Welcome to Lampoh tuha

Minggu, 23 Oktober 2011

RPP BIOLOGI SMA X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : …………………………………………………..
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 1(satu)
Standar Kompetensi   : 1. Memahami hakekat biologi sebagai ilmu
Kompetensi dasar       : 1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

Indikator                     :
    1. Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
    2. Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi
    3. Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain
    4. Menjelaskan keterkaitan biologi dengan metode ilmiah
    5. Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
    6. Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
    7.  Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi   yang ikut andil membantu menyelesaikannya

Alokasiwaktu              : 2 X 45 menit

  1. Tujuan Pembelajaran:
Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :
    1. Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
    2. Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi
    3. Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain
    4. Menjelaskan keterkaitan biologi dengan metode ilmiah
    5. Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
    6. Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
    7.  Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi   yang ikut andil membantu menyelesaikannya

  1. Materi Pembelajaran:
Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup  dengan segala permasalahannya. Biologi bagian dari sains yang memilki karakteristik sama dengan ilmu sains yang lain .Ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasikehidupan (sel, jaringan , organ, system organ, individu , populasi, komunitas, ekosistem , biosfer). Biologi menentukan perkembangan teknologi.

Bekerja ilmiah
Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi digunakan metode ilmiah. Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah.



  1. Metode Pembelajaran
1.      Pengamatan
2.      Diskusi
3.      Tanyajawab
4.      Penugasan

  1. Langkah – langkah kegiatan

Pertemuan 1.
Apersepsi:
Siswa menyebutkan contoh kegiatan yang berkaitan dengan biologi

Kegiatan inti:.
Dilanjutkan diskusi tentang karakteristik ilmu biologi diantara ilmu sains lainnya.
Penutup: menyebutkan kesimpulan hasil diskusi dan diberikan tugas  individu :
Tugas : siswa mencari dan menggali informasi dari berbagai sumber informasi (TV, internet, majalah/jurnal, radio, wawancara ahli/nara sumber) tentang manfaat mempelajari ilmu biologi terhadap dirinya dan lingkungannya dalam kehidupan.

Pertemuan 2.
       Apersepsi
       Guru menanyakan hasil penugasan tentang manfaat mempelajari biologi
      
       Kegiatan inti:
       Disediakan diagram/charta/ LCD menganalisis kedudukan ilmu biologi dengan ilmu
       yang lain

Penutup : Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi tentang kedudukan ilmu biologi dengan ilmu yang lain.

  1. Media Pembelajaran:
    1. OHP/ Komputer, LCD,vcd player
    2. Gambar/ charat keilmuan, gambar masalah biologi, LKS
  2. Sumber Belajar :
    1. Buku Penuntun Belajar biologi . D.A. Pratiwi penerbit Erlangga, Jakarta
    2. Internet, majalah Trubus dst
    3. Campbel Reece and Mitchel
    4. Buku –buku yang relevan

  1. Penilaian:

No
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
1.

2.

3.


4.


5.



6.


7.

Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi
Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain
Menjelaskan keterkaitan biologi dengan metode ilmiah
Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan

Tugas individu & kelompok
Pengamatan sikap

Produk
Unjuk kerja laporan hasil diskusi
Performans
Ulangan harian
LKS
Soal test pilihan ganda dan uraian
Soal terlampir


                                                                                    …………,…………………2007
                                                                                   
                                                                                    Guru Biologi
                                                                       
                                                                                    ……………………………..




Contoh instrumen
                                    Pilihlah satu jawaban yang benar !  
                                            1. Untuk mengobati kanker kulit,tingkat organisasi kehidupan  yang tepat adalah ....
  1. Molekul
  2. Sel
  3. Jaringan
  4. Organ
  5. Sistem organ

2.Dalam pengamatan lingkungan di sekitar  sekolah, seorang siswa  menemukan makhluk hidup. Untuk memastikan makhluk hidup  tersebut termasuk Plantae  langkah terbaik adalah ....
           A.      dapat bergerak
            B.      mempunyai dinding sel
            C.      dapat berkembang biak
           D.      memerlukan makanan
            E.      dapat bernafas
3. Seorang ahli mempelajari hubungan kekerabatan antara manusia dengan kera. Persoalan biologi yang dipelajari adalah ....
A.    hubungan organisme dengan lingkungan
B.     struktur dan fungsi
C.     keseragaman dan keanekaragaman
D.    sejarah biologi
E.     evolusi
4.Usaha memperoleh padi unggul dengan perkawinan padi lokal dengan padi luar negeri dipelajari dalam
   cabang biologi ....
A.    ginekologi
B.     reproduksi
C.     biokimia
D.    tetralogi
E.     genetika
5.Untuk pembuatan film tentang kehidupan makhluk di masa lampau berupa fosil, agar sesuai dengan
   aslinya, cabang biologi yang berperan adalah....
A.    evolusi
B.     botani
C.     anatomi
D.    zoologi
E.     palaentologi
6.Tujuan eksperimen Pastuer  tentang asal usul kehidupan adalah ....
A.    membuktikan teori abiogenesis
B.     menentang teori abiogenesis
C.     mempertahankan teori abiogenesis
D.    membentuk faham biogenesis
E.     menentang biogenesis

II.Esai
Jawablah dengan singkat !
  1. Sebutkan tiga obyek  biologi menurut rumusan BSCS !
  2. Untuk mempelajari penyakit Flu burung, cabang-cabang biologi apa saja yang berkaitan ? Jelaskan  !
  3. Bagaimana ilmu di luar biologi, seperti fisika membantu perkembangan biologi misalnya dalam radiologi ?

  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : …………………………………………………..
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 1(satu)
Standar Kompetensi   : 1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
Kompetensi dasar                      : 1.2. . Mendeskripsikan obyek dan permasalahan Biologi
                                               Pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel,
                                                      jaringan , organ , individu, populasi, ekosistem, bioma

Indikator                     :

1.      Memberikan contoh obyek biologi pada berbgai tingkat organisasi kehidupan.
2.      Memberikan contoh masalah biologi  pada berbagai tingkat Organisasi kehidupan
3.      Mengusulkan alternative pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
4.      Memberikan contoh pemecahan biologi dengan metode ilmiah
5.      Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
6.      Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan


Alokasiwaktu              : 4 X 45 menit

  1. Tujuan Pembelajaran:
Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :
1.      Memberikan contoh obyek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
2.      Memberikan contoh masalah biologi  pada berbagai tingkat Organisasi kehidupan
3.      Mengusulkan alternative pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
4.      Memberikan contoh pemecahan biologi dengan metode ilmiah
5.      Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
6.      Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan

  1. Materi Pembelajaran:
a.       Obyek dan permasalahan biologi pada berbgai tingkat organisasi kehidupan
b.      Obyek biologi :kajian biologi meliputi makhluk hidup dengan segala prmasalahannya mulai dari individu ( molekul, senyawa, sel, jaringan , organ, system organ),  populasi, komunitas, ekosistem , biosfer).
c.       Masalah biologi, misalnya pada tingkat organ seperti : kanker kulit, patah tulang. Pada tingkat ekosistem misalnya : makin punahnya badak bercula satu, perubahan ekosistem sawah menjadi areal pemukiman, dll
d.      Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi  digunakan metode ilmiah. Para ilmuwan menyelesaikan masalah  harus melakukan kerja ilmiah dan bersikap ilmiah

  1. Metode Pembelajaran
a.       Pengamatan
b.      Diskusi
c.       Tanyajawab
d.      Penugasan

  1. Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan 1
Apersepsi: Menjelaskan perbedaan antara sel , jaringan organ, individu, populasi dan bioma serta menyebutkan hubungan nya
Kegiatan inti :
1.  Dengan diagram/charta/ LCD menganalisis apa saja yang  menjadi obyek biologi  dari molekul hingga bioma

  1. Menemukan permasalahan biologi  melalui pengamatan  di lingkungan sekolah dan mengusulkan alternative pemecahan masalah
Penutup : menyimpulkan hasil diskusi dan penugasan
Tugas: Carilah informasi tentang penemuan masalah penyakit malaria dan cara penyelesaiannya.

Pertemuan 2
      Apersepsi : Menanyakan hasil tugas tentang penemuan dan penyelesaian masalah
      penyakit malaria
      Kegiatan inti :
      Melihat VCD/Video tentang seorang ahli biologi yang bekerja memecahkan masalah
      keilmuan dan menemukan sistematika metode ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah
Penutup :
Siswa menyebutkan urutan pekerjaan para ilmuwan dalam melakukan metode ilmiah, dan meyebutkan contoh sikap ilmiah.

