukan variabel bebas percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan  
  5. Menentukan variabel terikat percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan  
  1. Menentukan parameter pengukuran suatu jenis tanaman
  2. Melaporkan  rancangan percobaan yang telah disusun
  3.  Melakukan pengukuran  pada tanaman percobaan
  4. Membuat data tabel pengamatan  faktor lingkungan selama pengamatan percobaan
  5. Membuat laporan  hasil percobaan pertumbuhan
  6. Membedakan pengertian  pertumbuhan  dan perkembangan
  7. Menjelaskanpengertian pertumbuhan primer pada tanaman
  8. Menyebutkan faktor-faktor eksternal  yang mempengarui pertumbuhan primer pada tanaman
  9. Menyebutkan hubungan pengaruh faktor internal (hormon,gen) dengan faktor-faktor eksternal  hasil percobaan 
  10. Melakukan presentasi hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan  

B. Materi Pembelajaran
KD 1.1
  1. faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan berdasar literatur
  2. teori-teori percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan   an variabel bebas dan variabel terikat
  3. parameter pengukuran suatu jenis tanaman
  4. rancangan percobaan

KD 1.2
1. pengukuran dan pengamatan dengan benar
2. tabel pengamatan  faktor lingkungan selama pengamatan percobaan
3. sistematika penulisan data tabel  hasil pengamatan pertumbuhan
4.  cara melaporkan data hasil percobaan
 
  KD 1.3
  1. perbedaan pengertian  pertumbuhan  dan perkembangan
  2. pertumbuhan primer pada tanaman
  3. faktor-faktor eksternal  yang mempengarui pertumbuhan primer pada tanaman
  4. kaitan pengaruh faktor internal (hormon,gen) dengan faktor-faktor eksternal  hasil percobaan 
  5. cara melakukan presentasi/seminar hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan  

C. Metode Pembelajaran
Diskusi-informasi, eksperimen, penugasan


D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1
Apersepsi.
Menyebutkan gejala  tanaman yang tumbuh
Kegiatan inti.
  1. Mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan berdasar literatur
  2. Merumuskan masalah dan hipotesa
  3. Menentukan variabel bebas dan variabel terikat
  4. Menentukan parameter pengukuran( tinggi,  jumlah daun) suatu jenis tanaman
  5. Menentukan alat dan bahan percobaan
  6. Membuat  rancangan percobaan yang telah disusun


Penutup.
Penugasan  untuk pertemuan ke-2, berupa tugas rumah secara kelompok, sebagai berikut: studi literatur yang mendasari rancangan percobaan dan daftar pustaka

Pertemuan ke 2
Apersepsi
Menyebutkan alat dan bahan yang harus tersedia
Menyebutkan variabel-variabel percobaan

Kegiatan inti
Melaksanakan eksperimen  pertumbuhan
-       merakit alat dan bahan
-       memberikan perlakuan
-       mengamati daerah pertumbuhan (anatomi dan morfologi)
-       melakukan pengamatan , menghimpun data dalam tabel data
Penutup
Penugasan : Menyusun analisis data dan menyusun laporan percobaan

Pertemuan ke 3
Apersepsi.
Menyebutkan macam- macam faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
Kegiatan inti.
-       Seminar/ presentasi hasil percobaan
Penutup.
Membuat kesimpulan tentang pengertian dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman

E. Media Pembelajaran.
Laboratorium:,pot / poly bag,  gelas piala,  cangkul, cetok , tanah, pupuk, air, biji/benih, tanaman percobaan. OHP, komputer. LCD.
LKS pertumbuhan

F. Sumber Belajar
Buku penuntun Biologi jilid 3 untuk kelas XII SMA, penerbit Erlangga
Buku Biologi SMA  yang relevan.

G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen

  1. Mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan berdasar literatur
  2. Memberikan argumentasi teori-teori Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan   tumbuhan
  3. Menentukan variabel bebas dan variabel terikat
  4. Menentukan parameter pengukuran suatu jenis tanaman
  5. Melaporkan  rancangan percobaan yang telah disusun
  6. Melakukan pengukuran dan pengamatan dengan benar
  7.  Membuat data tabel pengamatan  faktor lingkungan selama pengamatan percobaan
  8.  Membuat data tabel  hasil pengamatan pertumbuhan dengan sistematis
  9.  Melaporkan data hasil percobaan
  10. Membedakan pengertian  pertumbuhan  dan perkembangan mbuhan primer
  11. Menjelaskan pertumbuhan primer pada tanaman
  12. Menjelaskan faktor-faktor eksternal  yang mempengarui pertumbuhan primer pada tanaman
  13. Mengkaitkan pengaruh faktor internal (hormon,gen) dengan faktor-faktor eksternal  hasil percobaan 
  14. Melakukan presentasi/seminar hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan   tumbuhan

Ulangan harian

Produk (laporan hasil percobaan dan diskusi),
Pengamatan unjuk kerja,
Pilihanganda,
Jawaban singkat,
Uraian

terlampir
.
Guru Mapel Biologi
...............................



Contoh soal
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat !
1.    Titik tumbuh primer pada tumbuhan dikotil ditemukan pada bagian ....
  1. jaringan perenkima
  2. ujung akar
  3. kambium fasikuler
  4. jaringan kolenkima
  5. kambium gabus (felogen)
2.    Dari gambar di bawah ini nomor 1 dan 2 adalah ...
a.    1 = calon cabang, 2 = daun
b.    1 = tunas apikal, 2 = prokambium
c.    1 = tunas apikal, 2 = primordia daun
d.    1 = primordia, 2 = tunas
e.    1 = calon batang, 2 = primordia
3.    Perhatikan gambar batang dikotil; yang merupakan titik tumbuh sekunder pada gambar ini adalah nomor ....
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
e.    5

4.    Pada pertumbuhan dikenal istilah etiolasi, yaitu pertumbuhan yang ....
a.    amat cepat dalam keadaan gelap
b.    lambat dalam keadaan gelap
c.    amat cepat bila ada cahaya
d.    lambat kalau ada cahaya
e.    tidak dipengaruhi cahaya
5.    Dari persobaan mengamati kecepatan tumbuh akar diperoleh hasil bahwa kecepatan tumbuh terbesar terjadi di daerah ....
a.    bagian paling ujung
b.    di tengah-tengah akar
c.    tepat di belakang ujung akar
d.    disepanjang akar
e.    di semua bagian akar sama
6.    Auksin adalah suatu hormon atau zat tumbuh yang banyak terdapat pada :
a.    tanaman dikotil
b.    tanaman Gimnosperma
c.    tanaman monokotil
d.    ujung kolepotil kecambah
e.    batang yang masih muda


B.Esai
1.    Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan apa pengaruhnya ?
2.    Dimanakah terdapat auksin dan apa manfaatnya ? Sebutkan hormon lain selain auksin dan apa fungsinya ?
3.    Pada daerah manakah akar mengalami pertumbuhan terbesar ? Apa sebabnya ?
4.    Apakah perbedaan antara titik tumbuh primer dan titik tumbuh sekunder

Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan jelas
5.    Pertumbuhan bersifat tak dapat balik dinamakan....
6.    Pertumbuhan dinyatakan kuantitatif artinya....
7.    Bila perkecambahan biji di atas tanah disebut ....
8.    Zilem dan floem berkembang dari jaringan....
9.    Nutrisi kelompok makroelemen artinya ....
10.  Pengaruh auksin terhadap daun adalah....
11.  Tanaman jagung yang diberi giberelin reaksinya....
12.  Antokalin adalah hormone yang berfungsi ....
13.  Partenokarpi dapat dilakukan dengan cara....
14.  Tumbuhan berhari pendek artinya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                    :
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                      :  XII  
Standar Kompetensi .
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme

Kompetensi Dasar.
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan
       metabolisme lemak dan protein.

