Welcome to Lampoh tuha

Senin, 12 Maret 2012

RPP Biologi Berkarakter Kelas XI Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran          :           Biologi

Kelas / Semester        :           XI (Sebelas)/ 2

Pertemuan                 :           1, 2, dan 3

Alokasi Waktu           :           5 jam pelajaran

Standar Kompetensi :           3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

 

Kompetensi Dasar    :           3.3       Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)

 

Tujuan                       : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Karakter siswa yang diharapkan  : 

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

 

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

  

I.          Indikator Pencapaian Kompetensi

Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana

Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh.

Menghubungkan  struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia

Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.

Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar

Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata

 

II.        Materi Ajar

Zat gizi dan fungsinya bagi manusia

Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan

Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi:

1.         Saluran pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar

2.         Kelenjar pencernaan: lambung, hati, pankreas, kelenjar usus

Proses pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia

Sistem pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia (memamah biak)

Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia

 

III. Metode Pembelajaran

Diskusi-Pengamatan-Penugasan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Praktek menguji makanan

Praktek tentang enzim dan kerja enzim

Mengidentifikasi sistem pencernaan makanan manusia

Mengamati sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata

Membuat peta konsep sistem pencernaan makanan  manusia

Melakukan pengujian kandungan gizi pada bahan makanan

Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan manusia.

Menggambar struktur sistem pencernaan makanan hewan vertebrata

Membandingkan struktur sistem pencernaan makanan  pada berbagai hewan vertebrata

Siswa dapat Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana

Siswa dapat Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh

Siswa dapat Menghubungkan  struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia.

Siswa dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.

Siswa dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar.

Siswa dapat Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata

 

 

 

IV.       Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

 

A.        Kegiatan awal (10 menit)

Guru meminta siswa mengidentifikasi zat-zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan yang biasa dimakan siswa.

Siswa mengidentifikasi beberapa zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan.

Guru menjelaskan bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan zat gizinya dengan Kegiatan 6.1. Tes bahan makanan.

Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk pengujian bahan makanan.

 

B.        Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Guru mendemonstrasikan pengujian dengan benedict, iod, dan biuret untuk reaksi positif yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa melakukan tes terhadap beberapa bahan makanan yang tersedia dengan tes benedict, iod, dan biuret. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa mencatat hasil pengujian, kemudian menyimpulkan kadungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Siswa mengembalikan alat dan bahan yang digunakan dan membersihkan meja kerja. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa menjawab pertanyaan diskusi dilanjutkan mengidentifikasi zat-zat gizi lain dan fungsinya bagi tubuh. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

 

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

 

C.        Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa mengumpulkan laporan hasil praktek. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

 

A.        Kegiatan awal (10 menit)

Guru meminta siswa mempersiapkan praktek Kegiatan 6.3.

Siswa mengambil alat dan bahan praktikum.

 

B.        Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa melaksanakan Kegiatan 6.3 dan mengamati hasilnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

 

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

C.        Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

A.        Kegiatan awal (5 menit)

Guru meminta siswa membaca buku teks dan mengumpulkan informasi tentang sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan menyusunnya menjadi tabel perbandingan.

 

B.        Kegiatan inti (35 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Dengan diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

 

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

 

 

C.        Kegiatan akhir (5 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

IV.       Alat/Bahan/Sumber

Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono Ps , Esis

Buku Biologi jilid XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI

Beberapa bahan makanan

Tabung reaksi

Rak tabung reaksi

Pembakar spiritus

Regen biuret, iod, dan benedict

 

V.        Penilaian

            ·          Laporan hasil praktik uji makanan

            ·          Laporan hasil praktik enzim dan kerja enzim

            ·          Uji kompetensi tertulis

 

 

                                                                                                                                                                                                2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                           

NIP                                                                                         NIP.

 

 

 

 

 

 

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran          :           Biologi

Kelas / Semester        :           XI (Sebelas)/ 2

Pertemuan                 :           4, 5, dan 6

Alokasi Waktu           :           5 jam pelajaran

Standar Kompetensi :           3.         Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia  dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

 

Kompetensi Dasar    :           3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)

 

Tujuan                       :           Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta             kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan. (nilai    yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,   Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli        lingkungan);

 

Karakter siswa yang diharapkan  : 

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

 

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

             

Indikator Pencapaian Kompetensi

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia

Menjelaskan proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia

Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru

Menjelaskan proses pertukaran gas 

Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia

Mengamati sistem pernapasan pada  hewan vertebrata

Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.

 

Materi Ajar

Organ-organ dan fungsinya  pada sistem pernapasan manusia meliputi:

1.         Hidung

2.         Saluran pernapasan

3.         Paru-paru

Mekanisme  pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia

Volume-volume udara yang dipernapaskan

Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia

Sistem pernapasan  pada hewan vertebrata

Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia.

Metode Pembelajaran

Studi membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mengidentifikasi struktur dan fungsi pada sistem  pernapasan manusia

Mengukur volume udara pernapasan

Mengamati sistem respirasi ikan dan serangga

Membuat peta konsep sistem pernapasan manusia

Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia.

Membedah hewan untuk diamati sistem pernapasan nya

Siswa dapat Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia

Siswa dapat Menjelaskan proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia

Siswa dapat Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru

Siswa dapat Menjelaskan proses pertukaran gas

 

Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

 

A.        Kegiatan awal (10 menit)

Guru meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan pengertian bernapas.

 

B.        Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Dengan memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Guru meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan perut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Guru meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru, kemudian memintanya memperagakannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Guru memperagakan  mengukur kapasitas paru-paru dengan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

 

 

C.        Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan  5 (2 jam pelajaran)

A.        Kegiatan awal (10 menit)

Guru menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa

Guru menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2

 

B.        Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Guru meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari baku. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

C.        Kegiatan akhir

Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A.        Kegiatan awal (5 menit)

Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.

Siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum.

 

B.        Kegiatan inti (35 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa membedah ikan untuk mendapatkan insangnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung

Jawab, Peduli lingkungan.);

 

 C.       Kegiatan akhir (5 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Alat /Bahan/Sumber

Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis

Buku Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab VII

Ikan dan kecoa

 

Penilaian

·          Laporan hasil pengamatan sistem perapasan hewan

            ·          Uji kompetensi tertulis

 

 

                                                                                                                                                                                                2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                           

NIP                                                                                         NIP.

 

 

 

 

 

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran          :           Biologi

Kelas / Semester        :           XI (Sepuluh)/ II

Pertemuan                 :           7, 8, dan 9

Alokasi Waktu           :           6 jam pelajaran

Standar Kompetensi :           3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

 

Kompetensi Dasar    :           3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)

Tujuan                      :           Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta             kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,   Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli        lingkungan);

Karakter siswa yang diharapkan  : 

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi

Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine

Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada alat ekskresi manusia

Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi

Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi

Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi

Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi dalam tubuh manusia

Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan

Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan

 

Materi Ajar

Pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi

Organ-organ ekskresi pada manusia dan fungsinya antara lain:

Ginjal 3.         Kulit

Paru-paru      4.         Hati

Proses pembentukan urine 

Kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi manusia

Sistem ekskresi hewan

Metode Pembelajaran

Diskusi- Penugasan- Pengamatan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Membuat peta konsep sistem ekskresi manusia

Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem ekskresi  manusia

Menggambar struktur ginjal

Menjelaskan proses pembentukan urine

Membedah serangga untuk diamati struktur alat ekskresinya

Menggambar struktur alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan

fungsi, dan gangguan (penyakit) pada ginjal sebagai alat ekskresi

Diskusi struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi

Diskusi struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi

Diskusi struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi

Diskusi sistem ekskresi pada hewan

Praktikum pengamatan struktur alat ekskresi pada serangga

Siswa dapat Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi

Siswa dapat Menggambar struktur nefron dan menjelaskan proses pembentukan urine

Siswa dapat Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada ginjal sebagai alat ekskresi manusia

Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi

Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi

Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi

Siswa dapat Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia

Siswa dapat Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan

Siswa dapat Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan

 

 

 

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (20 menit)

·          Guru memberikan pertanyaan tentang pengertian ekskresi dan alat ekskresi pada manusia  kepada siswa untuk di cari jawabannya di dalam buku teks.

·          Siswa membaca buku teks, mencari jawaban, dan menuliskan jawabannya dalam buku catatan.