Media Pembelajaran:
1.      OHP/ Komputer, LCD,vcd player
2.      Gambar/ charta keilmuan, gambar, berbagai  tingkat kehidupan

  1. Sumber Belajar :
a.       Buku Penuntun Belajar biologi . D.A. Pratiwi penerbit Erlangga, Jakarta
b.      Internet, majalah Trubus dst
c.       Campbel Reece and Mitchel
d.      Buku –buku yang relevan



  1. Penilaian:
No.
         Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
1

2

3


4


5


6


7




Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi
Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain
Menjelaskan keterkaitan biologi dengan metode ilmiah
Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikutandil membantu menyelesaikan
Tugas individu & kelompok
Performas
Ulangan harian
Produk
Unjuk kerja
Laporan hasil diskusi
Pengamatan sikap
LKS
Soal test uraian dan pilihan ganda
(soal terlampir)
     
                                                                              ……………….,……………..2007
                                                                              Guru Biologi
1.      Seseorang akan  melakukan transplantasi ginjal. Pada organisasi kehidupan tingkat apakah ginjal dipelajari ....
A.    sel
B.     jaringan
C.     organ
D.    sistem organ
2.      Usaha memperoleh padi unggul dengan perkawinan padi lokal dengan padi luar negeri dipelajari dalam cabang biologi ....
A.    ginekologi
B.     reproduksi
C.     biokimia
D.    tetralogi
E.     genetika
3.      Pemberian nama suatu bioma didasarkan pada ....
A.    letak bioma
B.     tumbuhan yang dominan
C.     aliran energi yang terjadi
D.    banayknya hewan yang dijumpai
E.     banyaknya spesies yang dijumpai



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :   ...........................................
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                        :  X / gasal

Standar Kompetensi   :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup

Kompetensi Dasar                   : 
2.1.Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi  dan peran  virus dalam kehidupan

Indikator:
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
2.      Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya.
3.      Menjelaskan cara replikasivirus.
4.      Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan.
5.      menjelaskan peranan virus yang menguntungkan dan merugikan
6.      mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll

Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
  1. Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
  2. Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya.
  3. Menjelaskan cara replikasivirus.
  4. Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan
  5. menjelaskan peranan virus yang menguntungkan dan merugikan
  6. mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll

B. Materi Pembelajaran
o Ciri-ciri virusVirus mempunyai ciri aselular, dapat dikristalkan, dan dapat berkembang biak pada sel-sel hidup.

o Replikasi virus. Virus hanya dapat berkembangbiakpada sel atau jaringan hidup, antara lain  pada bakteri, jaringan embrio,hewan, tumbuhan, maupun manusia. Proses   replikasi virus bertangsung pada saat virus menempel pada sel inang hingga terbentuk virus baru melalui daur litik  dan lisogenik

C. Metode Pembelajaran
     Diskusi, penugasan


D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Apersepsi :
-       Contoh penyakit yang disebabkan oleh virus
-       Pencegahan penyakit karena virus
Kegiatan inti
Diskusi mengenai ciri-ciri virus, strukur virus (Bacteriofage) dan membuat model virus T (Fage), membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya, menjelaskan cara hidup virus dan replikasi/cara perkembangbiakan virus.
Penutup:
Menyimpulkan tentang ciri-ciri, struktur, cara reproduksi virus
Tugas
Galilah informasi mengenai peranan virus bagi kehidupan untuk persiapan pertemuan berikutnya

Pertemuan ke 2

Apersepsi
Tanya jawab tentang  pelajaran terdahulu  (Cara hidup virus)
Kegiatan inti
Melanjutkan diskusi cara reproduksi virus/replikasi, baik secara litik maupun lisogenik pada pertemuan ke 1 dan
Mendiskusikan  peranan virus bagi kehidupan.
Penutup
Menyimpulkan cara replikasi virus cara litik dan lisogenik . Menyimpulkan peranan virus bagi kehidupan.

Tugas
Mencari informasi mengenai  Archaebacteria dan Eubacteria untuk persiapan materi berikutnya (dengan meringkas buku Biologi kelas X D.A.Pratiwi halaman 38 -51)

E. Media Pembelajaran.
-       OHP/Komputer
-       Contoh gambar charta Bacteriofage,
-       Skema gambar daur litik dan lisogenik virus,
-       Contoh gambar penderita penyakit yang disebabkan oleh virus

F. Sumber Belajar
-       Buku penuntun Biologi jilid I SMA untuk kelas X, D.A.Pratiwi dkk. Penerbit Erlangga, internet
-       Encharta reference
-       Referensi-referensi lain yang relevan



G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk  tagihan
Instrumen

  1. Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
  2. Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya.
  3. Menjelaskan cara replikasivirus.
  4. Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan.
  5. menjelaskan peranan virus yang menguntungkan dan merugikan
  6. mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll



Tugas individu dan kelompok
Ulangan

Soal pilihan ganda dan  uraian

Performan
Laporan hasil diskusi

Lembar pertanyaan untuk diskusi

Terlampir


….....................2007
Guru Mapel Biologi

........................
Contoh Instrumen
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
  1. Salah satu sifat dari virus  adalah ....                                                 
    1. Inti selnya bersifat eukariotik
    2. Inti selnya bersifat prokariotik
    3. Sel tubuhnya berbentuk batang
    4. Tidak memiliki protoplasma
    5. Sel tubuhnya berbentuk bola
  2. Virus memperbanyak diri dengan cara ....                                         
    1. Amitosis
    2. Mitosis
    3. Konjugasi dengan virus lain
    4. Menginfeksi sel lain
    5. Pembelahan biner
  3. Medium yang cocok untuk menumbuhkan virus adalah ....              
    1. Ekstraks daging yang didihkan lalu disaring
    2. Telur ayam yang sudah busuk
    3. Bangkai yang sudah lama
    4. Embrio burung yang masih hidup
    5. Ekstraks kentang yang dicampur dengan vitamin dan mineral

  1. Tubuh virus T terdiri atas protein dan asam deoksiribo nukleat. Kemampuan berkembangbiak dalam sel inang ditentukan oleh          
    1. Ukuran tubuhnya yang sangat kecil
    2. Persediaan makanan yang terdapat dalam tubuh virus itu sendiri
    3. Bagian protein dan DNA
    4. Bagian protein
    5. DNA
  2. Bakteriofage, adalah virus yang hidup dalam tubuh bakteri Escherichia coli, berbentuk ....
    1. Huruf S
    2. Huruf T
    3. Batang
    4. Kotak
    5. Bola


Jawablah pertanyaan-pertanyaan beriktut !

1.      Mengapa virus disebut sebagai benda setengah hidup ? Jelaskan !
2.      Gambarlah bakteriofage dan tuliskan bagian-bagiannya !






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                        :  X / gasal

Standar Kompetensi   :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar                   : 
2.2 Men­deskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya 
       dalam kehidupan
Indikator:
  1. Menjelaskan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria
  2. Menjelaskan cara perkembang biakan bakteri.
  3. Menyebutkan peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam  kehidupan
.
Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
  1. Menjeiaskan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria
  2. Menjelaskan cara perkembang biakan bakteri.
  3. Menyebutkan peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam  kehidupan

B. Materi Pembelajaran
o Ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacterla. Organisme bersel tunggal uniselular), prokariotik, umumnya tidak berklorofil, hidup bebas atau sebagai parasit. Umumnya Archaebacteria hidup dilingkungan yang ekstrim (misalnya :mata air panas,kawah,gambut).Dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan. Eubacteria bersifat kosmopolit diberbagai lingkungan. Dinding sel terdiri dari peptidoglikan

o PerkembangbiakanArchebacteria dan Eubacteria berkembangbiak dengan cara membelah diri dipengaruhi oleh kondisi lingkungan seperti nutrisi,suhu dsb.

o Peranan Archebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan.Peran bakteri dalam kehidupan sangat Iuas.Dalam keseimbangan lingkungan berperan pada siklus biogeokimia(Nitrifikasi,denitrifikasi, penambat nitrogen dekomposer), Selain itu juga berperan dalam industri makanan seperti nata decoco, yoghurt,asinan sayur, dan obat-obatan(antibiotik) dan ada yang merugikan karena menimbulkan penyakit seperti kolera, disentri,penyakit kelamin dsb. Kemampuan bakteri dalam menimbulkan penyakit, disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yaitu sebagai senjata biologis, Seperti Bacillus antraxis.



C. Metode Pembelajaran
Diskusi, penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan ke 1

Apersepsi:
Menanyakan kepada siswa ciri-ciri Arkhaebacteria

Kegiatan inti:
-       Diskusi mengenai karakteristik Archaebactaria
-       Pengelompokan Archaebacteria
-        
Penutup : 
menyimpulkan ciri kharakteristik Arkhaebacteria dan klasifikasinya
Tugas membedakan antara Arkhaebacteria dan Eubacteria, menggali informasi mengenai Eubacteria yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan

Pertemuan ke 2
Apersepsi :
-       ciri-ciri Eubacteria, dan peranannya bagi kehidupan
-        
Kegiatan inti:
-       Diskusi mengenai cara perkembangbiakan Eubacteria (paraseksual)
-       Menginventarisasi peran Eubakteri baik yang menguntungkan maupun yang  merugikan.
-        
Penutup:
-       menyimpulkan hasil diskusi cara reproduksi eubacteria
-       Penugasan kepada siswa secara berkelompok untuk membuat nata de coco
-       Tugas mencari perbedaan antara eubacteria dengan Protista, serta mencari ciri-ciri umum Protista

E. Media Pembelajaran.
- Charta Bakteri dan bentuk-bentuknya, OHP, Komputer, CD
- Lembar kerja untuk membuat nata de coco
.
F. Sumber Belajar
Buku penuntun Biologi jilid I SMA untuk kelas X, oleh D.A.Pratiwi dkk. Penerbit Erlangga
Encharta reference
Buku referensi lain yang relevans



G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk  tagihan
Instrumen

  1. Menjelaskan ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria
  2. Menjelaskan cara perkembang biakan bakteri.
  3. Menyebutkan peranan bakteri dalam  kehidupan




Tugas individu dan kelompok
Ulangan

Laporan hasil kerja
Pengamatan sikap
Pilihan ganda, Uraian

terlampir


            …………….,................2007

            Guru Mapel
            .........................