Indikator:
1.    Menjelaskan pengertian metabolisme
2.    Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
3.    Menceriterakan kembali cara menguji enzim
4.    Menjelaskan fungsi enzim dalam metabolisme
5.    Mengidentifikasi ciri-ciri enzim
6.    Menjelaskan tahapan proses respirasi sel
7.    Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel
8.    Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan dalam respirasi sel
9.    Menghitung jumlah energi yang diperoleh dalam respirasi aerob dan anaerob.
10.  Merakit alat pengamatan fermentasi gula
11.  Menjelaskan cara melakukan pengamatan fermentasi gula.
12.  Menjelaskan hasil yang diperoleh dari respirasi aerob dan anaerob
13.  Menuliskan hasil rancangan kegiatan fermentasi dengan bahan substitusi
14.  Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan fotosintesis dan hasilnya
15.  Membuktaaikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum
16.  Menjelaskan tahapan reaksi fotosintesis; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3 – C4
17.  Menemukan tempat terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap dan hasilnya
18.  Menemukan bakteri yang melakukan kemosintesa karbohidrat/senyawa  kimia lain
19.  Menemukan hasil-hasil kegiatan kemosintesa yang dilakukan bakteri
.
Alokasi Waktu             :   12  X 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
1.      Menjelaskan pengertian metabolisme
2.      Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
3.      Menceriterakan kembali cara menguji enzim
4.      Menjelaskan fungsi enzim dalam metabolisme
5.      Mengidentifikasi ciri-ciri enzim
6.      Menjelaskan tahapan proses respirasi sel
7.      Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel
8.      Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan dalam respirasi sel
9.      Menghitung jumlah energi yang diperoleh dalam respirasi aerob dan anaerob.
10.  Merakit alat pengamatan fermentasi gula


11.  Menjelaskan cara melakukan pengamatan fermentasi gula.
12.  Menjelaskan hasil yang diperolehdari respirasi aerob dan anaerob
13.  Menuliskan hasil rancangan kegiatan fermentasi dengan bahan substitusi
14.  Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan fotosintesis dan hasilnya
15.  Membuktaaikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum
16.  Menjelaskan tahapan reaksi fotosintesis; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3 – C4
17.  Menemukan tempat terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap dan hasilnya
18.  Menemukan bakteri yang melakukan kemosintesa karbohidrat/senyawa  kimia lain
19.  Menemukan hasil-hasil kegiatan kemosintesa yang dilakukan bakteri

B. Materi Pembelajaran
q  Metabolisme
o   Kerja/fungsi enzim
Enzim berperan  dalam reaksi biokimia didalam sel sebagai biokatalisator  dan bekerja secara spesifik.
o   Sifat dan faktor-faktor yang mempengaaruhi kerja enzim.
o   Enzim bekerja pada suatu substrat  yang bekerja spesifik, dan dipengaruhi oleh suhu, pH, konsentrasi substrat/enzim, dll.
o    
q  Katabolisme dan anabolisme
o   Respirasi sel
Respirasi terdiri dari 3 tahapan, yaitu: glikolisis, daur krebs, dan transfer elektron. Respirasi aerob melibatkan oksigen sebagai penerima hidrgen, respirasi anaerob melibatkan senyawa tertentu, seperti asam piruvat, asetaldehid dll, sebagai penerima hidrogen
o   Fotosintesa
Terjadi pada kloroplas dalam 2 tahapan reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap
o   Kemosintesis
Terjadi pada beberapa jenis bakteri yang menggunakan energi dari hasil reaksi kimia anorganik sederhana untuk sintesis kaarbohidrat atau senyawa kimia lain
q  Keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi-informasi, eksperimen, penugasan


D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Apersepsi.
Menyebutkan berbagai nama enzim
Kegiatan inti.
-       Pemeriksaan penugasan akhir pada jam pelajaran materi sebelumnya, tentang tugas kelompok dan hasil tugas individu melalui studi literatur.
-       Melakukan uji kerja enzim kaatalase terhadap pengaruh suhu, pH dan konsentrasi substrat
-       Mendiskusikan tentang:
a.    Cara kerja enzim
b.    Faktor-faktor yangmempengaruhi kerja enzim
c.    Sifat-sifat enzim

d.    Fungsi enzim terhadap metabolisme
e.    Perbedaan istilah metabolisme, katabolisme dan anabolisme
Membuat rangkuman bersama tentang Sub Bab Enzim.
Penutup.
Penugasan akhir untuk pertemuan ke-2, berupa tugas rumah perorangan dan tugas kelompok, sebagai berikut:
-       Tugas individu, dirumah membuat tape (fermentasi) dengan bahan nasi putih atau nasi merah/ubi jalar/kentang/singkong/gaplek, dsb.
-       Tugas kelompok: Merancang perangkat fermentasi gula di sekolah

Pertemuan ke 2
Apersepsi
Tentang metabolisme, katabolisme dan anabolisme
Kegiatan inti
-       Melaksanakan eksperimen fermentasi gula
-       Diskusi kelas (menganalisa) tahapan respirasi aerob
Penutup
Penugasan akhir; tugas individu sebagai berikut :
Buatlah skema diagram respirasi aerob (tahap-tahap respirasi seluler) dan anaerob.

Pertemuan ke 3
Apersepsi.
Macam-macam respirasi anaerob
Kegiatan inti.
-       Diskusi kelas tentang perbedaan antara respirasi aerob dan respirasi anaerob
-       Merangkum perbedaan antara fermentasi alkohol dan fermentasi asam cuka, dll
Penutup.

Penugasan akhir; tugas kelompok merancang percobaan Ingenhouze dengan berbagai perlakuan (studi literatur) 

Pertemuan ke 4
Apersepsi
Arti tentang istilah anabolisme dan fotosintesis
Kegiatan inti
-       Melaksanakan eksperimen/percobaan Ingenhouze dengan berbagai perlakuan, dan percobaan Sachs yang membuktikan bahwa proses fotosintesa menghasilkan amilum.
-       Membuat laporan kelompok melalui kerja diskusi
Penutup
Penugasan akhir untuk pertemuan berikutnya berupa: tugas rumah: Lakukan studi literatur secara mandiri dari buku Biologi SMA untuk kelas XII oleh D.A.Pratiwi dkk.

Pertemuan ke 5
Apersepsi
Percobaan Sachs dan percobaan Ingenhouze
Kegiatan inti
-       Diskusi-informasi dari studi pustaka tentang tahap-tahap fotosintesa, reaksi terang dan reaksi gelap.
-       Mendiskusikan charta bagan proses reaksi terang dan siklus Calvin
-       Merangkum perbedaan fotosintesis dan kemosintesis
-       Perbedaan antara jalur C3, C4, CAM dan jalur C2 (glikolat)

Penutup
Penugasan akhir untuk pertemuan berikutnya sebagai berikut :
Buatlah dalam bentuk tabel, faktor-faktor yang berpengaruh pada katabolisme dan anabolisme !

Pertemuan ke 6
Apersepsi
Salah seorang siswa  mengkomunikasikan hasil tugas rumahnya
Kegiatan inti
-       Mendiskusikan charta hubungan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme  protein
-       Menganalisa senyawa antar pada metabolisme lemak dan metabolisme karbohidarat yang dapat disintesis menjadi komponen lemak dan asam amino.

