Welcome to Lampoh tuha

Minggu, 23 Oktober 2011

SILABUS Biologi SMA XII

SILABUS
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/Program             : XII/IPA
Semester                      : 1

Standar Kompetensi     : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat
1.1  Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Merencanakan percobaan pertumbuhan.

·         Usulan berisikan latar belakang masalah, permasalahan, maksud dan tujuan, manfaat, rancangan eksperimen, alat/bahan yang dibutuhkan, waktu eksperimen, cara pengolahan data dst.

·         Pertumbuhan dan perkembangan. Meliputi perubahan kuantitatif dan kualitatif yang irrevesibel yang dimulai dengan pembelahan sel, pemanjangan dan deferensiasi.

·         Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. Faktor-faktor yang
Membuat rencana percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
o    Membuat masalah dan menentukan hipotesis
o    Menentukan variabel (suhu, cahaya)
o    Melakukan studi literatur
o    Menentukan parameter (tinggi, jumlah daun)
o    Menentukan alat dan bahan yang digunakan
o    Membuat rancangan percobaan

o   Mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan berdasarkan studi literatur
o   Memberikan argumentasi teori-teori pertumbuhan tanaman
o   Menentukan variabel bebas dan variabel terikat
o   Menentukan parameter pengukuran pertumbuhan suatu jenis tanaman
o   Melaporkan rancangan yang telah disusun
Jenis Tagihab : Performansi, Tugas kelompok, Ulangan



Bentuk Tagihan : Pengamatan sikap, unjuk kerja, produk, Uraian, Pilihan Ganda,





8 x 45’
Sumber : Campbell, Biology, Erlangga


Alat :
Cawan petri

Bahan :
Biji kacang hijau,
Kapas
Air
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat

mempengaruhi pertumbuhan, antara lain nutrisi, gen,hormon, dan llingkungan (suhu, cahaya).






1.2. Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan.

·         Amelaksanakan percobaan sesuai dengan rancangan, mengamati dan mengambil data, mengolah data, dan menarik kesimpulan dengan cermat.


Melakukan percoobaan (merakit alat dan bahan, memberikan perlakuan), mengamati morfologi, anatomi daerah pertumbuhan ujung batang, pangkal/akar batang tanaman, menghimpun data hasil dan menganalisis hasil percobaan melalui kerja kelompok.

o   Melakukan pengukuran dan pengamatan dengan benar
o   Membuat data tabel pengamatan faktor lingkungan selama pengamatan percobaan
o   Membuat data tabel hasil pengamatan pertumbuhan dengan sistematis
o   Melaporkan data hasil pengamatan


Jenis Tagihan :
Tugas kelompok, performans, ulangan.

Bentuk
instumen :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.

6 x 45’


Sumber :

Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
Mikroskop, silet, kaca penutup, kaca objek, pipet, gelas kimia, OPH/Komputer/LCD

Bahan :
LKS, bahan presentasi, akar, batang tanaman kacang-kacangan







Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat
1.3 . Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Mengkomunikasikan hasil percobaan.

·         Pertumbuhan dan Perkembangan
·         Pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan. Faktor luar (cahaya, temperatur)
·         Teknik penyajian laporan dan presentasi hasil percobaan
Menyusun laporan tertulis hasil percobaan pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan tanaman.

Melakukan seminar atau presentasi hasil percobaan kelompok
·         Membedakan pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·         Menjelaskan pertumbuhan primer pada tanaman.
·         Menjelaska faktor-faktor eksternal (suhu, cahaya) yang mempengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman
·         Mengaitkan pengaruh faktor internal (hormon, gen) dengan faktor eksternal hasil percobaan
·         Melakukan seminar/presentasi hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan.

Jenis Tagihan :
Tugas kelompok, performans, ulangan.

Bentuk
instumen :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.

6 x 45’

Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
OPH/Komputer/LCD

Bahan :
LKS, bahan presentasi, Tanaman yang berbuah.










SILABUS
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/Program             : XII/IPA
Semester                      : 1

Standar Kompetensi     : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat
2.1  Mendeskripsikan fungsi Enzim dalam proses metabolisme
Metabolisme.
·         Kerja/fungsi enzim. Enzim berperan dalam reaksi biokimia di dalam sel sebagai biokatalisator dan bekerjany7a spesifik.
·         Sifat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
·         Enzim bekerja pada suatu substrat yang bekerja spesifik, dan dipengaruhi oleh suhu, pH, konsentrasi substrat/enzim, dll.
Melakukan uji kerja Enzim katalase terhadap pengaruh pH, suhu dll pada jantung dan hati ayam melalui kerja kelompok.