Contoh Instrumen
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
  1. Archaebacteria yang hdup didaerah bersuhu tinggi adalah ....
    1. Metanogenik
    2. Halofil ekstrim
    3. Termofil ekstrim
    4. Halifilik
    5. Termofilik
  2. Berikut adalah perbedaan antara Archaebacteria dan Eubacteria, kecuali ....
    1. RNA ribosomnya
    2. Dinding selnya
    3. Membran selnya
    4.  Membran nukleusnya
    5. kandungan intinya
  3.  Reproduksi bakteri dengan menggunakan jembatan sitoplasma terjadi pada saat ....
    1. paraseksual
    2. konjugasi
    3. transduksi
    4. fragmentasi
    5. pembelahan biner
  4. Tanaman legum sering digunakan sebaga tanaman sela, karena pada akar tanaman tersebut hidup bakteri yang dapa mengikat nitrogen bebas dari udara yang dapat menyebabkan tanah menjadi subur. Contoh spesies bakteri ini adalah ....
    1. Azotobacter
    2. Clostridium
    3. Rhizobium
    4. Nitrosococcus
    5. Nitrobacter
  5. Dalam pembuatan nata de coco dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut, kecuali ....
    1. Ose
    2. Biakaan bakteri
    3. Air
    4. Alat pemanas
    5. Mikroskop


Jawablah pertanyaan pertanyan berikut dengan tepat !
1.      Jelaskan cara perkembangbiakan bakteri secara transformasi
2.      Jelaskan cara pembuatan nata de coco
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                        :  X / gasal

Standar Kompetensi   :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar                   : 
2.3 Menyajikanciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan perannya bagi
       kehidupan.

Indikator:
1.      Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista berdasarkan pengamatan.
2.      Menunjukkan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista
3.      Mengenali Protista berdasarkan ciri morfologinya
4.      Memberi contoh peranan Protista bagi kehidupan

Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
  1. Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista berdasarkan pengamatan.
  2. Menunjukkan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista
  3. Mengenali Protista berdasarkan ciri morfologinya
  4. Memberi contoh peranan Protista bagi kehidupan

B. Materi Pembelajaran
o Ciri-ciri umum Protista. Protista merupakan organisme eukariot uniselular yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (Protozoa), protista mirip tumbuhan (Algae) dan protista mirip jamur (jamur lendir/Slime Mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.
Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendirl Slime Mold) selnya memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina)  atau berflagel (Oomycotina) heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
 • Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) . Alga merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid fikosantin,fikoeritrin,
Ciri-ciri umum Protista mirip hewan (Protozoa) organisme uniselular , soliter atau  berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella
o Peranan protista dalam kehidupan.Peran mengunturgkan antara lain sebagai sumber makanan yang bemilai gizi tinggi sebagai bahan obat-obatan dan kosmetika, pupuk.Peran merugikan dari  protista yaitu menjadi sumber penyebab penyakit (tidur, malaria, keputihan dll).

C. Metode Pembelajaran
Diskusi, penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Apersepsi :
Menjajagi pengetahuan siswa tetang pengertian tentang protista dengan ciri-cirinya

Kegiatan inti :
-       Praktikum labrorat
Dituntun dengan lembar kerja siswa melaksanakan praktikum pengamatan mikroskopis berbagai protista yang diambil dari air kolam/sawah/sungai yang dipredeksi terdapat banyak protista.
-       Diskusi, apa yang mendasari bahwa protista dikelompokkan menjadi tiga golongan ?
-       Melakukan kajian cara reproduksi protista mirip jamur
Penutup:
Membuat laporan hasil pengamatan mikroskopis terhadap berbagai macam  protista  yang ditemukannya dalam praktikum.
Pernahkah kalian makan agar-agar ? dari apakah bahan untuk agar-agar tersebut ?untukmengenal lebih jauh galilah  informasi mengenai protista mirip tumbuhan(Alga) dengan meringkas materi dari buku pegangan siswa

Pertemuan ke 2
Apersepsi
Bertanya kepada siswa tentang pengertian tentang Alga, dan ciri-ciri umum yang dimilikinya
Kegiatan inti:
-       Pengamatan terhadap sediaan alga (alga awetan) yang disimpan di laboratorium atau gambar/charta/film berbagai jenis alga
-       Diskusi-informasi mengenai cara berkembangbiaknya alga (Diatom/Bacilatoriophyceae)
-       Diskusi mengai manfaat alga bagi kehidupan
Penutup
Menyusun laporan hasil pengamatan alga dan hasil diskusi  mengenai cara reproduksi dan manfaaat alga bagi kehidupan.
Pernahkah kalian dengar penyakit malaria, disentri apakah penyebabnya ? Bagaimana cara pencegahannya atau cara pengobatannya ? untuk mengenal lebih jauh angkumlah materi Protozoa dari buku Biologi SMA kelas X. D.A.Pratiwi,dkk hal 72 - 82untuk persiapan kbm berikutnya !

Pertemuan ke 3
Apersepsi :
Pengertian Protozoa, dan klasifikasinya
Kegiatan inti
-       Diskusi-informasi mengenai cara reproduksi baik secara vegetatif maupun generatif  pada Protozoa dan
-       Peranan protozoa bagi kehidupan
Penutup:
Menyimpulkan hasil diskusi mengenai reproduksi dan peranan Protozoa bagi kehidupan.
Tahukah kamu apakah tempe ? terbuat dari apakah tempe tersebut ? untuk mempelajari lebih jauh pelajarilah bab Jamur untuk persiapan kbm selanjutnya
E. Media Pembelajaran.
Laboratorium (Mikroskop, kaca obyek, pipet, medium protista), Komputer
Charta berbagai gambar protista mirip jamur, mirip tumbuhan (Alga) dan mirip hewan (Protozoa)

F. Sumber Belajar
Buku penuntun Biologi jilid I SMA untuk kelas X, D.A.Pratiwi dkk. Penerbit Erlangga
Enchara reference
Referensi-referensi lain yang relevans

G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen

  1. Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista berdasarkan pengamatan.
  2. Menunjukkan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista
  3. Mengenali Protista berdasarkan ciri morfologinya
  4. Memberi contoh peranan Protista bagi kehidupan


L

Tugas individu

Laporanhasil pengamatan
Laporan hasil diskusi
Soal pilihan ganda dan uraian

Terlampir


….. ..,................2007
Guru Mapel Biologi

........................






Contoh instrumen
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.      Berdasarkan hasil pengamatan siswa SMA kelas X didapat organisme dengan bentuk seperti pada gambar berikut. Apakah hewan tersebut ?
a.       Euglena
b.      Paramaecium
c.       Amoeba
d.      Astasia
e.       Sporozoa

2.      Apakah yang menjadi dasar pengelompokan protista menjadi 3 golongan ?
a.       Terdapat tidaknya alat gerak
b.      Jenis makanannya
c.       Kemiripannya
d.      Cara hidupnya
e.       Kebutuhan oksigen
3.      Cara reproduksi yang dilkukan oleh plasmodium adalah ....
a.       Seksual
b.      Aseksual
c.       Membelah diri
d.      Membelah dan seksual
e.       Partenogenesis
4.      Chlorella merupakan salah satu alga yang cukup memperoleh perhatian para ahli sebagai sumber makanan baru, karena mengandung protein, amilum cukup tinggi. Organisme ini termasuk ....
a.       Alga cokelat
b.      Alga merah
c.       Alga biru
d.      Alga hijau
e.       Alga keemasan
5.      Gambar berikut merupakan cara reproduksi pada
a.      Cyaniphyceae
b.      Chlorophyceae
c.       Xantophyceae
d.      Bacillariophyta
e.       Rhodophyta

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat !
  1. Bagan apakah berikut ini. Jelaskan !




  1. Sebutkan peranan Protista yang menguntungkan bagi kehidupan manusia




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                        :  X / gasal

Standar Kompetensi   :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar                   :
2.4 Men­deskripsikan ciri-ciri dan jenis- jenis jamur berdasarkan hasil
       pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi
       kehidupan

Indikator:
  1. Menjelaskan ciri-ciri umum Philum dalam Kingdom Fungi.
  2. Membandingkan reproduksi jamur
  3. Membuat laporan tertulis  hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitamya (dengan foto/gambarya).
  4. Menyajikan data contoh peran jamur bagi  kehidupan
  5. Membandingkan jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi

Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
  1. Menjelaskan ciri-ciri umum Philum dalam Kingdom Fungi.
  2. Membandingkan reproduksi jamur
  3. Membuat laporan tertulis  hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitamya (dengan foto/gambarya).
  4. Menyajikan data contoh peran jamur bagi  kehidupan
  5. Membandingkan jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi

B. Materi Pembelajaran
o Ciri-ciri jamur.
Jamur merupakan organisma  eukariotik, bersifat uniselular atau multiselular, dengan dinding sel dari glukan , mannan, dan kitin, tidak berklorofil, memperoleh nutrisi dengan menyerap, berkembang biak secara aseksual dan seksual.
o Pengelompokan jamur
Jamur dikelompokkan menjadi 4 golongan, antara lain : Zygomycotina membentuk zygospora hasil pembiakan secara kawin; Ascomycotina membentuk spora generatif di dalam askus; Basidiomycotina membentuk spora Spora generatif pada basidium dan umumnya memiliki tubuh buah berukuran besar; Deuteromycotina membentuk spora secara vegetatif dan belum diketahui fase kawinnya.Bentuk pengelompokkan lain pada jamur adalah Khamir(jamur uniselular, memperbanyak diri dengan budding), Kapang (jamur bermiselium), Cendawan (jamur  yang memiliki tubuh buah makroskopis)
o Reproduksi jamur Jamur berkembangbiak dengan tunas (budding) dan spora( vegetatif dan generatif)
o Peranan jamur dalamkehidupan
Peranan jamur dalam kehidupan sangat luas . Jamur berperan dalam keseimbangan lingkungan yaitu sebagai dekomposer, bersimbiosis dengan tanaman tertentu (mikoriza) dalam suplai unsur hara.Jamur juga sangat penting dalam fermentasi makanan dan obat-obatan. Jamur jenis cendawan ada yang beracun dan ada yang dapat dimakan Jamur jenis kapang ada yang menghasilkan aflatoksin. Selain itu jamur juga dapat bersifat parasit pada tumbuhan, hewan, dan manusia.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi, penugasan, praktikum