Kegiatan inti (60 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa bersama siswa mendiskusikan pengertian sistem ekskresi dan membandingkan dengan sistem pengeluaran yang lain, misalnya sekresi dan defekasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan alat-alat ekskresi yang terdapat dalam tubuh manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru meminta siswa mendeskripsikan sifat urine yang biasa dikeluarkan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan struktur ginjal dan proses pembentukan urine yang terjadi di dalamya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

 

 

Kegiatan akhir (10 menit)

Guru meminta siswa mengidentikasi berbagai penyakit yang terjadi pada ginjal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

·          Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi tentang cuci darah dengan menggunakan Kegiatan 8.1 dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

Guru mengecek dan mengumpulkan Tugas 8.1 dari siswa.

Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian, fungsi, dan proses cuci darah berdasarkan informasi yang sudah dikumpulkan.

Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru menjelaskan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

 

Kegiatan akhir (10 menit)

Guru mengecek pemahaman siswa tentang sistem ekskresi manusia dengan memberikan pertanyaan umpan balik secara lisan kepada siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru membentuk kelompok dan menugaskan setiap kelompok membawa belalang dan mempelajari Kegiatan 8.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

Siswa menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan Kegiatan 8.3.

Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa melakukan pembedahan belalang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa mengamati dan menggambar pembuluh malpighi pada belalang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa menyusun laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

C.  Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa mengumpulkan laporan hasil praktikum. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru mengecek pemahaman tentang alat ekskresi pada serangga dan hewan pada umumnya dengan memberikan pertanyaan umpan balik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Alat/Bahan/Sumber

Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis

Buku Biologi SMA Jilid II, Dyah Aryulina , Esis, Bab VIII

Berbagai informasi tentang cuci darah dari berbagai sumber

Belalang

Alat bedah

 

Penilaian

Makalah tentang cuci darah

Laporan hasil pengamatan alat ekskresi serangga

Uji kompetensi tertulis

                                                                                                                                                                                                2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                           

NIP                                                                                         NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran          :           Biologi

Kelas / Semester        :           XI (Sepuluh)/ II

Pertemuan                 :           10, 11, 12, 13, 14

Alokasi Waktu           :           10 jam pelajaran

Standar Kompetensi :           3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

 

Kompetensi Dasar    :           3.6 Menjelaskan keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)

 

Tujuan                       :           Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta             kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi           manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,           Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung    Jawab, Peduli lingkungan);

 

Karakter siswa yang diharapkan  : 

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

 

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron

Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia

Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan proses sistem saraf manusia

Mengidentifikasi sistem saraf pada hewan

Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses pada sistem indra manusia

Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem indera manusia

Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia

Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia

Menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia

Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia

 

Materi Ajar

Sistem saraf

1.         Sel-sel saraf  (neuron)

2.         Struktur otak

3.         Sistem saraf sadar dan tak adar

Sistem indra

1.         Penglihatan

2.         Pendengaran

3.         Pembau

4.         Pengecap

5.         Peraba

Sistem hormon

1.         Kelenjar hipofisis

2.         Kelenjar tiroid

3.         Kelenjar paratiroid

4.         Kelenjar suprarenalis

5.         Kelenjar pankreas

6.         Ovarium

7.         Testis

Mekanisme pengaturan homeostasis tubuh

 

Metode Pembelajaran

Diskusi- Penugasan- Pengamatan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Membuat peta konsep sistem koordinasi manusia

Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem koordinasi  manusia

Menggambar struktur alat indera

Menguji kerja alat indera

Menghubungkan fungsi sistem syaraf dan alat indra

Menjelaskan mekanisme pengaturan homeostasis

Diskusi mengenai struktur, fungsi, dan proses pada system saraf manusia

Eksperimen tentang gerak refleksi dan disadari

Diskusi  dan membuat poster tentang narkoba

Praktikum tentang system indera manusia

Diskusi tentang struktur dan fungsi pada system indera manusia

Studi membaca dan diskusi mengenai system hormone

Membuat rangkuman tentang system hormon

Siswa dapat Mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron

Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia

Siswa dapat Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia

Siswa dapat Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses sistem indera manusia

Siswa dapat Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan proses sistem indra manusia pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada system indera manusia

Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia

Siswa dapat Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia

Siswa dapat Menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia

Siswa dapat Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (20 menit)

Guru menanyakan pengertian sistem koordinasi dan komponen penyusunnya pada manusia.

Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk menerima dan menanggapi rangsang.