Penutup
Penilaian tertulis, ulangan serentak

E. Media Pembelajaran.
Laboratorium: tabung reaksi, gelas piala, lumpang porselin, mortar, tripod, bunsen, OHP, komputer. LCD.
LKS, hati, jantung ayam mentah, NaOH, HCl, esbatu, korek api, ragi, gula, air, fenolftalin, tabung kaca, sumbat karet, pipa kaca, termometer



F. Sumber Belajar
Buku penuntun Biologi jilid 3 untuk kelas XII SMA, penerbit Erlangga
Buku Biologi SMA  yang relevan.

G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen

1.      Menjelaskan pengertian metabolisme
2.      Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
3.      Menceriterakan kembali cara menguji enzim
4.      Menjelaskan fungsi enzim dalam metabolisme
5.      Mengidentifikasi ciri-ciri enzim
6.      Menjelaskan tahapan proses respirasi sel
7.      Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel
8.      Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan dalam respirasi sel
9.      Menghitung jumlah energi yang diperoleh dalam respirasi aerob dan anaerob.
10.  Merakit alat pengamatan fermentasi gula
11.  Menjelaskan cara melakukan pengamatan fermentasi gula.
12.  Menjelaskan hasil yang diperolehdari respirasi aerob dan anaerob
13.  Menuliskan hasil rancangan kegiatan fermentasi dengan bahan substitusi
14.  Menemukan faktor-faktor yang mempengaaruhi kegiatan fotosintesis dan hasilnya
15.  Membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum
16.  Menjelaskan tahapan reaksi fotosintesis; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3 – C4
17.  Menemukan tempat terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap dan hasilnya
18.  Menemukan bakteri yang melakukan kemosintesa karbohidrat/senyawa  kimia lain
19.  Menemukan hasil-hasil kegiatan kemosintesa yang dilakukan bakteri


Ulangan harian

Produk (laporan hasil percobaan dan diskusi),
Pengamatan unjuk kerja,
Pilihanganda,
Jawaban singkat,
Uraian

terlampir
.
Guru Mapel Biologi


...............................
Contoh soal
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat Reaksi sebagai berikut C6H12O  2 C2H5OH + 2 CO2  tergolong peristiwa ....
a.    Metabolisme
b.    Anabolisme
c.    Katabolisme
d.    Kemosintesis
e.    Asimilasi
2.      Faktor-faktor berikut menghambat kerja enzim ....
a.    Suhu dan pH
b.    Suhu dan narkotika
c.    Zimogen dan proenzim
d.    CN dan CO
e.    CN - , CO dan narkotika
3.      Tahap respirasi sel pada umumnya, berturut-turut sebagai berikut ....
a.    Daur Krebs – glikolisis – transport elektron
b.    Glikolisis – daur Krebs – transport elektron
c.    Glikolisis – oksidasi piruvat – transport elektron
d.    Glikolisis – daur Krebs – oksidasi piruvat
e.    Glikolisis – oksidasi piruvat – daur Krebs – tranjsport elektron
4.      Dibawah ini sifat-sifat enzim, kecuali ....
a.    Tidak aktif dibawah suhu 0 oC
b.    Bekerja optimal pada suhu tinggi
c.    Enzim adalah suatu protein
d.    Berfungsi sebagai katalisator dalam metabolisme
e.    Bekerjanya spesifik
5.      Tempat berlangsungnya respirasi sel adalah ....
a.    Glikolisis dan daur Krebs berlangsung di mitokondria
b.    Daur Krebs dan transport elektron dalam mitokondria
c.    Glikolisis dan daur Krebs mdalam sitoplasma
d.    Glikolisis dan transpor elektron dalam mitokondria
e.    Glikolisis dalam sitoplasma, daur Krebs dalam mitokondria
6.      Dibawah ini tentang glikolisis pada katabolisme kaarbohidrat adalah benar, kecuali ....
a.    Pengubahan asam glukosa menjadi asam piruvat
b.    Terjadi proses enzimatik
c.    Terjadi proses posporilasi
d.    Berlangsung alam matrik mitokondria
e.        Memecah senyawa C6 menjadi senyawa C3
7.      Respirasi anaerob mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
a.    Berlangsung respirasi tidak sempurna
b.    Disebut juga fermentasi
c.    Asam piruvat berperan sebagai substrat
d.    Disebut juga respirasi intramolekul
e.    Diperoleh energi lebih banyak dari pada respirasai aerob
8.      Perbedaan respirasi aerob dengan anaerob adalah ....
a.    Respirasi aerob disebut juga respirasi intra molekul, sedang respirasi anaerob disebut fermentasi
b.    Respirasi aeron memperoleh energi mempeeroleh energi lebih sedikit dibanading respirasi anaerob
c.    Pada respirasi anaerob, hidrogen bergabung dengan produk antara, respirasi aerob tidak
d.    Dalam respirasi aerob, pembongkaran secara sempurna terjadi pada oksidasi asam piruvat, sedang respirasi anaerob tidak
e.    Respirasi anaerob melibatkan oksigen sebagai penerima hidrogen, resppirasi aerob tidak.
9.      Senyawa ATP dihasilkan melalui proses berikut ini, kecuali ....
a.    Respirasi
b.    Katabolisme
c.    Anabolisme
d.    Oksidasi piruvat
e.    Glikolisis
10.  Reaksi berikut menghasilkan CO2, kecuali ....
a.    fermentasi
b.    pembakaran gula
c.    pernapasan manusia
d.    respirasi intra molekul
e.    anabolisme karbohidrat


Lengkapilah titik-titik pada soal sebagai berikut
1.      Reaksi kimia sederhana tentang katabolisme karbohidrat secara aerob dapat dituliskan sebagai berikut .....
2.      Enzim yang belum aktif disebut ...
3.      Bagian enzim yang bukan protein dan bersifat aktif dsisebut ....
4.      Reduksi CO2 menjadi CH2O yang berlangsung tanpa cahaya pada tumbuhan hijau dibuktikan pertama kali oleh ....
5.      Sedang O2  hasil fotosintesis berasal dari peristiwa fotolisis ditemukan oleh ....


Jawablah dengan singkat dan jelas !
1.      Sebutkan 4 perbedaan antara fotosintesis dengan kemosintesis
2.      Tuliskan penggabungan proses dan hasilnya dari reaksi terang dan reaksi gelap dengan rumus kimia sederhana dalam fotosintesis !
3.      jelaskan perbedaan antara tumbuhan C3 , C4 , dan tumbuhan CAM
4.      Sebutkan 4 faktor dalalm yang mempengaruhi kegiatan laju fotosintesis
5.      Sebutkan senyawa antara pada metabolisme karbohidrat yang dapat disintesis menjadi komponen lemak dan komponen asam amino !


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah          : ...................................
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester         : XII/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas  serta impilkasinya pada saling temas

Kompetensi Dasar        : 3.1 Menjelaskan kosep gen,DNA dan kromosom

Indikator                                :
- Membedakan gen, DNA dan kromosom
- Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom
- Mendiskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya
-Mendiskripsikan struktur, sifat dan fungsi RNA
- Mendiskripsikan hubungan antara DNA, gen dan kromosom

Alokasi Waktu          : 4 jam pelajaran ( 2x pertemuan )

  1. Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

1.Membedakan gen, DNA dan kromosom
2.Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom
3.Mendiskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya
4.Mendiskripsikan struktur, sifat dan fungsi RNA
5.Mendiskripsikan hubungan antara DNA, gen dan kromosom

B. Materi Pembelajaran    :
      Gen, DNA dan Kromosom
   
C. Metode Pembelajaran  :
    Diskusi – informasi, , studi literatur ,penugasan pembuatan model DNA

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang fungsi inti sel dan   Organel  sel yang lain
           II.  Kegiatan
     Melakukan kajian literature /, dari pemutaran CD tentang  struktur dan fungsi gen, DNA dan
     kromosom
           III  Penutup
                 Membuat ringkasan / menarik kesimpulan tentang struktur dan fungsi gen,DNA dan
                 kromosom
                 Penugasan : pengumpulan  limbah (tertunjuk) untuk pembuatan model DNA


Pertemuan 2:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi nukleotida dan nukleosida
           II.  Kegiatan inti
                 Pembutan model DNA berdasarkan  basa nitrogen tertunjuk
           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan  tentang hubunganDNA,gen dan kromosom
                 Penugasan : pengumpulan informasi tentang kodogen,kodon dan antikodon
E. Media Pembelajaran
    Alat dan bahan :Keping CD, charta / model DNA , LKS.

