Welcome to Lampoh tuha

Selasa, 13 Maret 2012

Silabus berkarakter SMA kelas X Semester 1

bisa juga download disini


SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                             : 

MATA PELAJARAN                         :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER              :  X/I

STANDAR KOMPETENSI   :  1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu

ALOKASI WAKTU               :  4 x 45  menit



 

Kompetensi dasar

 

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

·         Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi














·         Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma










·   Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi
·   Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·   Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
·   Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup





·   Menyebutkan objek biologi
·   Menyebutkan permasalahan biologi
·   Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi
·   Mendeskripsikan cabang ilmu biologi berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya.
·   Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi
·   Membuat makalah

·   Pengertian Biologi sebagai ilmu
·   Ciri-ciri makhluk hidup











·   Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.  Objek
2.   Permasalahan
    3.   Tingkat organisasi

1. Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

a.   Jujur
b.   Kerja keras
c.    Toleransi
d.   Rasa ingin tahu
e.    Komunikatif
f.    Menghargai prestasi
g.    Tanggung Jawab
h.   Peduli lingkungan



i.     Jujur
j.     Kerja keras
k.   Toleransi
l.     Rasa ingin tahu
m. Komunikatif
n.   Menghargai prestasi
o.   Tanggung Jawab
p.   Peduli lingkungan

q.   Percaya diri
r.     Berorientasi tugas dan hasil













s.    Percaya diri
t.     Berorientasi tugas dan hasil


·   Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup














·   Diskusi mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan
·   Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi
·   Tugas mengumpulkan  informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya

·   Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·   Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup











·   Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·   Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
·   Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
·   Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

·   Jenis tagihan:
Uji kompetensi  tertulis

·   Instrumen peninalian:
    Soal uji kompetensi tertulis







·   Jenis tagihan:
·     Uji kompetensi  tertulis
·      Makalah

·   Instrumen penilaian:
2   Soal uji kompetensi tertulis
3   Lembar penilaian makalah




1  45 Menit















3  45 menit

·   Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis,
·   Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis, Bab I
·   Makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah




·   Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis
·   Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB I
·   Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

Mengetahui                                                                                                                    2011
Kepala Sekolah                                                                                                           Guru




NIP.                                                                                                                            NIP.  

SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                             :   

MATA PELAJARAN                         :  BIOLOGI

KELAS/SEMESTER              :  X/I

STANDAR KOMPETENSI   :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

ALOKASI WAKTU               :  14  45 menit

 

Kompetensi dasar

Kompetensi sebagai Hasil Belajar


Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif

Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
2.1 Mendeskripsi-kan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan



























2.2     Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
















2.3     Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan



















2.4     Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
o    gi




o     
u.   Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup.
v.   Menggambar struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis
w.  Memberi nama bagian-bagian tubuh virus
x.   Mengurutkan proses-proses reproduksi virus
y.   Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia
z.    Membuat kegiatan tentang virus










aa.                Menggambar sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis
bb.                Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel bakteri
cc. Mengelompokkan Eubacteria
dd.                Membuat tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria
bb.                Membuat produk olahan bahan makanan dengan menggunakan bakteri


ff.  Mengamati jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop
gg. Menggunakan mikroskop
hh.                Membuat preparat
ii.    Menggambar Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista
jj.   Mendeskripsikan ciri-ciri Protista
kk.                Megenlompokkan  Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati
ii.    Mengumpulkan informasi tentang Protista 



mm.            Mengamati struktur jamur
nn.                Menggambar struktur tubuh jamur
oo.                Mengelompokkan jamur
mm.            Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
nn.                Membuat produk makanan menggunakan jamur

rr.   Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
pp.                Ciri-ciri  virus meliputi :
1.   Ciri benda mati virus
2.   Ciri hidup virus
tt.   Struktur tubuh virus
uu.                Cara reproduksi virus
ss.  Peran virus bagi manusia meliputi :
1.    Peran yang    menguntungkan
    2.    Peran yang merugikan

a.  Pengertian prokari E
b.  Ciri-ciri Eubacteria



·    Bentuk sel dan koloni Eubacteria
·    Struktur sel Eubacteria
·    Cara hidup Eubacteria
·    Reproduksi bakteri
c.   Klasifikasi Eubacteria
d.  Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria
e.   Contoh-corntoh archaebacteria
f.   Peranan bakteri bagi manusia




  Ciri-ciri Protista meliputi:
·     Protista yang  menyerupai tumbuhan.
·     Protista yang menyerupai hewan
·     Protista yang menyerupai jamur
·      Peranan Protista bagi manusia meliputi:
·    Peranan yang mengutungkan
·    Peranan yang merugikan



