Welcome to Lampoh tuha

Rabu, 07 Maret 2012

RPP Biologi Berkarakter kelas XI semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 1 dan 2
Alokasi Waktu           : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    :  1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Tujuan                       : 1.   Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
                                       2.   Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.


I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·         Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·         Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·         Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·         Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik

II.  Materi Ajar
·         Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1.      Membran sel
2.      Sitoplasma
3.      Inti sel
·         Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·         Sel prokariotik dan sel eukariotik



III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·  Membuat peta konsep sel
·  Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel
·  Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel
·  Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis
·  Membedakan struktur sel hidup dan sel mati
·  Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Menentukan nama  bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·     Siswa dapat Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·     Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·     Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel  tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa  membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. 
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Guru menunjukkan gambar sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·        Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·        Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·         Mikroskop
·         Lembar Kegiatan 1.3 dan 1.4
VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamtan sel
·         Uji kompetensi tertulis



                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 3
Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    : 1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
Tujuan                          :     Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi organel-organel sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menyebutkan  nama-nama organel sel pada gambar sel
·         Menjelaskan fungsi organel-organel sel

II.  Materi Ajar
Organel-organel sel dan fungsinya

III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati gambar ultra mikroskopis sel, menentukan nama-organel-organel selnya dan menjelaskan fungsi masing-masing organel sel
·     Mengambar secara skematis struktur ultramikroskopis sel
·     Memberi nama organel-organel sel pada gambar skematis sel
·     Menentukan fungsi organel-organel sel
·     Siswa dapat Menyebutkan  nama-nama organel sel pada gambar sel
·     Siswa dapat Menjelaskan  fungsi organel-organel sel



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menunjukkan gambar sel berdasarkan hasil pengamatan dengan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan prinsip mikroskop cahaya dan mikroskop elektron
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru bersama siswa mendiskusikan organel-organel sel yang terdapat dalam sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan dan menjelaskan struktur dan fungsi organel- organel sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mengidentifikasi perbedaan organel sel yang terdapat dalam sel hewan dan sel tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi organel sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa utnuk membuat poster sel dengan menggunakan Kegiatan 1.6. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·         Gambar sel
·         Lembar kegiatan 1.6
VI. Penilaian
·         Poster tentang sel
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1)



                                                                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 4 dan 5
Alokasi Waktu           : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sabagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar    :  1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis
Tujuan                     :    Siswa dapat mendeskripsikan struktur membran sel dan transpor melalui membrane. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
                         
I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menunjukkan adanya gejala  difusi dan osmosis
·         Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
·         Menjelaskan mekanisme transpor aktif
·         Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat

II.  Materi Ajar
·         Struktur membran sel
·         Plasmolisis
·         Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain:
1.      Difusi
2.      Osmosis
3.      Imbibisi
4.      Transpor aktif

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati transpor melalui membran
·   Menunjukkan gejala difusi
·   Mendefinisikan difusi berdasarkan percobaan
·   Menunjukkan gejala osmosis
·   Mendefinisikan gejala osmosis berdasarkan percobaan
·   Menggambarkan struktur membrans sel
·  Siswa dapat Menunjukkan adanya gejala  difusi dan osmosis
·  Siswa dapat Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
·  Siswa dapat Menjelaskan mekansime transpor aktif
·     Siswa dapat Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali bagian-bagian sel dan menanyakan fungsi membran sel.
·         Guru meminta siswa untuk bersiap-siap melaksanakan Kegiatan 1.1 dan 1.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk Kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 1.1, kemudian meletakkan hasil eksperimen di tempat yang sudah ditentukan untuk diamati esok hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mempersiapkan melakukan Kegiatan 1.2 dengan mengambil mikroskop, alat, dan bahan yang lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat preparat pengamatan dan mengamatinya dengan menggunakan mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan pengertian plasmolisis dan faktor penyebabnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru mengatur waktu pengamatan kegiatan 1.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);



Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengecek hasil pengamatan Kegiatan 1.1.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil Kegiatan 1.1.
B. Kegiatan inti  (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menunjukkan gambar membran sel, kemudian meminta siswa mendeskripsikan struktur membran sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara struktur membran sel dengan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.        Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses transportasi zat melalui membran sel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1

VI. Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1 dan 1.2)

                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 6 dan 7
Alokasi Waktu           : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:   2.   Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas
Kompetensi Dasar    :  2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkait kannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
Tujuan                          :     Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
                         