F.Sumber Belajar
          - Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurk. 2004
- Buku  yang relevan  (Biologi  3,  Pratiwi.  dkk)


G.Penilaian                        
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk
 Instrumen
Instrumen
1.Membedakan gen, DNA dan kromosom
2.Menjelaskan fungsi gen, DNA dan
   kromososm
3.Mendiskripsikan struktur heliks DNA serta
   sifat dan fungsinya
4.Mendiskripsikan struktur, sifat dan fungsi
   RNA
5.Mendiskripsikan hubungan antara DNA,
   gen dan kromosom

 



 Tugas mandiri,
  tugas kelompok,
 performans ulangan


 Produk, unjuk kerja,
 pengamatansikap,
 Pilihan ganda, Uraian
  
    terlampir

LAMPIRAN, CONTOH SOAL

3.1 Menjelaskan kosep gen,DNA dan kromosom

Indikator1.Membedakan gen, DNA dan kromosom
1. Dari pernyataan berikut yang benar, adalah ...
a.    Gen merupakan zarah yang kompak terletak di lokus
b.    DNA merupakan komponen yang kaya energi
c.    Kromosom yang tidak memiliki sentromer disebut akromosom
d.    Gen terletak diujung kromosom yang disebut satelit
e.    DNA tersusun dari  berbagai polisakarida  

Indikator 2.Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom
2. Jelaskan masing- masing fungsi dari DNA.gen dan kromosom
Indikator 3.Mendiskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya
3. Dari struktur DNA menurut model W.Crick, berperan sebagai anak tangga adalah ...
a.ikatan gula dan fosfat
b. ikatan gula dengan gula
c. ikatan gula dengan basa nitrogen
d. ikatan  anatar basa nitrogen yang dihubungkan ikatan hidrogen
e. Antar ikatan hidrogen yang dihubungkan  oleh ikatan gula fosfat

Indikator 4.Mendiskripsikan struktur, sifat dan fungsi RNA
4. Asam Ribo Nukleat yang berperan sebagai pembawa informasi genetik adalah ..
a. ADN sense              d.ARN transport
b. ADN antisense        e. ARN ribosom
c. ARN duta

Indikator 5.Mendiskripsikan hubungan antara DNA, gen dan kromosom
5. Jelaskan dengan bahasamu sendiri, sehingga terdapat jelas  hubungan antara DNA,Gen dan Kromosom












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                        : ...................................
Mata Pelajaran                : Biologi
Kelas/Semester              : XII/1
Standar Kompetensi       : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas  serta
                                             impilkasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar          : 3.2 Menjelaskan hubungan gen(DNA) –RNA ,polipeptida
                                                dan sintesis protein

Indikator                                              :
-Menjelaskan hubungan DNA-RNA –Polipepetida
-Mengurutkan proses tahapn sintesis protein
-Menjelasna proses repilkasi dan transkripsi DNA
-Menjelaskan proses penyampaian kode genetik
-Menjelaskna peran dan bagian –bagian yang terlibat dalam sintesis protein
-Menemukan macam –macam kode genetik

Alokasi Waktu             : 4 jam pelajaran ( 2x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

1.Menjelaskan hubungan DNA-RNA –Polipepetida
2.Mengurutkan proses tahapn sintesis protein
3.Menjelasna proses repilkasi dan transkripsi DNA
4.Menjelaskan proses penyampaian kode genetik
5.Menjelaskna peran dan bagian –bagian yang terlibat dalam sintesis protein
6.Menemukan macam –macam kode genetik

B. Materi Pembelajaran    :
    Sintesis protein dan kode gentika
   
C. Metode Pembelajaran  :
    Diskusi – informasi, , studi literatur ,penugasan pembuatan model DNA

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang kodogen,kodon dan antikodon
           II.  Kegiatan inti
           - Menggunakan charta ,menganalisis hubungan DNA-RNA,sintesis protein
     - Mengkaji gambar/charta/ CD interaktif proses replikasi dan transkripsi
   - Mendiskusikan hubungan transkripsi DNA dengan sintesis protein
           III  Penutup
                 Membuat ringkasan / menarik kesimpulan tentang
                 Penugasan : pengumpulan informasio tentang autokatalitik dan heterokatalitik
Pertemuan 2:
            I.   Pendahuluan
                 Apersesi replikasi DNA, autokalitik dan heterokatalitik
           II.  Kegiatan inti
     - Menemukan urutan proses sintesis protein melalui kajian  charta/ gambar
     - Mengkaji literature tentang kode genetik
     - Menemukan hubungan antara kode gentik dan sintesis protein melalui  kegiatan diskusi

           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan  tentang bagaian dan peran masing- masing yang terlibat dalam
                 Sintesis protein
                 Penugasan. Mencari asam- asam amino berdasar basa nitrogen ADN sense tertentu                 
E. Media Pembelajaran
    Alat dan bahan :Keping CD, charta   replikasi DNA
    Charta sintesis protein, LKS.

F.Sumber Belajar
          - Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurk. 2004
- Buku  yang relevan  ( Biologi SMA 3  Pratiwi dkk)


G.Penilaian                         
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk
 Instrumen
Instrumen
1.Menjelaskan hubungan DNA-RNA –
  Polipepetida
 2.Mengurutkan proses tahapn sintesis
   protein
 3.Menjelasna proses repilkasi dan
    transkripsi DNA
 4.Menjelaskan proses penyampaian kode
   genetik
 5.Menjelaskna peran dan bagian –bagian
   yang terlibat dalam sintesis protein
6. Menemukan macam-macam kode genetik

 



 Tugas mandiri,
  tugas kelompok,
 performans ulangan


 Produk, unjuk kerja,
 pengamatansikap,
 Pilihan ganda, Uraian
  
    terlampir


3.2 Menjelaskan hubungan gen(DNA) –RNA polipeptida dan sintesis protein
Indikator 1.Menjelaskan hubungan DNA-RNA –Polipepetida
1.Jelaskan hubungan DNA,RNA dan Polipeptida dalam mekanisme sintesis protein
Indikator 2.Mengurutkan proses tahapn sintesis protein
2. Proses penyusunan ARN duta dari ADN sense dsisebut ...
    a.transkripsi                 d. transformasi
    b.translasi                    e. transreduksi
    c. transduksi
Indikator 3.Menjelaskan proses repilkasi dan transkripsi DNA
3. Apabila diketahui ADN sense   GAS   TAS   SAT,    tuliskan hasil replikasi serta transkripsnya !
Indikator 4.Menjelaskan proses penyampaian kode genetik
4. Proses penyampaian informasi kode genetik berlangsung melalui cara ...
a.    Menentukan  pasangan  urutan basa nitrogen di DNA
b.    Menghilangkan tiap – tiap kodon
c.    Memaknakan urutan gula
d.    Menemukan nukleotidanya
e.    Mencari nukleosida dan menghilangkan  satuan fosfat
Indikator 5.Menjelaskan peran dan bagian –bagian yang terlibat dalam sintesis protein
5. Sebut dan jelaskan bagian – bagian yang terlibat dalam sintesis protein
Indikator 6.Menemukan macam –macam kode genetik
6. Satuan yang terdiri atas 3 basa nitrogen sebagai informasi kode genettik disebut ...
a.    Tetrad                 d. ATP
b.    Duplet                 e. SUV
c.    Triplet




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah            : ...................................
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : XII/1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas  serta
                                                 impilkasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar      : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis
                                                  dan meiosis
Indikator                                  :
- Mengidentifikasi sel yang akan bereproduksi
- Menjelaskan uruten tahapo mitosis
- Mendidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis
- menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang mngalani mitosis

