RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan : Siswa mampu menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
· Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
II. Materi Ajar
· Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati gejala keanekaragaman · Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan · Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan | · Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan · Diskusi mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati · Diskusi mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem | · Siswa dapat Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati · Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati · Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mengamati keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
· Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
· Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
· Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
· Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
· Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.
II. Materi Ajar
· Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
· Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
· Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
· Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
· Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Membaca peta tipe keanekaragaman flora · Membaca peta tipe keanekaragaman fauna · Mendeskripsikan ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia · Mengumpulkan informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan dan dilindungi · Mengumpulkan informasi berbagai cara konservasi untuk melindungi flora dan fauna dari kepunahan. | · Diskusi pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Diskusi tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia · Diskusi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya · Tugas membuat kliping tentang organisme khas daerah | · Siswa dapat Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Siswa dapat Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia · Siswa dapat Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan · Siswa dapat Membedakan pelestarian in-situ dan e-ksitu |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
I. Alat/ Bahan/ Sumber
a. Buku kerja Biologi 1A, Esis
b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah
II. Penilaian
· Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
· Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
· Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
· Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri umum dunia tumbuhan
· Klasifikasi tumbuhan
· Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Peranan Bryophyta bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji · Menggambar struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta | · Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan paku | · Siswa dapat Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru bersama siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mengamati tumbuhan lumut secara berkelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan lumut
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta) | · Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan | · Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mengamati tumbuhan paku secara berkelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan paku
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 7
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
· Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
· Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta) | · Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga | · Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia |
IV. Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
· Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan berbiji
· Loupe
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
· Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
· Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
· Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
II. Materi Ajar
· Ciri umum dunia hewan
· Dasar klasifikasi dunia hewan
· Klasifikasi dunia hewan
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati beberapa contoh kelas hewan | · Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya | · Siswa dapat Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan |
IV. Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 10 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal
· Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mengumpulkan laporan pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
· Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1.Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
· Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
· Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
· Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
· Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia
II. Materi Ajar
· Pengertian ekologi sebagai ilmu
· Ekosistem dan komponen penyusunnya
· Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
· Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
· Berbagai interaksi dalam ekosistem
· Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
· Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
· Daur biogeokimia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi · Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik · Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar · Menemukan ekosistem dan batas-batasnya · Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem | · Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu · Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya · Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem | · Siswa dapat Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu · Siswa dapat Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru membagi kelas menjadi enam kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
· Ekosistem yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
· Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
· Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
· Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
· Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
· Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
II. Materi Ajar
· Keseimbangan lingkungan
· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
· Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Penanganan limbah dengan cara daur ulang
III. Metode Pembelajarn
· Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia · Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia · Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme · Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan | · Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan · Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya · Melakukan eksperimen tentang pencemaran | · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia · Siswa dapat Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu · Siswa dapat Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme · Siswa dapat Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan · Siswa dapat Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Siswa dapat Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang |
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
· Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
· Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.
Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti (65 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa membuat perlakuan eksperimen.
· Siswa melakukan pengamatan.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (15 menit)
· Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
· Beberapa aktivitas manusia
· Bahan untuk daur ulang kertas
VI. Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Biologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |