Welcome to Lampoh tuha

Senin, 12 Maret 2012

RPP Biologi Berkarakter Kelas XII Semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :   
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                 : 27
Alokasi Waktu           : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar    : 4.1    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan                       : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·        Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·        Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.  Materi Ajar
·        Hipotesis asal usul kehidupan
·        Teori evolusi Darwin

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan adanya gejala keanekaragaman
·     Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman hayati
·     Menggambar skema teori evolusi Darwin
·     Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
·     Membaca buku untuk menyusun peta konsep
·     Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup
·     Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis
·     Diskusi memahami teori evolusi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan
·     Siswa dapat  Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·        Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
      ·    Uji kompetensi tertulis

                                                                                                            2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP :                                                                                       NIP.  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                 : 28 dan 29
Alokasi Waktu           : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar     : 4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan                        :       Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·        Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·        Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·        Menerapkan hukum Handy-Weinberg

II.    Materi Ajar
·        Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·        Teori evolusi biologi dan kimia
·        Hukum Hardi-Weinberg

III. Metode pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia
·   Menjelaskan berbagai bukti evolusi
·   Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia
·     Diskusi percobaan Harold Urey
·     Diskusi hukum Hardy-Weinberg
·     Menonton VCD tentang evolusi
·     Siswa dapat  Menujukkan bukti-bukti evolusi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·     Siswa dapat  Menerapkan hukum Hardy-Weinberg

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
·        Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil. (nilai yang        ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.      Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi. (nilai yang     ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang            ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg. (nilai yang   ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya). (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP :                                                                                       NIP.  





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                 : 30
Alokasi Waktu           : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar    : 4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Tujuan                                : Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
                 
I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·        Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·        Menjelaskan teori evolusi netral

II.  Materi Ajar
·        Mutasi DNA dan dampaknya
·        Teori evolusi netral
·        Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi
·     Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam
·     Diskusi teori evolusi, netral
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·     Siswa dapat  Menjelaskan teori evolusi netral





III. Langkah-Langkah Pembelajaran
   Pertemuan 30 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin. (nilai yang     ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2. (nilai yang            ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
·         Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)


VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP :                                                                                       NIP.  





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                 : 31, 32, 33
Alokasi Waktu           : 6 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 5.   Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi  serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar     : 5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Tujuan                        :       Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·        Menjelaskan pengertian bioteknologi
·        Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·        Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·        Membuat produk bioteknologi tradisional
·        Mengekstraksi DNA

o   Materi Ajar
·        Pengertian bioteknologi
·        Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·        Rekayasa genetika  

III. Metode pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional
·     Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi
·     Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern
·     Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi
·     Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA
·     Siswa dapat  Menjelaskan pengertian bioteknologi
·     Siswa dapat  Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·     Siswa dapat  Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·     Siswa dapat  Membuat produk bioteknologi tradisional
·     Siswa dapat  Mengekstraksi DNA

IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.
      ·    Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi
B.     Kegiatan awal (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·          Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);


C.     Kegiatan inti (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1. (nilai yang         ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 32 (2 × 45 menit)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B.  Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan. (nilai yang          ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (30 menit)
·         Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 33 (2 × 45 menit)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
      ·    Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
      ·    Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa mengamati hasil eksperimen.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
      ·    Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
      ·    Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan. (nilai yang   ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
      ·    Siswa mengumpulkan laporan hasil. (nilai yang         ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/bahan/sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis    
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis




VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis
            ·    Laporan hasil kegiatan


                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP :                                                                                       NIP.  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah              :   
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                 : 34
Alokasi Waktu           : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 5.   Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar     : 5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
Tujuan                          :        Siswa mempu menjelaskan peran dan hasil-hasil bioteknologi. (nilai yang         ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·        Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·        Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika

II.    Materi Ajar
·        Tanaman transgenik dan dampaknya

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi-Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya
·     Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya
·     Diskusi Salingtemas
·     Membuat kliping
·     Siswa dapat  Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·     Siswa dapat  Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (15 menit)
      ·    Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
      ·    Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas.         
B.     Kegiatan iinti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·          Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok. (nilai yang       ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan diskusi. (nilai yang     ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (15 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah. (nilai yang       ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah Aryulina, Esis    
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·         Laporan diskusi Salingtemas
·         Tugas fiksi ilmiah
                       
                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP :                                                                                       NIP.