 Ciri-ciri jamur meliputi:
·    Ciri struktur
·    Cara hidup
tt.   Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
·    Spora aseksual
·    Spora seksual
·    Klasifikasi jamur
·    Peranan jamur bagi manusia
·    Proses produksi yang memanfaatkan jamur
xx.                Jujur
yy.                Kerja keras
zz. Toleransi
aaa.             Rasa ingin tahu
bbb.             Komunikatif
ccc.              Menghargai prestasi
ddd.             Tanggung Jawab
eee.              Peduli lingkungan



















fff.                Jujur
ggg.              Kerja keras
hhh.             Toleransi
iii.  Rasa ingin tahu
jjj. Komunikatif
kkk.             Menghargai prestasi
lll.  Tanggung Jawab
mmm.       Peduli lingkungan












nnn.             Jujur
ooo.             Kerja keras
ppp.             Toleransi
qqq.             Rasa ingin tahu
rrr. Komunikatif
sss.                Menghargai prestasi
ttt. Tanggung Jawab
uuu.             Peduli lingkungan















vvv.             Jujur
www.          Kerja keras
xxx.             Toleransi
yyy.             Rasa ingin tahu
zzz.              Komunikatif
aaaa.         Menghargai prestasi
bbbb.         Tanggung Jawab
cccc.           Peduli lingkungan



dddd.         Percaya diri
eeee.           Berorientasi tugas dan hasil



























ffff.             Percaya diri
gggg.           Berorientasi tugas dan hasil



















hhhh.         Percaya diri
iiii. Berorientasi tugas dan hasil
























jjjj.               Percaya diri
kkkk.         Berorientasi tugas dan hasil

llll. Diskusi prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
mmmm. Mengamati dan  menggamti struktur tubuh virus
nnnn.         Diskusi ciri-ciri virus
oooo.         Menggambar skema reproduksi virus
pppp.         Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia
hhhh.         Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya

rrrr.               Pengamatan bentuk bakteri (Kegiatan 4..1)


ssss.             Diskusi ciri-ciri struktur Eubacteria
tttt.               Pengamatan bentuk-bentuk Cyanobacteria (Kegiatan 4.2)
uuuu.         Diskusi ciri-ciri Archaeobacteria
vvvv.         Diskusi peranan bakteri bagi manusia
nnnn.         Praktek pembuatan yoghurt (Kegiatan 4.4)





xxxx.         Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam
yyyy.         Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista
zzzz.           Diskusi tentang klasifikasi Protista yang diamati
rrrr.               Tugas mengumpulkan informasi tentang protista










bbbbb.      Praktikum pengamatan jamur
ccccc.        Menggambar struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan
I.  Diskusi sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan
uuuu.         Surevi/kunjungan ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll
eeeee.        Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
fffff.           Mendeskripsikan ciri-ciri virus
ggggg.        Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
hhhhh.      Menggambar skema reproduksi virus
iiiii.                Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
jjjjj.             Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya














kkkkk.      Menjelaskan pengertian prokariot
lllll.                Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria
mmmmm.                    Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
nnnnn.      Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
ccccc.        Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia








ppppp.      Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur
qqqqq.      Mengelompokkan contoh Protista yang diamati
fffff.           Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia














sssss.           Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
ttttt.             Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
uuuuu.      Membedakan spora aseksual dan seksual
jjjjj.             Memberikan  alassan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya
·    Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamu
·   Jenis tagihan:
1.   Uji kompetensi tertulis
2.   Makalah
·   Instrumen penilaian:
·    Soal uji kompetensi tertulis
·    Lembar penilaian



















kkkkk.      Jenis tagihan:
Laporan  hasil praktikum pengamatan bakteri
Uji Kompetensi tertulis
·   Instrumen penilaian:
1.  Lembar penilaian laporan hasil praktikum
2.   Soal uji kompetensi tertulis






  Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil pengamatan praktikum
2.   Uji kompetensi tertulis
3.   Makalah
 Instrumen        penilaian:
1.   Lembar observasi kegiatan praktikum
2.   Lembar penilaian laporan  hasil praktikum
3.   Lembar penilaian makalah
4.   Soal uji kompetensi tertulis

  Jenis tagihan:
1.   Laporan hasil pengamatan
2.   Uji kompetensi tertulis
   Instrumen penilaian:
1.   Lembar observasi praktikum
2.   Lembar penilaian laporan hasil praktikum
3.   Soal uji kompetensi tertulis
2  45 menit
























4  45 menit



























4  45 menit
























4  45 menit
·  Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·  Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB II dan Bab III
·  Berbagai informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkan virus













·  Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·  Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB IV
·  Biakan bakteri
·  Air kolam
·  Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup









·  Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·  Buku Biologi X, Dyah Aryulina, dkk, Bab X
·  Air kolam
·  Mikroskop, kaca obyek, dan kaca penutup
·  Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)
·  Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
·  Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV
·   Contoh jamur
·  Bahan-bahan pembuat tempe dan tape

Mengetahui                                                                                                                    2011
Kepala Sekolah                                                                                                           Guru




NIP.                                                                                                                            NIP.