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1
Apersepsi: menanyakan kepada siswa tentang:
Pengertian tentang jamur, dimana tempat-tempat ditemukannya serta peran jamur bagi kehidupan.
Kegiatan inti:
-       Praktikum laboratorium
Dituntun dengan lks, siswa  menyiapkan dan melakukan pengamatan macam-macam jamur antara lain : jamur pada tape singkong, jamur tempe, jamur yang tumbuh pada nasi/tongkol jagung, jamur merang, dll
-       Diskusi- informasi mengenai cara reproduksi Zigomycotina, Ascomycotina, Basidoimycotina dan Deuteromycotina
Penutup:
-       Menyusun laporan praktikum dari hasil pengamatan berbagai jamur dan hasil diskusi reproduksi jamur
-       Mempersiapkan bahan-bahan untuk praktikum selanjutnya mengenai fermentasi

Pertemuan ke 2
Apersepsi : Menjajagi pegetahuan siswa tentang pengertian tentang  fermentasi, dan bahan-bahan yang dapat difermentasikan
Kegiatan inti:
-       Siswa dituntun dengan lembar kerja untuk melakukan kegiatan untuk membandingkan fermentasi pada ketan hitam dan ketan putih
-       Diskusi-informasi mengenai manfaat/peran jamur bagi kehidupan
Penutup:
Membuat laporan hasil kegiatan setelah fermentasi berlangsung 2 – 3 hari
 Menempel di pepohonan dijumpai adanya warna-warna hijau, warna apa itu? Butlah rangkuman mengenai Plantae dari buku pegangan 

E. Media Pembelajaran.
Laboratorium, berbagai jamur, contoh charta gambar reproduksi jamur ,gambar macam-macam jamur, OHP, Komputer


F. Sumber Belajar
o   Buku penuntun Biologi jilid I SMA untuk kelas X, oleh D.A.Pratiwi. Penerbit Erlangga.
o   Encharta reference
o   Buku referensi lain yang relevans

G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen

  1. Menjelaskan ciri-ciri umum Philum dalam Kingdom Fungi.
  2. Membandingkan reproduksi jamur
  3. Membuat laporan tertulis  hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitamya (dengan foto/gambarya).
  4. Menyajikan data contoh peran jamur bagi  kehidupan
  5. Membandingkan jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi



Tugas individu dan kelompok
Ulangan

Laporan hasil praktikum.
Laporan hasil diskusi

Pilihan ganda uraian

Terlampir


,,,,,,,,...............2007
Guru Mapel Biologi

………………………

Contoh instrumen
Pilihlah salah saatu jawaban yang paling tepat !
  1. Jamur merupakan tumbuhan yang sel-sel penyusun tubuhnya bersifat eukariota. Dinding selnya tersusun dari ....
    1. Selulosa
    2. Protein
    3. Kitin
    4. Lignin
    5. Pektin
  2. Termasuk Devisi apakah jamur yangdiperlihatkan oleh gambar disamping ini  ?
    1. Zygomycotina
    2. Ascomycotina
    3. Basidiomycotina
    4. Deuteromycotina
    5. Myxomycotina
  3. Ascomycotina yang dapat menghasilkan antibiotik pinisilin ialah ....
    1. Penicillium notatum dan Penicillium chryzogenum
    2. Penicillium camemberti dan Penicillium requeforti
    3. Penicillium notatum dan Penicillium requeforti
    4. Penicillium camemberti dan Penicillium notatum
    5. Penicillium chryzogenum dan  Penicillium camemberti
  4. Neurospora crassa adalah jamur yang bermanfaat untuk pembuatan .....
    1. Tape
    2. Oncom
    3. Roti
    4. Kecap]
    5. Alkohol
  5. Peleburan hifa  + dengan hifa _  pada Rhizopus akan menghasilkan .....
    1. Askospora
    2. Basidiospora
    3. Sporangiospora
    4. Zigospora
    5. Konidiospora

Uraian : 1. Sebutkan ciri-ciri umum jamur
              2.Bandingkan dan jelaskan  dengan gambar cara  konjugasi  pada
                 Ascomycotina dan Basidiomycotina.





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : …………………………………………………..
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 2 (dua) 
Standar Kompetensi   : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi dasar                      : 3. 1. Mendeskripsikan konsep keanekaragamn  gen, jenis,
                                                      ekosistem melalui kegiatan pengamatan

Indikator                     :
1. Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman dari   makhluk hidup melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa..
2. Membandingkan ciri keanekaragaman  hayati pada tingkat gen , jenis,dan ekosistem
3. Mengenali berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan
4. Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan
5. Menganalisis tentang akibat yang mungkin timbul akibat perubahan   jumlah dan jenis  kehati terhadap keseimbangan lingkungan


Alokasi waktu             : 4 X 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :
1. Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman dari   makhluk hidup melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa..
2. Membandingkan ciri keanekaragaman  hayati pada tingkat gen , jenis,dan ekosistem
3. Mengenali berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan
4. Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan
5. Menganalisis tentang akibat yang mungkin timbul akibat perubahan   jumlah dan jenis  kehati terhadap keseimbangan lingkungan

B.     Materi Pembelajaran:
1. keanekaragaman  hayati pada tingkat gen . Gen mengekspresikan  berbagai variasi dari satu jenis makhluk hidup, seperti bunga ros merah dengan putih
2.  keanekaragaman  jenis, contoh Sccharomyces sp dengan Rhizopus sp
3. keanekaragaman  ekosistem, terjadi karena adanya komponen abiotik suatu
    lingkungan, misalnya  garis lintang dan bujur, iklim, kelembaban, suhu, keadaan tanah
4. Keanekaragaman ekosistem mengakibatkan keanekaragaman hayati







C.     Metode Pembelajaran
a.       Pengamatan terhadap lingkungan
b.      Diskusi
c.       Tanyajawab
d.      Penugasan

D.    Langkah – langkah kegiatan

            Pertemuan 1
Apersepsi : menyebutkan sifat –sifat morfologi pada selembar daun
Kegiatan inti : Mengadakan  pengamatan terhadap berbagai keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan
Penutup : membuat kesimpulan tentang pengertian keanekaragaman makhluk hidup dan penugasan yakni mencari informasi tentang pengertian dan contoh ekosistem


Pertemuan 2
Apersepsi menanyakan kepada siswa tentang pengertian dan contoh ekosistem
Kegiatan inti :
a.       Mengkaji berbagai gambar/foto/ film bebagai ekosistem di dunia
b.      Diskusi dan menganalisis tentang akibat yang mungkin timbul akibat perubahan   jumlah dan jenis  kehati terhadap keseimbangan lingkungan
         Penutup:
Membuat kesimpulan tentang komponen suatu ekosistem
Membuat kesimpulan tentang akibat yang mungkin timbul akibat perubahan lingkungan dan penugasan.
Penugasan : menggali informasi tentang usaha pelestarian kehati di Indonesia dan kendalanya

                         E. Media Pembelajaran
:
1.      OH P/ Komputer, LCD,vcd player
2.      Gambar/ charta keilmuan, gambar, berbagai  tingkat kehidupan

                               F. Sumber Belajar :
a. Buku Penuntun Belajar biologi . D.A. Pratiwi penerbit Erlangga, Jakarta
b. Internet, majalah Trubus dst
c. Campbel Reece and Mitchel
d. Buku –buku yang relevan







  1. Penilaian:
 
No.
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
1





2.



3.


4.


5.

Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman dari 
makhluk hidup melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa..
Membandingkan ciri keanekaragaman  hayati pada tingkat gen , jenis,dan ekosistem
Mengenali berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan sekitar
Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan
Menganalisis tentang akibat yang mungkin timbul akibat perubahan   jumlah dan jenis kehati terhadap keseimbangan lingkungan


Tugas individu & kelompok
Ulangan
Produk
Unjuk kerja
Laporan hasil pengamatan
Laporan hasil diskusi
Pengamatan sikap
LKS
Soal ulangan
Pilihan ganda dan uraian
(soal terlampir)


                                                                        Klaten,…………………….2007


                                                                        Guru Biologi
                                                                       
                                                                        …………………………………….