Kegiatan inti (60 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Dengan menunjukkan gambar struktur sel saraf (neuron) guru meminta siswa mengidentifikasi nama bagian-bagian neuron dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Dengan menunjukkan gambar sayatan membujur saraf pusat (sumsum dan tulang belakang), guru meminta  siswa mengidentifikasi struktur selaput otak, bagian-bagian  saraf pusat manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Dengan menunjukkan Gambar sistem saraf tepi, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan saraf simpatik dan parasimpatik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh obat-obatan terhadap sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

C.  Kegiatan akhir (10 menit)

Guru bersama siswa menyimpulkan sistem saraf pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan Kegiatan 9.2 dan 9.3, di rumah dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.        Kegiatan awal (10 menit)

Guru meminta beberapa siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.1 di depan kelas.

Siswa mengamati hasil demontrasi.

Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa bersama guru mendiskuikan jawaban pertanyaan dari Kegiatan 9.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan gerak refleks dan gerak yang disadari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan  mekanisme kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

C.        Kegiatan akhir (10 menit)

Guru menyimpulkan mekanisme kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

Guru menanyakan fungsi sistem indera.

Guru menanyakan macam-macam indera pada manusia.

Guru menyiapkan  untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.4 Indera pembau.

Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Guru meminta siswa melakukan demonstrasi kegiatan 9.4 indera pembau. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa yang lain mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa menyimpulkan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Dengan memberikan gambar struktur indera pembau siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian indera pembau dan menjelaskan proses penginderaan bau. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Dengan diberikan gambar struktur lidah, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian lidah dan fungsinya dan proses penginderaan kecap. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan proses penginderaan bau dan kecap (rasa). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

Guru menanyakan kepada siswa tentang syarat manusia dapat melihat.

Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Dengan memberikan gambar struktur mata guru meminta siswa untuk menyebutkan struktur dan fungsi bagian-bagian mata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan proses melihat pada mata manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.5 bintik buta. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang bintik buta. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan/kelainan/penyakit yang terjadi pada mata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru memberikan gambar struktur telinga kemudian meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagian telinga dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan proses pendengaran pada telinga manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan/kelainan pada indra pendengaran manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru meminta siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.6 saraf sensorik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru menarik kesimpulan saraf sensorik di kulit dengan menjawab pertanyaan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru memberikan gambar struktur kulit dan meminta siswa untuk menentukan proses perabaan di kulit. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan akhir (10 menit)

Guru menyimpulkan proses penginderaan penglihatan, pendengaran dan perabaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

Guru menanyakan kembali kepada siswa hubungan antara sistem saraf dan sistem indera dalam proses koordinasi.

Guru menanyakan adanya sistem koordinasi ketiga selain sistem saraf dan sistem indera.

Kegiatan inti (70 menit)

 

 

 

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan sistem saraf dan hormon. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru memberikan gambar sistem hormon/endokrin dalam tubuh manusia kemudian, meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagiannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Guru menugaskan siswa untuk membaca tentang sistem hormon (termasuk mekanisme penyatuan homeostatis tubuh) dari buku teks, kemudian membuat rangkuman tentang kelenjar dan hormon yang dihasilkan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan kelenjar pada sistem endokrin, hormon yang dihasilkan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Diskusikan tentang gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Alat/Bahan/Sumber

Buku Kerja Biologi 2B, Ign, Khristiyono, Esis

Buku Biologi XI, Dyah Aryulina,  Esis, Bab IX

Gambar  sistem saraf, alat indera dan sistem hormon

 

Penilaian

Poster tentang narkoba

Laporan hasil kegiatan/pengamatan

Uji kompetensi tertulis

Rangkuman sistem kurva

 

 

                                                                                                                                                                                                2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                           

NIP                                                                                         NIP.