Mendiskusikan secara kelompok faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim dari hasil pengamatan.

Melakukan studi literatur secara mandiri menemukan sifat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
·         Menjelaskan pengertian metabolisme.
·         Menemukan faktor-faktor yang mepengaruhi kerja enzim.
·         Menceritakan kembali cara menguji kerja enzim.
·         Menjelaskan fungsi enzim dalam metabolisme.
·         Mengidentifikasi ciri-ciri enzim.

Jenis Tagihan :
Tugas kelompok, performans, ulangan.

Bentuk
instumen :
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.

8 x 45’
Sumber :

Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
Tabung reaksi, piala imia, lumpang, alu, kai tiga, pembakar spiritus,
OPH/Komputer/LCD

Bahan :
LKS, bahan presentasi, Hati dan jantung ayam, NaOH, HCI, air, es batu, korek api.




Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat
2.2 Mendeskripsi-kan   proses metabolisme dan anabolisme karbohidrat.
Katabolisme dan Anabolisme.
·         Respirasi sel. Respirasi terdiri dari 3 tahapan, yaitu : gliko; isis, daur krebs, dan transfer elektron. Respirasi aerob melibatkan oksigen sebagai penerima hidrogen, respirasi anaerob melibatkan senyawa kimia, seperti asam piruvat, asetilaldehid dll, sebagai penerima elektron terakhir pada transpor elektron.
·         Menganalisis skema/diagram tahapan respirasi aerob dan anaerob melalui diskusi berpasangan.
·         Merancang dan melakukan fermentasi dengan bahan subtitusi (nasi putih, nasi merah, ubi jalar, kemtang dll) melalui penugasan individu.
·         Menjelaskan tahapan proses respirasi selular secara umum
·         Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel.
·         Menjelaskan proses fermentasi gula.
·         Menghitung jumlah energi yang diperoleh dalam respirasi aerob dan anaerob.
·         Menjelaskan hasil yang diperoleh dari respirasi aerob dan anaerob.

Jenis Tagihan :
Tugas kelompok, performans, ulangan.

Bentuk
instumen :
Produk, Tes unjuk kerja, Tes sikap uraian, pilihan ganda.


Sumber :

Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
Tabung kaca, sumbat karet, pipa kaca/selang paltik, termometer.

Bahan :
Ragi, gula, air, fenoftalin b

·         Fotosintensis. Terjadi pada kloroplas dalam 2 tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
·         Melakukan percobaan Ingenhouz dengan berbagai perlakuan (ditutup plastik transparan berbagai warna, perubahan suhu, ditambahkan NaHCO3 dll) melalui kerja kelompok.
·         Melakukan percobaan Sachs melalui kerja kelompok.
·         Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan fotosintesis dan hasilnya.
·         Membuktikan bahwa fotosintensis menghasilkan amilum.
·         Menjelaskan tahapan reaksi fotosintensis; reaksi terang dan reaksi gelap.
Jenis Tagihan :
Tugas kelompok, Tugas individu performans, ulangan.




Bentuk

Sumber :
Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
Piala imia, Corong, tabung reaksi, plat.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat


·         Melakukan studi pustaka tentang tahapan kegiatan fotosintensis; reaksi terang dan reaksi gelap melalui kerja berpasangan.
·         Mendiskusikan charta tahapan reaksi terang dan reaksi gelap menemukan hasil akhir dari masing-masing tahapan melalui kegiatan diskusi kelas.
·         Menjelaskan proses reaksi terang dan reaksi gelap dan hasilnya
instumen :
Produk, Tes unjuk kerja, tes sikap uraian, pilihan ganda.


Tetea, pipet.


Bahan :
Hidrilla, NaHCO3, air, es batu, platik berwarnam alkohol. Kl, Benedict, Biuret.
2.3. Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein.
·         Keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak Pada metabolisme, dalam proses respirasi apabila kebutuhan energi telah terpenuhi, maka senyawa antara proses respirasi yang tidak berlanjut ke tahapan berikutnya dapat disintesis menjadi komponen lemak. Seperti senyawa Gliseraldehida 3 Phosphat (G3P) dapat disentesis menjadi Gliserol. Dan melalui serangkaian reaksi kimia Asetil KoA yang juga merupakan
·         Menggali informasi tentang hubungan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme protein
·         Membuat diagram alur hubungan metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein.
·         Menjelaskan hubungan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme protein
·         Menganalisis senyawa antara pada metabolisme karbohidrat yang dapat disintesis menjadi komponen lemak dan asam amino
Jenis Tagihan :
Tugas kelompok, Tugas individu performans, ulangan.