Contoh instrumen
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat !
1.Keanekaragaman hayati merupakan keseluruhan penampakan tiap jenis.
      Hal itu didasari oleh….
                   a.            faktor genetik
                  b.            faktor interaksi dengan lingkungan
                   c.            faktor lingkungan
                  d.            faktro habitat
                   e.            faktor genetik dan interaksi dengan lingkungan

2. Pernyataan di bawah ini bukan merupakan ciri vertebrata….
a.       peredaran darah tertutup
b.      memiliki cranium
c.       memiliki eksoskeleton tanpa endoskeleton
d.      alat pencernaan memanjang dari mulut sampai anus
e.       terdiri dari 2 jenis makhluk yang memiliki testis dan ovarium
3.Katak dan ayam adalah satu phylum, tetapi memiliki kelas berbeda. Hal tersebut disebabkan….
a.       jumlah anggota tubuh berbeda
b.      macam simetri tubuh berbeda
c.       jumlah ruang jantung berbeda
d.      macam rangka tubuh berbeda
e.       tempat hidup berbeda
5.Apa yang dapat anda lakukan  agar keanekaragaman hayati fauna Indonesia tidak
   mengalami penurunan ?
                                     a.            mencari ikan di sungai dengan  racun potas
                                    b.            menangkap ikan di laut dengan jala pukat harimau
                                     c.            berburu burung liar
                                    d.            menggalakkan pemakaian bibit unggul
                                     e.            berburu hewan di hutan dengan surat izin berburu/lisensi

6. Apa yang anda lakukan  dalam memahami hakekat sistematik makhluk hidup ?
a.       mencari keanekaragaman makhluk hidup dan kesamaannya
b.      menyiapkan lingkungan makhuk hidup yang cocok
c.       mempelajari habitat makhluk hidup
d.      mempermudah mempelajari makhluk hidup
e.       menyusun takson-takson makhluk hidup

Uraian
1. Saat ini di daerah sumatera akan dibuat proyek jalan Ladia Galaska. Jalan tersebut akan membelah hutan Taman Nasional Gunung Leuser agar membuka daerah yang terisolir. Apa pengaruh proyek ini terhadap keanekaragaman hayati?
2.      Terdapat suatu pulau kecil yang terisolir. Menurutmu bagaimanakah keanekaragaman hewan dan tumbuhan di sana ? Apabila suatu saat ada sekelompok pendatang dengan hewan-hewan peliharaan mereka, bagaimanakah perubahan ekosistem disana ?




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : …………………………………………………..
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 2 (dua)
Standar Kompetensi   : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi dasar       : 3. 2. Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia  dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
                                            
Indikator                     :
1. Memberi contoh.. keanekaragaman hayati Indonesia 
2. Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan
3. Menjelaskan usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia

Alokasiwaktu              : 2 X 45 menit

  1. Tujuan Pembelajaran:
Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :
1. Memberi contoh.. keanekaragaman hayati Indonesia 
2. Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan
3. Menjelaskan usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
.

  1. Materi Pembelajaran:
1. Contoh.. keanekaragaman hayati Indonesia (kekayaan flora,fauna, mikroorganisme) 
2. Hutan hujan tropis sumber plasma nutfah
3. Usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia (insitu & eksitu)


  1. Metode Pembelajaran
                                                            1.      Pengamatan terhadap lingkungan
                                                            2.      Diskusi
                                                            3.      Tanyajawab
                                                            4.      Penugasan

  1. Langkah – langkah kegiatan
 Pertemuan 1
        Apersepsi :
Menanyakan kepada siswa cirri-ciri hutan hujan tropis

Kegiatan inti :
  1. Mengadakan  pengamatan dan mendata  berbagai keanekaragaman makhluk hidup di area tertentu
  2. Membandingkan dengan kelompok lain dan menyimpulkan  tentang kehati di lingkungan siswa
  3. Menganalisis dampak monokultur terhadap kehati
  4. Diskusi hasil penugasan : tentang usaha pelestarian kehati di Indonesia dan kendalanya

Penutup :
1. Membuat kesimpulan hasil diskusi
       2. Penugasan : Untuk materi bab selanjutnya tentang virus:
       TUGAS: Apa yang kamu ketahui tentang Aedes aegepty, Chikunguya dan AIDS ?
       Jelaskan :
  1. tanda-tanda sakit tersebut
  2. penyebabnya
  3. usaha preventif
  4. usaha kuratif
                         E. Media Pembelajaran
1. lingkungan sekolah (kebun, sawah, sungai)
2. OH P/ Komputer, LCD, VCD player
3. Gambar/ charta, gambar, berbagai  pertanian monokultur, hewan/tumbuhan langka
    Gambar hutan hujan tropis

                               F. Sumber Belajar :
a. Buku Penuntun Belajar biologi . D.A. Pratiwi penerbit Erlangga, Jakarta
b. Internet, majalah Trubus dst
c. Campbel Reece and Mitchel
d. Buku –buku yang relevan

G.Penilaian:
                        :
No
          Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen

Memberi contoh.. keanekaragaman hayati Indonesia 
 Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan
  Menjelaskan usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
       
Tugas individu dan kelompok
Produk
Performans
Unjuk kerja
Pengamatan sikap
Soal ulangan
(terlampir)

                                                                        ……………,…………………..2007
                       
                                                                        Guru Biologi
Contoh Instrumen
Flora Malesiana terdiri dari …….
a.       Meranti, durian, matoa dan salak
b.      Jati, durian, mangga, dan conifer
c.       Meranti, salak, lumut kerak, dan rumput.
d.      Lumut kerak, jati, meranti dan konifer.
e.       Durian, jati, lumut kerak dan salak

2. Apa yang dapat anda lakukan  agar keanekaragaman hayati fauna Indonesia tidak
   mengalami penurunan ?
a.       mencari ikan di sungai dengan  racun potas
b.      menangkap ikan di laut dengan jala pukat harimau
c.       berburu burung liar
d.      menggalakkan pemakaian bibit unggul
e.       berburu hewan di hutan dengan surat izin berburu/lisensi


3.Perlindungan alam antropologi adalah
a.       melindungi batuan tertentu
b.      melindungi suku bangsa yang terisolir
c.       melindungi monument alam
d.      melindungi satwa langka
e.       melindungi komunitas hutan tertentu

4.Pertanian monokultur dapat mengganggu keseimbangan lingkungan, yang berakibat...
a. menyuburkan tanah
b. memperbesar biaya
c. menyebabkan hama merajalela
d. menurunkan kesuburan tanah
e. menciptakan bibit unggul


Uraian :
Jelaskan perbedaan antara pelestarian insitu dengan pelestarian eksitu !















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : …………………………………………………..
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 2 (dua)
Standar Kompetensi   : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi dasar       : 3. 3. Mendiskripsikan cirri-ciri Divisio dalam dunia Tumbuhan  dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
                                            
Indikator                     :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae 
2. Membedakan tumbuhan lumut , paku dan biji bedasar cirri-cirinya
3. Menyajikan  data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai
    ekonomi tinggi untuk berbgai kebutuhan
4. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan  tumbuhan lumut, paku dan biji
5. Menemukan peranan  bebagai jenis Plantae  tertentu yang ada
    di lingkungannya  terhadap ekonomi dan lingkungan
.
Alokasiwaktu              :  6 X 45 menit

  1. Tujuan Pembelajaran:
Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae 
2. Membedakan tumbuhan lumut , paku dan biji bedasar cirri-cirinya
3. Menyajikan  data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai
    ekonomi tinggi untuk berbgai kebutuhan
4. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan  tumbuhan lumut, paku dan biji
5. Menemukan peranan  bebagai jenis Plantae  tertentu yang ada
    di lingkungannya  terhadap ekonomi dan lingkungan
.

  1. Materi Pembelajaran:
1.Ciri-ciri umum plantae
2. Tumbuhan lumut
3. Tumbuhan paku
4. umbuhan biji (Spermato phyta )
5. Peranan plantae bagi kelangsungan hidup di bumi

  1. Metode Pembelajaran
                                                                           1.      Pengamatan terhadap tumbuhan
                                                                           2.      Diskusi
                                                                           3.      Tanyajawab
                                                                           4.      Penugasan



  1. Langkah – langkah kegiatan

            Pertemuan 1
Apersepsi :menyebutkan cirri-ciri Plantae (tumbuhan)

Kegiatan inti :
1. mengadakan pengamatan cirri-ciri  pada Lumut, paku dan tumbuhan biji
    Pada alat reproduksinya
Penutup: membuat kesimpulan tentang cirri-ciri plantae
      Tugas : Studi literature secara kelompok dan menulis laporan tentang:
      Reproduksi, klasifikasi dan karakteristik tanaman lumut, paku dan biji

Pertemuan  2
Apersepsi :menyebutkan nama tanaman penghasil obat-obatan
Kegiatan inti :
1. mencari contoh tanaman secara berkelompok dan mendiskusikan peran dan manfaatnya bagi masyarakat
  
Penutup: membuat kesimpulan dalam bentuk tabel tentang nama tanaman dan manfaatnya
      Tugas : Studi literature secara kelompok dan menulis laporan tentang:
      Reproduksi, klasifikasi dan karakteristik tanaman lumut, paku dan biji


                         E. Media Pembelajaran
1. lingkungan sekolah
2. OH P/ Komputer, LCD, VCD player
3. Gambar/ charta, gambar,

                               F. Sumber Belajar :
a. Buku Penuntun Belajar biologi . D.A. Pratiwi penerbit Erlangga, Jakarta
b. Internet, majalah Trubus dst
c. Campbel Reece and Mitchel
d. Buku –buku yang relevan

G.Penilaian:
No
          Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen

Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae 
Membedakan tumbuhan lumut , paku dan biji bedasar ciri-cirinya

Menyajikan  data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan
                         Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan  tumbuhan lumut,  paku dan biji
                             Menemukan peranan  bebagai jenis Plantae  tertentu yang ada  di lingkungannya  terhadap ekonomi dan lingkungan

       
Tugas individu dan kelompok,
Performans
ulangan
Produk, unjuk kerja.
Pengamatan sikap
ulangan
Soal uraian dan pilihan ganda