- Menjelaskan urutan tahapan mitosis
- Mengidentifikasi ciri- ciri tahapan meiosis
- Membedakan  proses , tahapan, tempat terjadinya, fungsi pembnelahan mitosis
  dan meiosis
- Menjelaskan gametogensis, terkait dengan pewarisan sifat
- Membedakan gametogenesispada hewan dan tumbuhan

Alokasi Waktu                : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A.Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

1.Mengidentifikasi sel yang akan bereproduksi
2.Menjelaskan urutan tahapan  mitosis
3.Mendidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis
4.menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang mengalani mitosis
5.Menjelaskan urutan tahapan mitosis
6.Mengidentifikasi ciri- ciri tahapan meiosis
7.Membedakan  proses , tahapan, tempat terjadinya, fungsi pembelahan mitosis  dan meiosis
8.Menjelaskan gametogensis, terkait dengan pewarisan sifat
9.Membedakan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan
B. Materi Pembelajaran    :
    Mitosis
    Meiosis
    Gametogenesis
C. Metode Pembelajaran  :
    Diskusi – informasi, , studi literatur ,penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang struktur dan teori sel
           II.  Kegiatan inti
                Melakukan pengamatan mikroskopis pembelahan mitosis sel akar.
    Mendiskusikan tahapan mitosis dari carta tertunjuk         
           III  Penutup
                 Membuat ringkasan / menarik kesimpulan tentang   ciri fase-fase mitosis
                 Penugasan : pengumpulan  informasi tentang pembelahan reduksi
Pertemuan 2:
            I.   Pendahuluan
                 Apersesi tentang pembelahan reduksi
           II.  Kegiatan inti
    Diskusi tentang fase- fase meiosis berdasarkan charta tertunjuk
                Mendikripsikan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis
           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan perbedaan ciri spesifik  dari masing-masing fase mitosis dan meiosis
                 Penugasan : pengumpulan informasi tentang gametogenesis, beda gamet dengan gonade
Pertemuan 3:
            I.   Pendahuluan
                 Apersesi tentang perbedaan gamet dan gonade
           II.  Kegiatan inti
    Diskusi tentang gametogenesis
                Mendiskripsikan perbedaan spermatogenesis dan oogenesis
           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan  Mikrosporogenesis dan Makrosporogenesis
                 Penugasan : pengumpulan  informasi tentang Mendell
E. Media Pembelajaran
    Alat dan bahan :Keping CD, charta   reproduksi sel ,mitosis dan meiosis
    Bagan/ skematis gametogenesis
    Charta spermatogenesis dan oogenesis
F.Sumber Belajar
          - Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurk. 2004
- Buku  yang relevan  ( Biologi SMA 3  Pratiwi dkk)
G.Penilaian                        
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk
 Instrumen
Instrumen
1.Mengidentifikasi sel yang akan reproduksi
2.Menjelaskan urutan tahapan  mitosis
3.Mendidentifikasi ciri-ciri dari tahapan
   mitosis
4.menunjukkan lokasi pada makhluk hidup
   yang mengalani mitosis
5.Menjelaskan urutan tahapan mitosis
6.Mengidentifikasi ciri- ciri tahapan meiosis
7.Membedakan  proses , tahapan, tempat
   terjadinya, fungsi pembelahan mitosis
   dan meiosis
8.Menjelaskan gametogensis, terkait dengan pewarisan sifat
9.Membedakan gametogenesis pada
  hewan dan tumbuhan

 


 Tugas mandiri,
  tugas kelompok,
 performans ulangan


 Produk, unjuk kerja,
 pengamatansikap,
 Pilihan ganda, Uraian
  
    terlampir

                               
Indikator 1.Mengidentifikasi sel yang akan bereproduksi
1. Berikut merupakan cirri- cirri aktivitas saat sel membelah:
1.    Sentriole bergerak ke kutub berlawanan
2.    membran inti sel lenyap
3.    kromosom homolog berdekatan, membelah terbentuk tetrad
4.    kromosom di ekuator
5.    kromatid ditarik kekutub yang berlawanan
6.    terbentuk dua sel anakan
Yang merupakan cirri profase I adalah
A. 1,2,3                           
B. 1,2,3,4,                       
C. 3,4,5,6
D. 4,5,6,1
    E. 5,6,1,2

2. Selama pembelahan sel terjadi perubahan – perubahan secara berturutan
     a.kromatin  →     kromatid →    kromosom 
     b.butir kromatin  → kromatid → benang kromatin →  kromosom
     c. kromosom  →   kromatin →    kromatid
     d. butir kromatin  → benang kromatin  →kromosom →  kromatid
     e. kromatid →  kromatin →   kromosom

Indikator 2.Menjelaskan urutan tahapan  mitosis
3.Secara berturutan tahapan mitosis adalah ...
a.    P1, S, P2                                    d. Profase, metafase, anafase, telofase
b.    Interfase, P1,S dan P2  e. Profase awal. Profase akhir, anafase, telofase
c.    Interfase, M! Dan M2

Indikator 3.Mengidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis
4.Berikut merupakan ciri profase, kecuali ...
   a.membran sel menghilang             d.butir kromatin menjadi benang kromatin
   b. karioteka menghilang                  e. Kromosom menduplikasi
   c. sentriosom membelah menjadi 2 sentriole

Indikator 4.menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang mengalami mitosis
5.Mitosis terjadi pada bagian  berikut
a.    sel- sel somatis              d.ovum
b.    sel-sel germinal              e.ootid
c.    spermatid

Indikator 5.Menjelaskan urutan tahapan meiosis
6.Secar berurutan fase-fase pembelahan meiosis adalah ...
a.    P1 M1 A1 T1  Interfase  P2 M2 A2 T2
b.    P2 M2 A2 T2 Interkinesis P2 M2 A2 T2
c.    P2 A 2T 2M2  interfase P1 A1 T 1M1
d.    Interfase P1M1A1T1 interkinesis T2A2M2P2
e.    Profase1, metafase1, anafase1, telofase1 interfase profase2 awal,metafase2 akhir,telofase2

Indikator 6.Mengidentifikasi ciri- ciri tahapan meiosis
7. Sebutkan ciri profase II !
Indikator 7.Membedakan  proses , tahapan, tempat terjadinya, fungsi pembelahan mitosis  dan meiosis
8. Buatlah tabel perbedaan antara mitosis dan meiosis ditinjau dari beberapa hal !
Indikator 8.Menjelaskan gametogensis, terkait dengan pewarisan sifat

9.Hasil akhir peristiwa oogenesis adalah …
     a. empat ovum fungsional
     b. empat ootid
     c. dua ootid dan dua badan kutub abnormal
     d. satu ovum fungsional dan tiga badan kutub
     e. satu badan kutub primer dan tiga ootid sekundar
















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah            : ...................................
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : XII/1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas  serta
                                                 impilkasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar      : 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan
                                                   sifat
Indikator                                  :
- Menemukan hipotesis yang diajukan Mendel tentang pewarisan sifat
- Menerapkan hukum Mendel, menentuksn ratio perbandingan fenotif dan genotif
- Menjelaskan penyebab penyimpangan Mendel
- Menjelaskan macam- macam penyimpangan semu Mendel
- Menerapkan penyilangan asecara teoritis penyimpangan semu hk. Mendel
- Menjelaskan berbagai pola heredirtas
- Menjelaskan berbagai usaha mempelajari pola pewarisan sifat pada manusia
- Mengidentifikasicacat,penyakit, kelainan dan pola pewarisannya pada manusia
- Menjelaskan cara –cara menghindari terjadinya pewariusan sifat yang merugikan
-Mengaplikasikan perhitungan ratio terjadinya pewarisan sifat pada manusia

Alokasi Waktu                : 12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )
A.Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