Bentuk :
Instrumen:
Produk, Pilihan ganda, uraian.
4 x 45
Sumber :
Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
OPH/Komputer/LCD

Bahan :
LKS, bahan presentasi, Charta kemosintesa bakteri.



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat

  Senyawa antara pada proses   respirasi selular akan mengalami penggabungan menjadi Asam lemak. Begitu pula pada katabolisme lemak gliserol dan asam lemak akan masuk jalur respirasi untuk melepaskan energi
·         Keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme protein seperti halnya metabolisme lemak. Tubuh makhluk hidup menjalankan semua proses secara efesien. Dengan demikian senyawa antara yang tidak berlanjut ke tahapan berikutnya di sintesis menjadi senyawa lain. Senyawa antara dalam siklus Krebs yaitu, Asam alpha Ketoglutarat dapat disintesis menjadi asam amino glutamat. Dan melalui reaksi deaminasi dan trans-aminasi dapat dibentuk asam asam amino lainnya. Asam amino inilah yang menjadi penyusun protein.





SILABUS
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/Program             : XII/IPA
Semester                      : 1

Standar Kompetensi     : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokai waktu (menit)
Sumber/ Bahan / Alat
3.1  Menjelaskan konsep dasar gen, DNA, dan kromosom.
DNA, gen dan kromosom

·         Konsep DNA, gen, dan kromosom. DNA merupakan substansi genetik yang terdiri dari rangkaian nukleotida yang terpilin (Watson dan Crick). Setiap nukleutida terdiri dari molekul deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat. Gen adalah substansi hereditas yang mengandung informasi polipeptida tertentu. Kromosom merupakan untaian DNA dan protein histon.

·         Struktur dan fungsi DNA, RNA, dan kromosom DNA dan RNA tersusun oleh gula ribosa dan basa nitrogen
Menggali informasi dari berbagai literatur tentang struktur dan pembagian kromosom.

Mengkaji dari leteratur mengenai hubungan gen, DNA dan kromosom

Menggunakan gambar /model DNA Watson dan Crick untuk mendeskripsikan struktur, sifat dan fungsi DNA

Membuat model DNA dengan bahan-bahan sederhana melalui tugas kelompok.
·         Menjelaskan hubungan antara gen, DNA dan kromosom
·         Mendeskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya.
·         Mendeskripsikan struktur, sifatr, dan fungsi RNA.
·         Mendeskripsikan hubungan antara DNA, gen, kromosom.

Jenis Tagihan :
Tugas kelompok,Tugas individu, ulangan performans

Bentuk
instumen :
Produk, uraian, pilihan ganda, unjuk kerja, penilaian sikap

4 x 45’
Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
OPH/Komputer/LCD

Bahan :
LKS, bahan presentasi, gambar struktur DNA, kromosom, RNA.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat
3.2  menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA polipeptida dan sintesis protein

























Sintesis protein
·         Hubungan DNA-RNA-Protein. Transkrip DNA akan membentuk RNA,RNA membawa pesan DNA untuk memilih polipeptida yang sesuai dalam sintesa protein

·         Sintesis protein. Sintesis protein berlangsung melalui tahapan transkripsi, translasi yang melibatkan DNA-RNA_Polipeptida dan berbagai enzim.


·         Kode genetika.Kode-kode genetika berupa urutan basa nitrogen 4 macam yang dapat menyusun variasi membentuk 20 macam asam amino.




Menganalisa hubungan DNA-RNA-Polipeptida dan sintesis protein menggunakan charta melalui kerja berpasangan.




Mengkaji gambar proses replikasi dan transkripsi DNA melalui kerja berpasangan.

Mengkaji charta mengurutkan proses sintesis protein melalui kerja berpasangan.

Mengkaji literatur tentang kode genetika secara individual.

·         Menjelaskan hubungan DNA-RNA_Polipeptida.

·         Mengurutkan proses tahapan sintesis protein.

·         Menjelaskan proses replikasi dan transkripsi DNA.