                                                                        Klaten,…………………………….2007
                                                                        Guru Biologi
…………………………………………
Contoh instrumen
I. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat !
1.      Untuk mengangkut sari-sari makanan, pada tumbuhan lumut menggunakan. ..
  1. pembuluh angkut fasikuler
  2. pembuluh angkut intrafasikuler
  3. pembuluh angkut kolateral
  4. pembuluh angkut konsentris
  5. selapis sel yang bersekat-sekat
2.      Tumbuhan paku yang termasuk jenis paku homospora adalah :
  1. Selaginella
  2. Lycopodium
  3. Marchantia
  4. Spagnum
  5. Equisetum
3. Spora paku yang jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi …
  1. protonema
  2. protalium
  3. sporofil
  4. sporogonium
  5. tanaman paku
4.Bagian tubuh lumut di bawah ini adalah …
  1. 1 = tangkai
2 = bunga
  1. 1 = rizoid
2 = buah
  1. 1 = akar                                                          
2 = kapsul
  1. 1 = kapsul
2 = rhizoid
  1. 1 = akar
2 = biji
II. Pilihlah
A.    Bila hanya (1), (2) dan (3) betul
B.     Bila hanya (1) dan (3) betul
C.     Bila hanya (2) dan (4) betul
D.    Bila hanya (4) betul
E.     Bila (1), (2), (3) dan (4) betul
1.      Tumbuhan berikut yang tergolong Lumut…………………………….
(1)    Sphagnum
(2)    Anthoceros laevis
(3)    Marchantia polymorpha
(4)    Azolla pinata
2.      Pteridofita memiliki ciri-ciri…………..
(1)    Masa hidup gametofit lebih dominan
(2)    Masa hidup sporofit lebih dominan
(3)    Perakaran rhizoid
(4)    Perakaran rhizoma
3.      Jenis tumbuhan berikut tergolong gymnospermae
(1)    Mlinjo
(2)    Pinus
(3)    Damar
(4)    Semanggi
4.      Tumbuhan angiospermae memiliki ciri-ciri
(1)    Ada strobilus
(2)    Pembuahan ganda
(3)    Pembuahan tunggal
(4)    Bunga sejati
5.      Kormofita berspora terdapat pada
(1)    Adianta crenata
(2)    Marsiela crenata
(3)    Marchantia geminata
(4)    Gnetum gnemon

III. Esai
1.      Apakah yang menjadi ciri-ciri lumut secara umum ? Jelaskan !
2.      Apakah perbedaan metagenesis antara lumut dan tumbuhan paku?
3.      Apakah tipe berkas pembuluh pada tumbuhan paku ? Jelaskan artinya  !





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran                        :  Biologi
Kelas/Semester                        :  X / 2
Standar Kompetensi   :  3.   Memahamami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar              :  3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Philum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan.
Indikator:
  1. Mengenal ciri-ciri umum animalia
  2. mengidentifikasi kaarakteristik berbagai Philum anggota Kingdom Animalia
  3. Menyajikan data/gambar, foto deskripsi berbagai invertebrata yang hidup dilingkungan sekitarnya berdasarkan pengamatan.
  4. Mengidentifikasi anggota insekta menggunakan kunci determinasi sederhana.

Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu:
1.      Menyebutkan 5 ciri umum Animalaia
2.      Membedakan organime yang tergolong Animalia dengan yang bukan
3.      Menjelaskan dasar-dasar pengelompokan dunia hewan
4.      Menyebutkan pengelompokan hewan berdasarkan lapisan tubuh
5.      Menyebutkan 10 Philum dalam dunia hewan dengan contoh-contoh hewannya
6.      Membedakan antara kelompok vertebrata dengan invertebrata
7.      Mengenali anggota masing-masing Philum dan Kelas pada dunia hewan berdasarkan ciri-cirinya
8.      Menyebutkan 10 macam manfaat invertebrata bagi kehidupan
9.      Menyebutkan 10 macam manfaat vertebrata bagi kehidupan
10.  Mengidentifikasi anggota insekta menggunakan kunci determinasi sederhana

B. Materi Pembelajaran
- Ciri-ciri umum Animalia
- Invertebrata dan peranannya bagi kehidupan
- Vertebrata dan perannyannya bagi kehidupan

C. Metode Pembelajaran
Diskusi-informasi, Penugasan, Observasi

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Apersepsi : Menyuruh siswa menyebutkan berbagai nama makhluk hidup
Kegiatan inti.
-       Membahas penugasan akhir pada jam pelajaran materi sebelumnya dari perintah soal sebagai berikut. Buatlah tabel pengelompokan hewan-hewan disekitar tempat tinggalmu dalam bentuk CD dan komunijasikan dengan power point didepan teman-teman sekelasmu
-       Menyimpukan bersama dari hasil pengamatan siswa tentang hewan-hewan kearah: (materi dari berbagai literatur Animalia, contoh: Biologi SMA oleh D.A. Pratiwi, dkk halaman 170 s/d 236)
a. Pengelompokan hewan berdasarkan simetri tubuh
b. Pengelompokan hewan berdasarkan lapisan tubuh
c. Pengelompokan hewan berdasarkan vertebrae (tulang belakang)
d. Pengelompokan hewan menjadi 10 Philum berturut-turut: Porifera,  
    Cnidaria, Ctenophora, Platyhelminthes, Nematoda, Annelida,
    Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan Chordata.
- Merangkum ciri khas/karakteristik berbagai philum anggota kingdom
  animalia dari Porifera sampai dengan Chordata.
Penutup.
Penugasan akhir, untuk pertemuan ke 2 berupa tugas rumah perorangan sebagai berikut: Carilah data gambar/foto berbagai invertebrata yang hidup disekitar sekolah anda ! Susunlah pengelompokannya atas philum-philum dalam bentuk tabel !

Pertemuan ke 2

Apersepsi tentang ciri khas dari berbagai philum invertebrata
Kegiatan inti.
-       Mendiskusikan ciri khas chordata dan klasifikasinya.
-       Membandingkan sistem organ dalam tubuh vertebrata(materi dari buku penunjang Biologi SMA, oleh D.A.Pratiwi, dkk halaman 240-241)
-       Merangkum Chordata, contoh dan peranannya bagi manusia

Penutup.
Penugasan akhir untuk pertemuan ke-3 (tugas kelompok), sbb:
Tiap kelompok harus membawa jangkerik, belalang, kecoak dan kupu-kupu untuk mengidentifikasi anggota insekta menggunakan kunci determinasi sederhana.

Pertemuan ke 3
Apersepsi tentang ciri-ciri serangga
Kegiatan inti.
- Menyediakan alat dan bahan
- Melaksanakan observasi dan mendeterminasi serangga.
- Menarik kesimpulan
- Membuat laporan tertulis perorangan.
Penutup.
- Penilaian tertulis, serentak (ulangan)
Penugasan akhir untuk materi bab berikutnya sbb:
Pelajarilah lingkungan ditempat tinggal anda masing-masing. Buatlah dalam bentuk tabel tentang: Komponen biotik, komponen abiotik dan macam-macam ekosistem yang anda jumpai! Jelaskan bahwa dalalm tiap ekosistem terjadi saling hubungan antar komponen.


E. Media Pembelajaran.
Kunci determinasi, insektarium, hewan-hewan insekta, koleksio cangkang mollusca, Cnidaria dan lain-lain. Media elektronik dari radio dan TV, OHP, CD, LCD dan laptop.
.
F. Sumber Belajar
            Buku paket Biologi SMA, Kamus Biologi, Kliping penelitian dari
koleksi kakak-kakak kelas tahun terdahulu
Silabus Biologi
Buku penuntun Biologi jilid I SMA, penerbit Erlangga

G. Penilaian
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen

  1. Mengenal ciri-ciri umum animalia
  2. mengidentifikasi kaarakteristik berbagai Philum anggota Kingdom Animalia
  3. Menyajikan data/gambar, foto deskripsi berbagai invertebrata yang hidup dilingkungan sekitarnya berdasarkan pengamatan.
  4. Mengidentifikasi anggota insekta menggunakan kunci determinasi sederhana

Tugas kelompok, tugas individu, Performan
Tes tertulis serentak

Produk
Tugas rumah
Pengamatan sikap
Pilihan ganda
Isian singkat, Uraian

terlampir

Klaten. ..............2007

Guru Mapel Biologi

           
                                                                                                ............................