1.Menemukan hipotesis yang diajukan Mendel tentang pewarisan sifat
2.Menerapkan hukum Mendel, menentuksn ratio perbandingan fenotif dan genotif
3.Menjelaskan penyebab penyimpangan Mendel
4.Menjelaskan macam- macam penyimpangan semu Mendel
5.Menerapkan penyilangan asecara teoritis penyimpangan semu hk. Mendel
6.Menjelaskan berbagai pola heredirtas
7.Menjelaskan berbagai usaha mempelajari pola pewarisan sifat pada manusia
8.Mengidentifikasicacat,penyakit, kelainan dan pola pewarisannya pada manusia
9.Menjelaskan cara –cara menghindari terjadinya pewariusan sifat yang merugikan
10.Mengaplikasikan perhitungan ratio terjadinya pewarisan sifat pada manusia
B. Materi Pembelajaran    :
      Hereditas Mendel
      Penyimpangan semu Hk. Mendel
      Pola-pola hereditas
      Hereditas pada manusia   
C. Metode Pembelajaran  :
    Diskusi – informasi, , studi literatur ,penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang sifat fenotif dan genotif, istilah –istilah dalam genetika
           II.  Kegiatan inti
                Menyaksikan VCD tentang usaha Mendel menemukan prinsip  Hereditas.                    
           III  Penutup
                 Membuat ringkasan / menarik kesimpulan hipotesis Mendel
                 Penugasan : pengumpulan  informasi , alasan Mendel menggunakan Ercis dalam percb.
Pertemuan 2:
            I.   Pendahuluan
                 Apersesi tentang dihirid
           II.  Kegiatan inti
                 Mengaplikasikan pemahaman Hk. Mendel untuk menghitung  rafio fenotif dari persilangan
           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan tentang segitiga pascal yang berhubungan dengan rasio fenotif dalam
                 persilangan  tertentu
                 Penugasan : pengumpulan  informasi tentang macam- macam persilangan/hibrida
Pertemuan 3:
            I.   Pendahuluan
                 Apersesi tentang perbedaan dihibrid dan  dimeri        
            II.  Kegiatan inti
     Diskusi tentang macam –macam  penyimpangan semu Mendel
III. Penutup
                 Mengkomunikasikan  berbagai tipe penyimpangan semu Mendel
                 Penugasan :latihan soal- soal peyimpngan semu Mendel
            Pertemuan 4:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang tautan dan tautan seks
           II.  Kegiatan inti
                Melakukan kajian pustaka untuk mencari macam penyebab penyimpangan Mendel.
III  Penutup
                 Membuat ringkasan / menarik kesimpulan tentang berbagai penyebab penyimpangan Mendel
Pertemuan 5:
            I.   Pendahuluan
                 Apersesi tentang silsilah keluarga
           II.  Kegiatan inti
                 Studi literatur tentang pewarisan kelainan hemofili ( silsilah tertunjuk )




           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan berbagai kelainan ,penyakit pada manusia berdasarkan pewarisan sifat
                 Penugasan : pengumpulan  info tentnag pengaruh rekombinasi gen-gen resesif
Pertemuan 6:
            I.   Pendahuluan
                 Apersesi tentang perbedaan eugenetik
           II.  Kegiatan inti
                Diskusi – informasi tentang upaya menghindari kelainan,penyakit menurun
           III. Penutup
          Mengkomunikasikan  perlunya menghindari perkawinan antar  keluarga dekat
E. Media Pembelajaran
    Alat dan bahan :Keping CD penelitian Mendel , charta / pedigree keluarga (tertentu)  ,
    Baling-baling genetika/ kartu genetika
F.Sumber Belajar
          - Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurk. 2004
- Buku  yang relevan  ( Biologi SMA 3  Pratiwi dkk)
G.Penilaian                        
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk
 Instrumen
Instrumen
 1.Menemukan hipotesis yang diajukan
  Mendel tentang pewarisan sifat
 2.Menerapkan hukum Mendel, menentukan
   ratio perbandingan fenotif dan genotif
 3.Menjelaskan penyebab penyimpangan
   Mendel
 4.Menjelaskan macam- macam
    penyimpangan semu Mendel
 5.Menerapkan penyilangan asecara teoritis
   penyimpangan semu hk. Mendel
 6.Menjelaskan berbagai pola heredirtas
 7.Menjelaskan berbagai usaha mempelajari
   pola pewarisan sifat pada manusia
 8.Mengidentifikasicacat,penyakit, kelainan
  dan pola pewarisannya pada manusia
 9.Menjelaskan cara –cara menghindari
  terjadinya pewariusan sifat yang merugikan
 10.Mengaplikasikan perhitungan ratio
  terjadinya pewarisan sifat pada manusia

 


 Tugas mandiri,
  tugas kelompok,
 performans ulangan


 Produk, unjuk kerja,
 pengamatansikap,
 Pilihan ganda, Uraian
  
    terlampir

Indikator 1.Menemukan hipotesis yang diajukan Mendel tentang pewarisan sifat
1.Berikut merupakan hipotesis dari hk/ prinsip Mendel tentang pewarisan sifat kecuali ...
a.    Prinsip hereditas             d. Prinsip ada tidaknya dominasi
b.    Prinsip Segregasi                        e. Prinsip Rekombinasi
c.    Prinsip Kombinasi
Indikator 2.Menerapkan hukum Mendel, menentukan ratio perbandingan fenotif dan genotif
2 Bila B= bulat, b= lonjong, M= manis, m= masam, persilangan BBMM dengan bbmm, pada F2 akan diperoleh kemungkinan buah lonjong manis …
   a. 1/16                                              d. 4/16
   b. 2/16                                              e. 9/16
   c. 3/16
Indikator 3.Menjelaskan penyebab penyimpangan Mendel
3.Berikut merupakan faktor ,penyebab terjadinya penyimpangan semu Mendel, kecuali ...
a.    determinasi  seks                                   d.pindah silang
b.    tautan seks                                 e. gen lethal
c.    gagal berpisah
Indikator 4.Menjelaskan macam- macam penyimpangan semu Mendel
4.Sebut dan Jelaskan macam penyimpangan semu Mendel !
Indikator 5.Menerapkan penyilangan asecara teoritis penyimpangan semu hk. Mendel
5. Persilangan dihibrid,heterozigot yang  menghasikan rasio fenotif    12 : 3 : 1, adalh peristiwa …
   a. polimeri                               d.epistasis – hipostasis
   b. kriptomeri                           e. interaksi gen
   c. inhibiting gen
      


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah            : ...................................
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : XII/1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas  serta
                                                 impilkasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar      : 3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam
                                                   Salingtemas
Indikator                                  :
- Menjelaskan macam mutasi dan penyebabnya
- Mengidentifikasi ragam mutasi pada kromosom dan gen
- Mernjelaskan berbagai mutasi yangdihjasilkan oleh manusia denagn teknologi yang
  digunakan
- Menjedlaskan keunutungan dan kerugian dari berbagai mutasi

Alokasi Waktu             : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

1.Menjelaskan macam mutasi dan penyebabnya
2.Mengidentifikasi ragam mutasi pada kromosom dan gen
3.Mernjelaskan berbagai mutasi yangdihjasilkan oleh manusia denagn teknologi   yang   digunakan
4.Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari berbagai peristiwa mutasi
B. Materi Pembelajaran    :
      Penyebab mutasi
      Macam mutasi
      Dampak mutasi
C. Metode Pembelajaran  :
    Diskusi – informasi, , studi literatur ,penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang rekayasa insulin buatan
           II.  Kegiatan inti
                 Studi literatur untuk menemukan berbagai contoh sindrome pada manusia yang berhubungan
                dengan peristiwa mutasi.               
           III  Penutup
     Membuat ringkasan / menarik kesimpilan tentang penyebab,macam, dampak mutasi
     Penugasan , cari info melalui media cetak,elektronik,internet tentang perkembangan teori
     evolusi
E. Media Pembelajaran
    Alat dan bahan :Keping CD penelitian Mendel , charta / pedigree keluarga (tertentu)  ,
    Bagan/ skematis berbagai mutasi kromosom,dan mutasi gen
F.Sumber Belajar
          - Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurk. 2004
- Buku  yang relevan  ( Biologi SMA 3  Pratiwi dkk)
G.Penilaian                        
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk
 Instrumen
Instrumen
1.Menjelaskan macam mutasi dan    penyebabnya
 2.Mengidentifikasi ragam mutasi pada    kromosom    dan gen
 3.Mernjelaskan berbagai mutasi  yang dihasilkan    oleh manusia dengan teknologi yang   digunakan
4.Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari    berbagai peristiwa mutasi
Tugas mandiri,
  tugas kelompok,
 performans ulangan
 Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian
terlampir