·         Menjelaskan proses penyampaian kode genetika.

·         Menjelaskan peran dan bagian-bagian yang terlibat dalam sintesis protein.

·         Menemukan macam-macam kode genetik

Jenis tagihan :
Tugas kelompok, Tugas Individu, ulangan

Bentuk Instrumen : Produk, Uraian, pilihan ganda.

4 x 45”

Sumber : Campbell, Biology, Erlangga


Alat: OHP/komputer/
LCD.


Bahan : LKS, Bahan presentasi, gambar proses sintesis protein, gambar kode genetika.







Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat
3.3  menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.

Reproduksi Sel:
·         Mitosis. Mitosis terjadi pada perbanyakan sel tubuh, dan menghasilkan sel anak dengan jumlah kromosom sama dengan sel induk (2n).
·         Meiosis. Dalam meiosis terjadi 2 tahapan pembelahan. Meiosis 1 (pembelahan reduksi) dan meiosis 2 dengan hasil akhir 4 sel anak dengan jumlah kromosom n.
·         Gametogenesis. Pembentukan gamet terjadi secara meiosis, berlangsung dalam alat perkembangbiakan jantan dan betina individu dewasa.

Melakukan pengamatan mikroskopis pembelahan mitosis sel akar bawang merah melalui kerja kelompok.

Mendiskusikan tahapan, ciri-ciri, tempat terjadinya meiosis berdasarkan gambar literatur melalui kerja kelompok.

Mendiskusikan tahapan, ciri-ciri, tempat terjadinya meiosis berdasarkan gambar literatur melalui kerja kelompok.

Membandingkan proses, tahapan, fungsi mitosis dan meiosis menggunakan gambar melalui kerja kelompok.

Membandingkan berbagai gambar gametogenesis pada berbagai hewan dan tumbuhan yang dikaitkan dengan pewarisan sifat melalui kerja kelompok.


  • Mengidentifikasikan sel yang akan bereproduksi.

  • Menjelaskan urutan tahapan mitosis.

  • Mengidentifikasikan ciri-ciri dari tahapan mitosis.

  • Menunjukan lokasi pada makhluk hidup yang mengalami mitosis.

  • Menjelaskan urutan tahapan meiosis.

  • Mengidentifikasikan ciri-ciri tahapan meiosis.

  • Membedaka proses, tahapan, tempat terjadinya, fungsi pembelahan mitosis dan meiosis.

  • Menjelaskan gametogenesis terkait dengan pewarisan sifat.

Jenis Tagihan:
Tugas kelompok, Performans, Ulangan.

Bentuk instrumen: Produk, uraian, pilihan ganda, unjuk kerja, pengamatan sikap

6 x 45’

Sumber: Campbell, Biology, Erlanggal

Alat :
OHP/komputer/ LCD, Mikroskop, silet, cawan petri, gelas kimia..

Bahan :
LKS, bahan presentasi, bawang merah, asetokarmin, gambar meiosis, gamabr gametogenesis pada berbagai, akhluk.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat
3.4  Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat.
Prinsip hereditas dan mekanisme pewarisan sifat.
·         Hereditas Mendel. Pewarisan sifat dari hasil persilangan memiliki prinsip-prinsip tertentu sesuai yang dikemukakan dalam Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II.

·         Penyimpangan semu Hukum Mendel. Angka-angka perbandingan fenotip tidak selalu sama seperti yang dikemukakan Mendel, karena sebab tertentu, seperti atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis.

·         Pola-pola hereditas. Pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya melalui gamet dengan mengikuti aturan tertentu, antara lain; lautan, tautan seks, pindah silang, determinasi seks, gen letal, nondisjungsi, dll.
Menyaksikan video tentang usaha Mendel menemukan prinsip-prinsip hereditas.

Mengekaji literatur dan menganalisis tentang berbagai penyimpangan semu hukum Mendel, seperti atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis, melalui kerja kelompok dan diskusi kelas.

Melakukan penyilangan tanaman bunga sejenis yang tersedia di halaman sekolah melalui kerja kelompok.

Menemukan dari literatur pola-pola hereditas, seperti tautan, tautan seks, determinasi seks,  gen letal, nondisjungsi, dll. Melalui kerja kelompok dan diskusi  kelas.