I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan
·         Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan
·         Menggambar struktur akar, batang, dan daun
·         Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil

II.  Materi Ajar
·         Struktur berbagai jaringan yang terdapat pada tumbuhan:
1.      Jaringan meristem
2.      Jaringan permanen
·         Struktur mikroskopis organ tumbuhan
1.      Akar
2.      Batang
3.      Daun

§  Metode Pembelajaran
Studi membaca - Pengamatan mikroskopis-Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Pengamatan mikroskopis struktur akar, batang, dan daun
·     Membuat preparat mikroskopis potongan melintang daun
·     Membuat preparat mikroskopis potongan membujur daun
·     Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan
·     Siswa dapat Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan
·     Siswa dapat Menggambar struktur akar, batang, dan daun
·     Siswa dapat Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil

§  Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali tingkat organisasi kehidupan mulai dari sel sampai sistem organ.
·         Guru meminta siswa menjelaskan hubungan antara sel-jaringan-organ-sistem organ.
·         Guru meminta siswa mengumpulkan informasi berbagai jaringan pada tumbuhan dengan membaca buku teks, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar dan fungsinya.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa membaca buku sambil teks, kemudian menuliskan hasil bacaannya dalam bentuk  tabel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan berbagai jaringan tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa untuk mempelajari organ pada tumbuhan untuk persiapan Kegiatan 2.1 dan 2.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan kegiatan pengamatan jaringan tumbuhan dengan menggunakan Kegiatan 2.1 dan 2.2 (obyek dapat ditambah dengan batang).
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan pengamatan.
B.  Kegiatan inti (75 menit)

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mempersiapkan mikroskop untuk pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat preparat potongan membujur daun, kemudian mengamati dengan mikroskop dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengamati dengan mikroskop potongan melintang akar dan batang dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengambar hasil pengamatan . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan Kegiatan 2.1 dan 2.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V. Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab II
·         Mikroskop
·         Akar, batang, dan daun

VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan jaringan tumbuhan
·         Uji kompetensi tertulis

                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                 : 8 dan 9
Alokasi Waktu           : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2.   Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas
Kompetensi Dasar    :2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengkaitkan dengan fungsinya
Tujuan                                : Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menggambar berbagai jenis jaringan pada hewan berdasarkan pengamatan mikroskopis
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada hewan
·         Menjelaskan hubungan antara jaring, organ, dan sistem organ

II.  Materi Ajar
·         Struktur berbagai jaringan hewan
1.      Jaringan epitel
2.      Jaringan ikat
3.      Jaringan otot
4.      Jaringan saraf
·         Organ pada hewan
·         Sistem organ pada hewan

III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Pengamatan struktur berbagai jaringan hewan
·     Membuat peta konsep jaringan hewan
·     Siswa dapat Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan hewan
·     Siswa dapat Menggambar struktur berbagai jaringan pada hewan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi berbagai jaringan yang terdapat pada hewan dengan membaca buku teks.
·         Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan menggunakan mikroskop berbagai jaringan pada hewan dengan meng.unakan Kegiatan 3.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mempersiapkan mikroskop dan preparat awetan jaringan hewan untuk pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengamati preparat awetan berbagai jaringan hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menggambar hasil pengamatan dan memberi keterangan bagian-bagiannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menjawab pertanyaan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan ciri struktur berbagai jaringan hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk mempelajari struktur dan fungsi jaringan hewan dari buku.
·         Guru menugaskan siswa menyusun informasi yang diperolehnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar, fungsi, dan lokasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa membaca buku Bab 3, kemudian membuat tabel deskripsi  jaringan hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menunjukkan gambar organ dan jenis jaringan yang menyusunnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);


Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menyimpulkan pengertian organ. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa mnyebutkan salah satu sistem organ kemudian mengidentifikasi organ penyusunnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyimpulkan pengertian sistem organ. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara jaringan, organ, dan sistem organ. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menunjukkan hubungan Salingtemas jaringan hewan pada penerapan Bedah Rekonstruksi Kulit. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V. Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis. Bab III
·         Mikroskop
·         Preparat awetan jaringan hewan

IV. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan jaringan hewan
·         Uji kompetensi tertulis