           
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya  dalam   Salingtemas                                             
Indikator 1.Menjelaskan macam mutasi dan penyebabnya
1. Berikut merupakan mutasi kromosom, kecuali …
    a. inversi                                  d.duplikasi
    b. translokasi                           e. defisiensi
    c. translasi

Indikator 2.Mengidentifikasi ragam mutasi pada kromosom dan gen
2. Mutasi yang terjadi pada parental akan dapat diwariskan ke
      keturunannya, bila telah terjadi mutasi …
      a. somatis                         d.titik
      b. germinal                       e.spontan

Indikator 3.Menjelaskan berbagai mutasi yang dihasilkan oleh manusia dengan teknologi yang   digunakan
3.Tuliskan contoh hasil mutasi yang telah dilakukan oleh manusia
Indikator 4.Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari berbagai peristiwa mutasi
4.Jelaskan  berbagai dampak  mutasi bagi kehidupan manusia













 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Nama Sekolah            :
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester          : XII / 2 (dua)
Standar Kompetensi   : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      :  4.1. Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi

Indikator                :    -    Menjelaskan berbagai teori evolusi
-       Menjelasklan pokok-pokok pikiran teori evolusi Darwin
-       Menemukan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya teori evolusi


 Alokasi waktu             : 4  X 45 menit

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah diskusi, informasi, membaca literatur dan mengerjakan LKS tentang evolusi , siswa mampu :
    1. Menjelaskan berbagai teori evolusi
    2. Membandingkan teori evolusi Darwin, Lamarck , Wallace dan Wiesmann
    3. Menjelasan pokok-pokok pikiran teori evolusi Darwin
    4. Menemukan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya teori evolusi

  1. Materi Pembelajaran
Teori, prinsip, dan mekanisme evolusi
Teori –teori evolusi menjelaskan  perkembangan makhluk hidup secara bertahap dalam jangka waktu lama dari bentuk sederhana menujubentuk yang lebih kompleks. Terdapat beberapa teori yang dapat menjelaskan perubahan makhluk hidup secara evolusi antara lain teori Lamarck, Darwin, Wallace dan Weismann.
Faktor petunjuk pendukung evolusi.
  1. Metode Pembelajaran
    1. Diskusi
    2. Informasi
    3. Pengamatan
    4. Tanya jawab
    5. Penugasan

  1. Langkah-langkah Kegiatan

No
Kegiatan Belajar
1.
Pendahuluan
Prasarat :
2.
Kegiatan
- Siswa mendiskusikan 
3.
Penutup
- Siswa membuat kesimpulan dengan menunjukkan


  1. Media pembelajaran
    1. OHP
    2. Mikroskop dan perlengkapannya

  1. Sumber Belajar
    1. Buku Penuntun Belajar Biologi DA. Pratiwi penerbit Erlangga Jakarta
    2. Campbel Reece and Mitchel
    3. Internet
    4. Buku-buku yang relevan
  2. Penilaian
No
Indikator
Jenis tahihan
Bentuk tagihan
Instrumen
1.
Menjelaskan berbagai teori evolusi
Menjelasklan pokok-pokok pikiran teori evolusi Darwin
Menemukan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya teori evolusi

Tugas individu dan kelompok
Produk hasil diskusi
LKS
    
            Mengetahui                                                                
            Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran





Contoh instrumen
A.    Pilihlah salah satu jawaban yang benar !
1.    Darwin mendasarkan teorinya bahwa evolusi  terjadi melalui ....
  1. mutasi
  2. adaptasi
  3. seleksi alam
  4. variasi gen
  5. pengaruh lingkungan

2.    Setiap populasi berkecenderungan bertambah banyak, tetapi pertambahan tidak berjalan terus-menerus. Hipotesa ini dikemukakan oleh ....
  1. CR. Darwin
  2. Lamarck
  3. Sutton
  4. A. Weisman
  5. Buffon

3.    Teori Darwin dan Lamarck tentang evolusi mempunyai persamaan , yaitu ....
  1. adaptasi terhadap lingkungan
  2. seleksi alam
  3. perubahan lingkungan
  4. variasi dalam keturunan
  5. penurunan sifat yang diperoleh

4.    Faktor utama yang menyebabkan penurunan populasi Biston betularia bersayap cerah setelah revolusi industri adalah ....
  1. seleksi alam
  2. adaptasi terhadap lingkungan
  3. persaingan dalam hal pangan
  4. perubahan warna cerah menjadi gelap
  5. warna gelap lebih adaptif dengan lingkungan

5.    Diketahui 16 % orang tidak dapat merasakan pahitnya kertas PTC (tt) maka perbandingan genotip TT : Tt : tt adalah ....
  1. 9 : 12 : 4
  2. 6 : 12 : 6
  3. 12 : 9 : 4
  4. 4 : 12 : 9
  5. 9 : 4 : 12
B.    Jawablah dengan singkat dan jelas!
  1. Berilah contoh, bahwa mutasi gen merupakan mekanisme evolusi !
  2. Berikan alasan bahwa manusia bukan berasal dari kera !
  3. Pada suatu daerah terdapat 900 laki-laki yang buta warna dari 10.000 penduduk. Berapakah prosentasi serta jumlah wanita buta warna dan wanita pembawa ?




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                        :
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                      :  XII   /   genap
Standar Kompetensi   :
5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada
    salingtemas.

Kompetensi Dasar                  : 
5.1   Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi..
5.2.  Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan ,
         teknologi, dan masyarakat
Indikator:
1.    Menjelaskan ruang lingkup bioteknologi
2.    Menjelaskan rinsip-prinsip dasar bioteknologi.
3.    Membedakan bioteknologi konvensional dan modern.
4.    Membrikan contoh produk bioteknologi
5.    Menjelaskan proses rekayasa genetika.
6.    Menidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan.
7.    Menjelaskan keuntungan dan kerugian diperolehnya produk bioteknologi.
8.    Menjelaskan dampak  pemanfaatan hasil produk bioteknologi di berbagai bidang.
9.    Menunjukkan hasil produk bioteknologi konvensional

Alokasi Waktu             : 16 X 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
1.    Menjelaskan ruang lingkup bioteknologi
2.    Menjelaskan rinsip-prinsip dasar bioteknologi.
3.    Membedakan bioteknologi konvensional dan modern.
4.    Membrikan contoh produk bioteknologi
5.    Menjelaskan proses rekayasa genetika.
6.    Menidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan.
7.    Menjelaskan keuntungan dan kerugian diperolehnya produk bioteknologi.
8.    Menjelaskan dampak  pemanfaatan hasil produk bioteknologi di berbagai bidang.
9.    Menunjukkan hasil produk bioteknologi konvensional

B. Materi Pembelajaran
Bioteknologi
·       Arti dan Prinsip dasar Bioteknologi.
Bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah bahan mentah dengan memanfaatkan mikroorganisme atau bagian-bagiannya. Sehingga dihasilkan produk dan jasa. Bioteknologi melibatkan cabang ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi molekuler , biologi sel
·       Jenis-jenis Bioteknologi.
Bioteknologi dapat dikembangkan melalui kultur jaringan, transplantasi gen dan rekayasa genetika.