Contoh Instrumen :
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat soal dibawah ini !
1.      Dibawah ini ciri-ciri umum animalia, kecuali ....
a.       Multiseluler
b.      Berklorofil
c.       Eukariotik
d.      Heterotrof
e.       Tidak memiliki dinding sel
2.      Hewan-hewan yang bertubuh padat tanpa rongga antara usus dan tubuh terluar, disebut kelompok hewan ....
3.      Sebutkan delapan peran Pisces bagi kehidupan manusia

TUGAS RUMAH ::

1.      Buatlah tabel pengelompokan hewan-hewan disekitar tempat tinggal anda dalam bentuk CD.
2.      Carilah data gambar/foto berbagai invertebrata yang hidup disekitar sekolah anda !. Susunlah pengelompokannya  atas philum-philum dalam benbtuk tabel !
Lakukan identifikasi empat anggota insekta menggunakan kunci determinasi sederhana dengan kelompok kerja anda!. Buatlah laporan hasil kerjanya untuk masing-masing siswa satu anggota insekta yang diidentifikasi (determinasi



























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : ...................................
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   :  4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem                                          perubahanmateri dan energi serta   peranan manusia dalam                                       keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar       : 4.1 Mendiskripsikan peran komponen ekosistem  dalam aliran
                                            energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatn komponen
                                            ekosistem bagi kehidupan
Indikator                                 :
1. Menguraikan komponen ekosistem tertentu
2. Mendiskripsikan hubungan antara komponen  biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya
3. Menganalisis jika terjadi ketidakseimbangan hubungan antara komponen (karena faktor alami dan akibat perbuatan
    manusia)
4.Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem terumbu karang dan laut dalam, menganalisis
   kemungkinan erjadinya ketidak seimbangan jika salah satu komponen musnah

Alokasi Waktu               : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

  1. Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

    1. Menguraikan kompenen ekosistem tertentu
    2. Mendiskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya
    3. Menganalisis jika terjadi ketidakseimbangan hubungan antara komponen (karena faktor alami dan akibat perbuatan manusia)
    4. Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem terumbu karang dan laut dalam, menganalisis kemungkinan terjadinya ketidak seimbangan jika salah satu komponen musnah
B. Materi Pembelajaran    :
    - Komponen ekosistem
      Komponen ekosisten terdiri dari unsur biotik dan abiotik. Dalam ekosistem terjadi interaksi antar unsur biotik
      dan abiotik, serta antara unsur biotik dan biotik lainnya (predasi, simbiosis). Hubungan yang dinamis antara
      usur- unsur tersebut menyebabkan terjadinya keseimbangan lingkungan.
   - Aliran energi
     Aliran energi merupaskan transfer energi dari produsen kek konsumen melalui rantai makanan
   - Daur biogeokimia
     Daur air,karbon,nitrogen,sulfur,fosfor. Dalam daur biogeokimia peran mikroorganismne sangat besar
   
C. Metode Pembelajaran  :
    Observasi, diskusi – informasi, penugasan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang istilah- istilah ekologis
           II.  Kegiatan
           Menyiapkan  alat dan bahan
           Melaksanakan observasi
           Mengamati ,mengukur mencatat hasil pengamatan
           Mengumpulkan data dan menganalisa
           Menarik kesimpulan
                 Membuat laporan sementara dan mengkomuniksikan hasil
           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan  tentang komponen dan macam interaksi dalam ekosistem
                 Penugasan : mengumpulkan informasi tentang ekosistem dinamis dan ekosistem tidak
                 setimbang

            Pertemuan 2:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang rantai  dan jaring-jaring makanan

           II.  Kegiatan inti
                 Mendiskusikan ciri ekosistem dinamis, ekosistem tidak setimbang
                 Menganalisa pengaruh hilang/ berkurangnya  salah satu komponen ekosistem hutan
                 Mendiskusikan dan  mendiskripsikan tentang aliran energi  pada ekosistem terumbu karang
                 (laut dalam )
     Mendiskripsikan peranan mikroorganisme dalam daur biogeokimia


           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan  tentang komponen ekosistem tertentu
                 Penugasan ; mengumpulkan informasi media cetak  tentang kerusakan alam baik karena faktor
                 alam maupun karena aktivitas manusia  dalam bentuk kliping


E. Media Pembelajaran
    - Halaman sekolah
    - Charta daur biogeokimia
    - OHP/komputer/LCD
    - LKS

F.Sumber Belajar
   - Buku Paket Biologi I
   - Buku  Biologi ( penunjang) yang relevan
  
G.Penilaian                         
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
 1.Menguraikan komponen ekosistem
   tertentu
2.Mendiskripsikan hubungan antara
   komponen  biotik danabiotik, serta
   biotik dan biotik   lainnya
3.Menganalisis jika terjadi
   ketidakseimbangan hubngan antara
   komponen (karena faktor alami dan
   akibat perbuatan manusia)
4.Menjelaskan mekanisme aliran
  energi pada ekosistem terumbu
  karang dan laut dalam, menganalisis
  kemungkinan terjadinya ketidak
  seimbangan jika salahsatu komponen
  musnah

Tugas kelompok, tugas individu, Performan
Tes tertulis serentak

Produk
Tugas rumah
Pengamatan sikap
Pilihan ganda
Isian singkat, Uraian

terlampir

                                                                        ……,……………………2007
                                                                       
                                                                        Guru Biologi
    






Contoh instrumen
2.      Organisme berikut yang berperan sebagai dekomposer adalah …
A.    Pteridofita
B.     Briofita
C.     Antofita
D.    Fungi
E.     Alga


3.      Dalam ekosistem kebun terdapat : 1)mamalia karnivor 2) ulat pemakan daun  3) laba-laba  4) kumbang  5) mamalia pemakan serangga
Rantai makanan yang terdapat dalam ekosistem tersebut adalah:
b.      1-2-3-5-4
c.       2-3-4-5-1
d.      2-4-3-5-1
e.       3-4-5-2-1
f.       4-3-2-5-1

4.      Apabila kita telah menyadari akan  selalu adanya pengaruh negatif   
pencemaran, tindakan yang tepat kita lakukan terhadap timbunan
sampah yang ada disekitar kita adalah …
A.    membiarkannya saja
B.     membakar agar segera bersih
C.     memberikan masukan ke pak RT agar diadakan kerja bakti
D.    menghentikan pembuangan sampah ,cari tempat pembuangan baru
E.     bila ada gerakan kebersihan kita harus membantu

Uraian :
Jelaskan dampak yang ditimbulkan apabila terumbu karang di laut mengalami kerusakan, misalnya karena mengambil ikan dengan bahan peledak


















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah             : ...................................
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi    : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem perubahan materi dan energi serta   peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar       : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan
                                            masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian
                                             lingkungan
Indikator                                  :
1. Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan
2. Mengenali perilaku manusia yang tidak ramah/beretikalingkungan
3. Memberikan contoh bahan-bahan polutan
4. Mengenal cara-cara pelestarian lingkungan
Alokasi Waktu               : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

  1. Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

            1.Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan
             2.Mengenali perilaku manusia yang tidak ramah/beretikalingkungan
             3.Memberikan contoh bahan-bahan polutan
             4.Mengenal cara-cara pelestarian lingkungan

B. Materi Pembelajaran    :
    - Peruskan/ pencemaran lingkungan :
      Kerusakan lingkunagn dapat disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Manusia berperan penting dalam
      menjaga keseimbangan lingkungan
    - Pencemaran lingkungan :
      Pencemaran ingkungan adalah berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alami,
      sehingga mutu kualitas lingkunsgn turun sampai tingkat tertentu yang menyebakan lingkungan menjadi
      kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
      Masuknya bahan pencemar atau polutan ke dalam lingkungan tertentu,keberadaannya mengganggu 
      kestabilam lingkungan.
      Berdasarkan tempat terjadinya pecemaran dibedakan pencemaran udara,tanah,air dan suara
    - Pelestarian lingkungan
      Masalah kerusakan lingkungan menjadi perhatian yang serius dari pemerintah karena dampak yang
      diakibatkannya.
      Usaha-usaha telah dilakukan, antara lain oleh pemerintah dengan mengeluarkankebijakan peraturan 
      tentang  penbangunan  (sustainable development) dan pembangunan berwawasan lingkungan
      ( ecodevelopment).
      Masyarakat diharapkan juga berperan dalam upaya- upaya pelestarian lingkungan.

C. Metode Pembelajaran  :
    Diskusi – informasi, eksperimen,  penugasan (kajian literatur)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang dampak kemajuan iptek bagi manusia serta lingkungan
           II.  Kegiatan inti
          Mendiskusikan  tugas kliping tentang kerusakan alam
          Membuat tabel  macam kerusakan alam dan faktor penyebabnya
          Membuat laporan sementara dan mengkomuniksikan hasil melalui kegiatan presentasi
           III. Penutup
                 Merangkum tentang dampak kerusakan lingkungan serta perilaku manusia yang tidak ramah
                 lingkungan
                 Penugasan : mengumpulkan informasi tentang pencemaran dan macam polutan

Pertemuan 2:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang pengaruh polutan terhadap daya dukung alam
           II.  Kegiatan inti
                 Melakukan eksperimen pengaruh pencemaran terhadap daya tahan tubuh ( ikan)
                 Diskusi tentang upaya- upaya pelestarian lingkungan           
           III. Penutup
                 Mengkomunikasikan  tentang dampak  pencemaran terhadap kesetimbangan alam, serta upaya
                 pelestarian lingkungan
                 Penugasan : Mengisi tabel tentang macam- macam limbah  domestik serta alternatif
                 pemanfaatanya kembal ( bila memungkinkan)

E. Media Pembelajaran
    - Kumpulan kliping  tentang kerusakan alam
    - LKS
    - Alat     : tabung reaksi,gelas kimia
    - Bahan : air, ikan,metelyn blue


F.Sumber Belajar
   - Buku Paket Biologi I
   - Buku  Biologi ( penunjang) yang relevan
  
G.Penilaian                        
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
1.Menemukan faktor-faktor penyebab
   terjadinya perusakan lingkungan
2.Mengenali perilaku manusia yang
   tidak ramah/beretikalingkungan
3.Memberikan contoh bahan-bahan
   polutan
4.Mengenal cara-cara pelestarian
  lingkungan