                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas) 1
Pertemuan                 : 10, 11 dan 12
Alokasi Waktu           : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implika sinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar     : 3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
Tujuan                       :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses, serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem gerak manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menjelaskan stuktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem  gerak pada manusia
·         Mengambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
·         Menggambarkan struktur persendian
·         Mendeskripsikan struktur tulang
·         Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
·         Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
·         Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia

II.  Materi Ajar
·         Komponen penyusun alat gerak manusia:
1.      Rangka
2.      Otot
·         Hubungan antar tulang :
1.      Sinartrosis
2.      Diartrosis
·         Berbagai macam persendian
·         Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia
·         Gangguan pada sistem gerak manusia
III. Metode Pembelajaran
·         Studi membaca - Pengamatan -Diskusi- Penugasan
                  
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Studi membaca untuk mengidetifikasi sistem gerak manusia
·     Pengamatan struktur tulang
·     Pengamatan berbagai persendian pada manusia
·     Pengamatan struktur persendian
·     Pengamatan kontraksi otot
·     Membuat peta konsep sistem gerak pada manusia
·     Mengidentifikasi komponen penyusun sistem gerak manusia
·     Mengidentifikasi berbagai gerakan yang dapat dilakukan manusia
·     Mengamati berbagai persendian dengan menggunakan kerangka manusia
·     Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem  gerak pada manusia.
·     Siswa dapat Menggambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
·     Siswa dapat Menggambarkan struktur persendian
·     Siswa dapat Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk memperagakan berbagai gerak yang dapat dilakukan.
·         Siswa bersama guru mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam gerakan yaitu tulang, otot, sendi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta siswa mengamati kerangka manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengamati dan mengidentifikasi nama-nama tulang yang terdapat dalam kerangka manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa mengidentifikasi berbagai persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia dan gerakan yang dapat dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengamati persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia, kemudian  mengidentifikasi gerakan yang dapat dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyimpulkan nama sendi, lokasi, dan gerakan yang dapat dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai nama tulang pada tubuh manusia, persendian yang dibentuk, nama persendian, dan gerakan yang dapat dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa untuk membawa tulang paha sapi segar dan mempelajari Kegiatan 4.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal  (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk pengamatan struktur tulang dengan Kegiatan 4.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk Kegiatan 4.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa mengamati struktur tulang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mendiskusikan struktur tulang panjang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai macam bentuk tulang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan praktikum. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 12 (1 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·    Guru meminta siswa memperagakan mengangkat beban dengan tangannya dan mengamati perubahan yang terjadi pada lengan atasnya.
·    Siswa mendemonstrasikan gerakan yang diminta guru kemudian mengamatinya.
·    Siswa menyimpulkan fungsi otot dalam melaksanakan gerakan.
B.  Kegiatan inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta siswa mempelajari mekanisme kontraksi otot. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membaca buku teks untuk mengumpulkan informasi mekanisme kontraksi otot. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Salah satu siswa menjelaskan mekanisme kerja otot. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan pada sistem gerak manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme terjadinya gerakan pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab IV

VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan struktur tulang
·         Uji kompetensi tertulis



                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XI (Sebelas) 1
Pertemuan                 : 13, 14 , 15 dan 16
Alokasi Waktu           : 7  jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar    :3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
Tujuan                      :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
·         Membuat skema proses pembekuan darah
·         Menguji golongan darah
·         Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
·         Menjelaskan hubungan stuktur pembuluh darah dan fungsinya
·         Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
·         Menjelaskan sistem  limfe
·         Mendeskripsikan  hubungan sistem peredaran darah dan sistem  limfatik
·         Mendeskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
·         Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
·         Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata

II.  Materi Ajar
·         Komponen penyusun sistem peredaran darah manusia:
1.      Darah
2.      Jantung
3.      Pembuluh darah
·         Mekanisme sistem peredaran darah manusia
·         Penggolongan darah
·         Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia

III. Metode Pembelajaran
·          Pengamatan - Penugasan- Diskusi          

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Studi membaca untuk mengidentifikasi komponen penyusun sistem peredaran darah manusia
·     Mengamati eritrotis dan menggambar hasil pengamatan
·     Menguji golongan darah
·     Pengamatan sistem peredaran darah pada berbagai hewan vertebrata
·     Mengumpulkan informasi untuk membuat kliping tentang ganguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
·     Membuat peta konsep sistem peredaran darah manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem peredaran darah manusia
·     Melakukan pengujian golongan darah manusia
·     Membedah hewan untuk diamati jantungnya
·     Mengamati letak jantung hwan vertebrata
·     Mengamati struktur jantung hewan vertebrata
·     Menggambar struktur jantung hewan vertebrata
·     Mendeskripsikan denyut jantung berdasarkan hasil pengamatan
·     Membandingkan struktur jantung pada berbagai hewan vertebrata
·     Membuat kliping ganguan/penyakit pada siistem peredaran darah manusia dan teknologi mengatasinya
·     Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
·     Siswa dapat Membuat skema proses pembekuan darah
·     Siswa dapat Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
·     Siswa dapat Menjelaskan hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya
·     Siswa dapat Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
·     Siswa dapat Menjelaskan sistem limfe
·     Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik
·     Siswa dapat Mendiskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
·     Siswa dapat Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
·     Siswa dapat Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem sirkulasi  pada manusia.
·         Siswa menjawab dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan.
B. Kegiatan inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menjelaskan komponen-komponen penyusun sistem peredaran darah manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa ditugaskan mengamati eritrosit dengan menggunakan Kegiatan 5.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengamati eritrosit dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa ditugaskan melakukan uji golongan darah dengan menggunakan Kegiatan 5.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menyusun laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan komponen-komponen penyusun darah manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip penggolongan darah dengan sistem ABO. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan transfusi darah pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan bagaimana darah dapat beredar
·         Siswa menjelaskan peranan jantung dan pembuluh darah dalam sistem peredaran darah
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru memberikan  gambar jantung, kemudian siswa diminta menyebutkan bagian jantung yang ditunjuk dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menanyakan macam-macam pembuluh darah dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru memberikan gambar pembuluh darah dan siswa diminta mendeskripsikan perbedaan struktur  ketiga macam pembuluh darah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan memperhatikan bagian-bagian jantung dan fungsi pembuluh darah, siswa ditugaskan membuat skema peredaran darah yang meliputi peredaran darah kecil. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);



C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur jantung. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur dan fungsi pembuluh darah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan lintasan peredaran darah manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 15 (1 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (15 menit)
·    Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem limfe.
·    Siswa mendeskripsikan pengertian sistem limfe dan fungsinya.
B.  Kegiatan inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru memberikan gambar organ-organ limfe yang terdapat dalam tubuh dan siswa diminta menentukan nama organ tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberikan gambar sistem peredaran limfe, kemudian siswa diminta menyebutkan ciri-ciri pembuluh limfe dan sistem peredarannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendeskripsikan perbedaan sistem peredaran darah dan sistem limfe. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan gangguan atau penyakit pada sistem peredaran darah manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa mengumpulkan informasi tentang penyebab, gangguan, pengobatan dan pencegahan penyakit/gangguan pada sistem peredaran darah manusia dari berbagai media dan menyusunnya menjadi sebuah kliping. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi sistem limfe. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa membawa hewan vertebrata untuk dibedah dan diamati sistem peredaran darahnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan alat bedah.
·         Siswa mempersiapkan pembedahan.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa membius hewan yang dibawa, kemudian meletakkannya di atas papan bedah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membedah hewan secara hati-hati sampai rongga dada sehingga dapat ditemukan jantung. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengamati jatung meliputi bentuk dan denyutnya kemudian menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa memotong pembuluh darah di sekitar jantung sehingga jantung dapat dilepaskan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengamati jantung yang sudah dilepas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);



Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menyimpulkan sistem peredaran darah pada hewan yang diamati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membersihkan meja kerja dari bekas kegiatan . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan informasi dari buku teks tentang berbagai sistem peredaran darah vertebrata, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel perbedaan sistem peredaran darah hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan informasi sistem sirkulasi hewan invertebrata dan mendeskripsikan beberapa contoh sistem sirkulasi pada  hewan invertbrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru berdiskusi untuk menyimpulkan perbedaan prinsip sistem peredaran darah hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru menyimpulkan sistem-sistem peredaran darah pada hewan invertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V. Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
·         Buku Biologi Jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab V
·         Hewan-hewan vertebrata
·         Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet




VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan eritrosit
·         Laporan praktikum uji golongan darah
·         Laporan hasil pengamatan sistem peredaran darah hewan vertebrata
·         Uji kompetensi tertulis
·         Kliping tentang gangguan, pengobatan, dan pencegahan
·         Penyakit pada sistem peredaran darah manusia


                                                                                                                                    2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.