Peran dan implikasi hasil Bioteknologi.
·       Implikasi bioteknologi pada Sains lingkungan , teknologi, dan masyarakat
·       Dampak pemanfaatan bioteknologi
Produk bioteknologi bermanfaat meningkatkan kesejahteraan manusia, dilain pihak diragukan keamanannya, seperti produk transgenik, Iradiasi

C. Metode Pembelajaran
Diskusi-informasi, eksperimen

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Apersepsi
            Produk-produk  makanan dari hasil aktifitas mikro organisme
Kegiatan inti
Medefinisikan pengertian bioteknologi
Mendiskusikan ilmu-ilmu yang mendasari bioteknolgi
Menjelaskan nilai tambah yang diperoleh dari pengembangan bioteknologi
Penutup
Menyimpulkan hasil diskusi. Menggali informasi cara pembuatan tape,  tempe atau yang lainnya dan mempersiapkan alat, bahan untuk praktikum pada pertemuan berikutnya, misalnya kacang kedelai yang sudah direbus, daun pisang, ragi tempe, singkong rebus, ragi tape dll.

Pertemuan ke 2
Apersepsi
Produk bahan makanan hasil fermentasi
Kegiatan inti
Eksperimen cara membuat tape, tempe atau produk fermentasi yang lain masing-masiing kelompok yang telah ditentukan
Penutup
Menyimpan baik-baik bahan eksperimen, dan menyiapkan lembar untuk laporan hasil eksperimen untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke 3
Apersepsi
Cara pembuatan tape/tempe/produk fermentasi yang lainnya.
Kegiatan inti
Mengamati hasil eksperimen pembuatan tape/tempe pada pertemuan yang kedua, mendata perubahan-perubahan yang terjadi serta mendiskusikan hasil eksperimen tersebut


Penutup
Menyimpulkan dan membuat laporan eksperimen, menugaskan siswa untuk melakukan studi literatur mengenai perkembangan bioteknologi mulai 6000 tahun SM hingga sekarang disunsun dalam bentuk point power
Pertemuan ke 4
Apersepsi
Perkembangan bioteknologi
Kegiatan inti
Mempresentasikan hasil kajian literatur mengenai perkembangan bioteknologi baik tradisional maupun modern dalam bentuk point power/LCD
Penutup
Merangkum hasil presentasi siswa tentang perkembangan bioteknologi
Studi referensi mengenai bioteknologi tradisional dan modern untuk persiapan pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke 5
Apersepsi
Bioteknologi klasik dan modern
Kegiatan inti
Diskusi serta membandingkan bioteknologi tradisional/klasik dengan bioteknologi modern baik persamaan-persamaan maupun perbedaan-perbedaannya juga bergai contoh-contohnya.

Penutup
Merangkum hasil diskusi, Penugasan menggali informasi tentang kultur jaringan melaui studi literatur/internet/CD untuk persiapan pertemuan berikutnya dibuat point power

Pertemuan ke 6
Apersepsi
Siswa telah mengetahui bibit-bibit tanaman yang dijual dipasaran hasil kultur jaringan, misalnya anggrek, pisang raja, tanaman hias dsb.
Kegiatan inti
Mempresentasikan teknik-teknik kultur jaringan dari hasil penugasan, ekplan yang dapat digunakan sebagai bahan kultur dan medium pertumbuhannya.
Penutup
Merangkum hasil presentasi siswa. Penugasan untuk menggali informasi mengenai rekayasa genetika dan contoh-contoh hasil rekayasa genetika dari bergai media (CD, Encharta reference, Buku biologi)

Pertemuan ke 7
Apersepsi
Pengertian rekayasa genetika
Kegiatan inti
Diskusi informasi pengertian rekayasa genetika
Membuat skema/charta rekayasa genetika
Menyebutkan contoh-contoh produk rekayasa genetika dibidang pertanian, peternakan, kedokteran, industri pertambangan dll
Penutup
Persiapan untuk ulangan harian pada pertemuan terakhir

Pertemuan ke 8
Apersepsi
Siswa telah memahami arti, prinsip dasar, serta manfaat bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kegiatan inti
Ulangan harian secara klasikal/serentak
Penutup
Informasi pada siswa untuk persiapan remidi bagi siswa yang mendapat nilai kurang ( tidak tuntas)

E. Media Pembelajaran.
CD/LCD/Charta gambar teknik rekayasa genetika, contoh-contoh produk rekayasa genetika, charta teknik  kultur jaringan, gambar-gambar tanaman hasil kuljar, laboratorium

F. Sumber Belajar
Gambar-gambar produk bioteknologi, LKS,
Buku penuntun Biologi jilid 3 untuk kelas XII SMA, penerbit Erlangga
Buku Biologi Campbell

G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
1.    Menjelaskan ruang lingkup bioteknologi
2.    Menjelaskan rinsip-prinsip dasar bioteknologi.
3.    Membedakan bioteknologi konvensional dan modern.
4.    Membrikan contoh produk bioteknologi
5.    Menjelaskan proses rekayasa genetika.
6.    Menidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan.
7.    Menjelaskan keuntungan dan kerugian diperolehnya produk bioteknologi.
8.    Menjelaskan dampak  pemanfaatan hasil produk bioteknologi di berbagai bidang.
9.    Menunjukkan hasil produk bioteknologi konvensional


Tugas kelompok, Performans, ulangan.


Produk, pengamatan sikap, pilihan ganda dan uraian
.

Terlampir
.............., .....................

Guru Mapel Biologi
...............................



Contoh soal
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.    Bioteknologi mempunyai pengertian sebagai berikut, yaitu ....
a.    Teknologi yang berhubungan erat dengan biologi
b.    Kesatuan berbagai ilmu untuk mengembangkan teknologi dan menghasilkan jasa
c.    Teknologi yang memanfaatkan makhluk hidup yang telah direkayasa sehingga  menghasilkan produk dan jasa
d.    Teknik pengembangan makhluk hidup, khususnya jazat renik untuk kemajuan
   dibidang kesehatan
e.    Teknologi dari bermacam-macam ilmu yang didukung oleh biologi.
2.    Berikut ini produk-produk bioteknologi yang memanfaatkan bakteri, kecuali ....
a.    Keju                                                 d. Nata de cocco
b.    Youghurt                                          e. Miso
c.    Kefir
3.    Pembuatan tempe termasuk bioteknologi yang berkembang sejak lama, oleh karenanya dapat digolongkan teknik mikrobial yang termasuk ....
a.    Tradisional                                       d. Modern
b.    Sederhana                                       e. Rekayasa genetika
c.    Home industri rakyat kecil
4.    Fermentasi untuk menghasilkan makanan adalah merupakan ....
a.    Teknik pembuatan bahan makanan yang berlangsung secara anaerob
b.    Teknik pembuatan bahan makanan yang berlangsung secara aerob
c.    Teknik pembuatan bahan makanan yang memerlukan waktu lama
d.    Teknik pembuatan bahan makanan secara tradisional
e.    Teknik pembuatan bahan makanan menggunakan bantuan mikroorganisme
5.    Pembuatan keju merupakan teknologi pembuatan bahan makanan yang menggunakan bahan dasar ....
a.    Santan                                             d. Minyak
b.    Mentega                                          e. Susu
c.    Kedelai
6.    Sacharomyces cereviceae merupakan jenis ragi yang dapat dimanfaatkan dalam menghasilkan ....
a.    Keju                                                 d. Tape
b.    Tempe                                             e. Mentega
c.    Youghurt

Jawablah pertanyaan-bertanyaan berikut ini dengan tepat !
  1. Jelaskan langkah-langkah kultur jaringan tanaman secara singkat
  2. Jelaskan teknik kloning yang dilakukan untuk menghasilkan domba Dolly !
  3. Tuliskan 3 contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi pengolahan