 

 

 

 

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran          :           Biologi

Kelas / Semester        :           XI (Sepuluh)/ II

Pertemuan                 :           15 dan 16

Alokasi Waktu           :           4 jam pelajaran

Standar Kompetensi :           3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

 

Kompetensi Dasar    :           3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

Tujuan                                   :           Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta             kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi.    (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli             lingkungan);

 

Karakter siswa yang diharapkan  : 

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

 

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

I.          Indikator Pencapaian Kompetensi

Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria

Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita

Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan

Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana

Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia

Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

 

II.        Materi Ajar

Struktur organ reproduksi pria

Struktur organ reproduksi wanita

Proses oogensis dan ovulasi

Siklus menstruasi

Proses spermatogenesis

Fertilisasi dan kehamilan

Teknologi Keluaraga Berencana

Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

 

III.       Metode Pembelajaran

Diskusi- Penugasan- Pengamatan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mengamati gambar tentang alat reproduksi pria dan wanita

Membuat peta konsep sistem  reproduksi manusia

Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem reproduksi  manusia

Menggambar struktur alat reproduksi pria

Menggambar struktur alat reproduksi wanita

Siswa dapat Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem reproduksi manusia (pria dan wanita)

Siswa dapat Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan

Siswa dapat Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana

Siswa dapat Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia

Siswa dapat Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

 

IV.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (20 menit)

Guru menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.

Kegiatan inti (60 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Dengan memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagain dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

 

 

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon yang berperan dalam proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Siswa bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Berdasarkan Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Dengan memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita, proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

Guru menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi.

 

 

Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

Dengan diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian menyusun rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan akhir (10 menit)

Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem reproduksi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru mengumpulkan hasil rangkuman siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan hias  dengan mengunakan menggunakan Kegiatan 10.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

V.        Alat /Bahan/Sumber

Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis

Buku Biologi XI, Dyah Aryulina,  Esis, Bab X

Berbagai gambar alat reproduksi manusia

Sentra usaha budidaya ikan hias

VI.       Penilaian

Rangkuman sistem reproduksi hewan

Uji kompetensi tertulis

 

 

                                                                                                                                                                                                2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                           

NIP                                                                                         NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran          :           Biologi

Kelas / Semester        :           XI (Sepuluh)/ II

Pertemuan                 :           17, 18

Alokasi Waktu           :           4 jam pelajaran

Standar Kompetensi :           3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

 

Kompetensi Dasar     :           3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit

 

Tujuan                       :           Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh      terhadap benda asing berupaantigen dan bibit penyakit. (nilai       yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,    Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli        lingkungan); 

 

Karakter siswa yang diharapkan  : 

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

I.          Indikator Pencapaian Kompetensi

Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh

Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami

Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.

Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

 

II.        Materi Ajar

Sistem kekebalan tubuh, meliputi:

Kekebalan yang tidak spesifik

Kekebalan spesifik

Vaksin

Antibiotik

Gangguan kekebalan tubuh

 

III.       Metode Pembelajaran

Diskusi- Penugasan

 

 

 

 

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Membuat peta konsep sistem  kekebalan tubuh manusia

Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam  sistem kekebalan tubuh manusia

Menjelaskan proses kekebalan tubuh bekerja.

Menjelaskan prinsip kerja vaksin

Menjelaskan prinsip kerja antibiotik

Mengidentifikasi akibat lumpuhnya kekebalan tubuh pada penderita AIDS

Diskusi dan mendeskripsikan sistem kekebalan tubuh manusia

Mengumpulkan informasi tentang gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem kekekebalan tubuh  manusia (AIDS)

Siswa dapat Menjelaskan fungsi system imun tubuh

Siswa dapat Mengidentifikasi system pertahanan tubuh secara alami

Siswa dapat Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada system imun

Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

 

IV.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 17 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

            Dengan memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya.

Kegiatan inti (60 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

   Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan peranan sistem imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

   Dengan diberikan gambar sistem pertahanan tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses pertahanan tubuh secara alami. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

   Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan respon imun non spesifik dan spesifik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan Akhir (10 menit)

    Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

   Guru menugaskan mengumpulkan informasi tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

 

Pertemuan 18 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)

   Dengan memberikan contoh gejala sakit akibat infeksi, siswa diminta menghubungkan antara sistem imun dan penyakit yang diderita manusia.

Kegiatan inti (70 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

    Siswa bersama guru mendiskusikan upaya manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

    Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS dengan menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah dikumpulkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan Akhir (10 menit)

   Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara HIV dan AIDS. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

   Siswa mengumpulkan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

V.        Alat /Bahan/Sumber

Buku Biologi SMA XI, Dyah aryulina,  Esis, Bab XI

Berbagai informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber

 

VI.       Penilaian

Makalah tentang HIV dan AIDS

Uji kompetensi tertulis

 

 

                                                                                                                                                                                                2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                           

NIP                                                                                         NIP.