Tugas kelompok, tugas individu, Performan
Tes tertulis serentak

Produk
Tugas rumah
Pengamatan sikap
Pilihan ganda
Uraian

terlampir

                                                                        ……………,……………………….2007

                                                                        Guru  Biologi


                                                                        ………………………………………







Contoh instrument :
1.Setiap hari hutan kita dijarah  yang berakibat udara semakin terasa panas oleh karenanya
      a.   tiap siswa wajib mebawa pohon jati untuk ditanam disekolah
      b.   kita  wajib kejar dan tangkap penjarahnya
      c.    laporkan ke RT bila kita tahu ada orang menebang pohon
      d.    kita bentuk team relawan  kemudian masuk hutan dan mencatat pohon
             yang  ada
      e. kita  seyogyanya membantu penggalaan penanaman sejuta pohon
2.Semakin menurunnya daya dukung lingkungan  juga  disebabkan karena pengaruh aktivitas manusia yang kurang sadar akan arti lingkungan.Menyadari akan hal itu semestinya kita …
      a.   tidak perlu membeli barang baru agar tidak ada limbah
      b.   lahan disekitar rumaha semestinya dipenuhi tanaman hijau agar tidak ada  
            polusi
      c.   mulai belajar dan berperilaku hemat energi
      d.   tidak usah dipedulikan, alam akan normal sendiri
      e.    segera  cari pustaka untuk mengerti situasi alam terbaru  

3.Ujud  kepedulian   kita terhadap lingkungan disekitar  tempat tinggal berupa …
      a.    sering mendengarkan pergunjungan tetangga
      b.    pengembangan hobi sepeda santai
      c.     pembentukan kelompok belajar
      d.    pemanfaatan  uang saku kita secara maksimal  untuk membeli
             tanaman langka yang di lindungi
            e.    sikap hemat energi dan tidak berperilaku konsumtif

4.Gas berikut yang memiliki daya afinitas yang tinggi terhadap Hb dan dapat menyebabkan keracuan adalah :
a.       Hydrogen
b.      Nitrogen
c.       Oksigen
d.      Karbondioksida
e.       karbon monoksida

Uraian :
Tulislah 5 macam limbah yang ada di sekitar rumahmu dan jelaskan cara menyelesaikan masalah tersebut !











Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : ...................................
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem ,perubahan
                                          materi dan energi serta   peranan manusia dalam keseimbangan
                               ekosistem
Kompetensi Dasar       : 4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah

Indikator                                 :
1. Membuat laporan jenis-jenis limbah
2. Mengkatagorikan limbah organik dan anorganik dan sumbernya
3. Menjelaskan jenis limbah bahan beracun(limbah B3)
4. Menjelaskan parameter kualitas limbah
5. Mengidentifikasi jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang
6. Menjelaskan cara memperlakukan limbah pada kegiatyan praktikum

Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )

  1. Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

            1.Membuat laporan jenis-jenis limbah
             2.Mengkatagorikan limbah organik dan anorganik dan sumbernya
             3.Menjelaskan jenis limbah bahan beracun(limbah B3)
             4.Menjelaskan parameter kualitas limbah
             5.Mengidentifikasi jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang
             6.Menjelaskan cara memperlakukan limbah pada kegiatan praktikum

B. Materi Pembelajaran    :
    Limbah dan daur ulang limbah
    Jenis-jenis limbah dapat digolongkan menjadi limbah organik dan anorganik.Limbah organik merupakan
    limbah yang berasal dari bagian organisme, limbah ini secara alami dapat terurai melaluiproses alam. Limbah
    anorganik relatif sulitdan memerlukan waktu yang lama untuk terurai.
    Untuk mengurangi semakin meningkatnya jumlah limbah yang terbuang ke dalam lingkungan dapat dilakukan
    dengan cara daur ulang limbah menjadi bahan yang lebih berguna, terutama limbah anorganik.Limbah
    organik dapat dimanfaatkan menjadi pupuk dan sumber energi alternatif(biogas)

C. Metode Pembelajaran  :
    Diskusi – informasi, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan 1:
            I.   Pendahuluan
                 Apersepsi tentang Sumber Daya Alam serta Limbah
           II.  Kegiatan inti
          Mendiskusikan  tugas pengisian tabel macam-macam limbah domestik
          Membuat pengelompokkan jenis limbah  yang disertai contohnya
          Melakukan seleksi, mengidentifikasi jenis limbah yang dapat didaur ulang
          Mendiskusikan penanganan  limbah terkait dengan upaya  pelestarian lingkungan
          III. Penutup
                 Merangkum tentang jenis limbah, macam limbah yang berbahaya
                 Penugasan : mengumpulkan  limbah yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan kembali
           
E. Media Pembelajaran
    - LKS
    - OHP/LCD
    - Macam-macam limbah rumah tangga

F.Sumber Belajar
   - Buku Paket Biologi I
   - Buku  Biologi ( penunjang) yang relevan

  
G.Penilaian                        
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
 1.Membuat laporan jenis-jenis limbah
 2.Mengkatagorikan limbah organik
   dan anorganik dan sumbernya
 3.Menjelaskan jenis limbah bahan
    beracun(limbah B3)
 4.Menjelaskan parameter kualitas
   limbah
 5.Mengidentifikasi jenis limbah yang
   mungkin dapat di daur ulang
 6.Menjelaskan cara memperlakukan
    limbah pada kegiatan praktikum

Tugas kelompok, tugas individu, Performan
Tes tertulis serentak

Produk
Tugas rumah
Pengamatan sikap
Pilihan ganda
Isian singkat, Uraian

terlampir


1.Proses berikut dapat untuk mengurangi  jumlah limbah padat, kecuali …
A.    dibakar dengan peralatan khusus
B.     ditimbun dalam lubang
C.     dicairkan lalu dilarutkan dalam air
D.    di daur ulang
E.     dimanfaatkan kembali sedapatnya

2.Organisme yang sering berperan sebagai parameter pencemaran air adalah :
F.      Amoeba proteus
G.    Nitrosomonas
H.    Eschercia coli
I.       Spirogyra
J.       Euchema spinosum

3.Sesudah selesai melakukan praktikum  tentang perkecambahan. Langkah apakah yang sebaiknya dilakukan oleh para siswa tersebut terhadap limbah hasil praktikum ?
A. Punguti dan buang ke tempat sampah
B. Biarkan berada di meja praktikum
C. Lapor  kepada petugas kebersihan
D. Dibakar biar tidak kotor
E. Di buang di sembarang tempat  

Uraian :
1Bagaimana kalian dapat membuktikan bahwa air tercemar cenderung memiliki kadar oksigen rendah ?
2.Buatkah rencana kerja untuk membuktikan  eksperimenmu, bahwa pencemaran bersifat merugikan dalam kehidupan organisme,khususnya manusia





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : ...................................
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem ,perubahan
                                          materi dan energi serta   peranan manusia dalam keseimbangan
                                           ekosistem
Kompetensi Dasar       : 4.4 Membuat produk daur ulang limbah

Indikator                                 :
1. Memilih bahan dan desain produk yang akan dibuatnya
2. Mempersiapkan alat dan bahan sesuai keperluan yang direncanakan
3. Dihasilkan produk baru yag berguna dari bahan utama berupa limbah

Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )

  1. Tujuan Pembelajaran :

Setelah melaksanakan proses pembelajaran , siswa mampu :

            1.Memilih bahan dan desain produk yang akan dibuatnya
             2.Mempersiapkan alat dan bahan sesuai keperluan yang direncanakan
             3.Dihasilkan produk baru yag berguna dari bahan utama berupa limbah

B. Materi Pembelajaran    :
    Mendesain produk
    Membuat rancangan produk daur ulang limbah yang berasal dari limbah rumah tangga, seperti kertas
     koran,kaleng,kardus dsb.
    Memilih alat dan bahan
    Merancang alat- alat dan bahan yang diperlukan untuk mewujudkan desain produk yang dibuat
    Membuat produk
    Membuat produk sesuai dengan rancangan, alat dan bahan yang disiapkan

C. Metode Pembelajaran  :
    Unjuk kerja (praktek)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan 1:
            I.  Pendahuluan
                Apersepsi tentang limbah dan pemanfaatannya kembali
           II.  Kegiatan inti
          Mendesain produk
          Pemilihan alat dan bahan yang sesuai
          Pembuatan produk
           III. Penutup
                 Menunjukkan/memperagakan produk baru hasil daur ulang limbah
                 Penugasan : Mengerjakan soal- soal latihan  semesteran
    
      E. Media Pembelajaran
    - LKS
    - OHP/LCD
    - Macam-macam limbah rumah tangga (kertas koran, kaleng, kardus dsb )
    - Alat ( sesuai dengan desain  produk ) : Gunting,pisau,penggaris,pewarna dsb
    - Bahan : lem, benang ( sesaui dengan desain produk)

F.Sumber Belajar
   - Buku Paket Biologi I
   - Buku  Biologi ( penunjang) yang relevan

G.Penilaian                        
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Instrumen
 1.Memilih bahan dan desain produk
    yang akan dibuatnya
 2.Mempersiapkan alat dan bahan
   sesuai keperluan yang direncanakan
 3.Dihasilkan produk baru yang
    berguna dari bahan utama berupa
    limbah

Tugas kelompok, tugas individu, Performan
Tes tertulis serentak

Produk
Tugas rumah
Pengamatan sikap
Pilihan ganda
Isian Uraian

terlampir

                                                                        ………,……………..2007

                                                                        Guru Biologi

                                                                        ………………………………….










Contoh instrument:
Bila di lingkungan rumahmu terdapat  berbagai barang bekas dalam kondisi  masih baik dan bersih seperti:
A.    Koran
B.     Kardus karton
C.     Kaleng-kaleng minuman
D.    Bolam  kaca berukuran besar
E.     Botol plastik minuman
Manfaatkan limbah tersebut menjadi barang yang lebih berguna, langkah-langkah yang harus kalian lakukan adalah:
1. Pilihlah satu jenis limbah diatas
2. Buatlah desain perencana barang yang akan dibuat
3. Tulislah saran dan prasarana pendukung
4. Tuliskan urutan kerjanya