Menganalisa dari bahan literatur atas cacat, penyakit, kelainan pada manusia, seperti buta warna, albino, hermofili, gangguanmental, dll. Bagaimana cara mempelajari pola pewarisan, pewarisan sifat dan cara
·         Menemukan hipotesa yang diajukan Mendel tentang pewarisan sifat.

·         Menceritakan usaha Mendel menemukan prinsip-prinsip dasar pewarisan sifat.

·         Menerapkan hukum Mendel dalam persilangan teoritis.

·         Menjelaskan penyebab pernyimpangan-penyimpangan semu hukum Mendel.

·         Menerapkan penyilangan secara teoritis penyimpangan semu hukum Mendel.

·         Menjelaskan bagaimana usaha mempelajari pola pewarisan sifat pada manusia.

·         Mengindentifikasi cacat, penyakit, kelainan, dan pola pewarisannya pada manusia.

·         Menjelaskan cara-cara menghindari terjadinya pewarisan sifat yang merugikan.
Jenis Tagihan : Tugas individu, Tugas Kelompok, Performans, ulangan.

Bentuk Instrumen:
Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, uraian dan pilihan ganda.
8 x 45’
Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
VCD/CD player, OHP/komputer/ LCD.

Bahan :
LKS, bahan presentasi, CD/Video tentang mendel, Charta berbagai penyimpangan semu, Gambar cacat/kelainan pada manusia.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat

·         Hereditas pada manusia. Sifat-sifat manusia diturunkan pada keturunannya mengikuti pola pewarisan tertentu. Ada yang melalui kromosom X, Y atau kromosom autosom.

Menghindarnya melalui kerja kelompok dan diskusi kelas.




3.5  Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas
Mutasi dan implikasinya.
·         Macam mutasi dan penyebabnya.  Mutasi terjadi karena adanya perubahan DNA dan kromosom. Penyebab mutasi dapat berupa zat kimia, faktor fisik, ataupun faktor biologi.

·         Mutasi alami dan mutasi buatan. Mutasi alami penyebabnya tidak diketahui. Mutasi buatan dilakukan dengan direncanakan, misalnya dengan radiasi sinar X, penyisipan DNA dll.

·         Implikasi mutasi alami dan buatan. Mutasi secara alami

Melakukan kajian literatur menemukan macam-macam mutasi dan penyebabnya.

Menganalisis gambar mutasi yang terjadi pada kromosom dan gen menemukan aneka ragam mutasi melalui kerja kelompok.

Menghimpun hasil mutasi yang pernah dibuat manusia, menganalisis keuntungan dan kerugiannya.

·         Menjelaskan macam mutasi dan penyebabnya.

·         Mengidentifikasi ragam mutasi pada kromosom dan gen.

·         Menjelaskan berbagai mutasi yang dihasilkan manusia, dengan teknologi yang digunakan.

·         Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari berbagai peristiwa mutasi.

Jenis tagihan:
Tugas individu, tugas kelompok, ulangan.

Bentuk instrumen, Produk, Uraian, pilihan ganda  dan pengamatan sikap

2 x 45’

Sumber: Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
OHP/Komputer/ LCD.

Bahan :
LKS, bahan presentasi, gambar-gambar mutasi gen dan kromosom
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat

banyak merugikan manusia. Implikasi mutasi alami pada manusia misalnya terjadinya kanker. Mutasi pada mikroorganisme berkaitan dengan sifat sensifitas terhadap antibiotik. Mutasi yang direncanakan/buatan disesuaikan dengan tujuan, misalnya pada teknologi pasca panen agar biji lebih tahan terhadap serangan organisme perusak biji.





















SILABUS
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Program             : XII/IPA
Semester                      : 2

Standar Kompetensi   : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat
4.1  Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Teori, prinsip, dan mekanisme evolusi.
·      Teori-teori evolusi.
Evolusi menjelaskan perkembangan makhluk hidup secara bertahap dalam jangka waktu lama dari bentuk sederhana menuju bentuk yang lebih kompleks. Terdapat beberapa teori yang dapat menjelaskan perubahan makhluk hidup secara evolusi, antara lain  teori Lamarck, Teori Darwin, Teori Wallace, Teori Weismann.

·      Faktor, petunjuk pendukung evolusi.
Fenomena evolusi menjelaskan  perubahan


Melakukan kajian literatur tentang teori-teori evolusi dari berbagai ahli melalui kerja kelompok.

Melakukan kajian dari chart/gambar dari bukti-bukti evolusi faktor dan petunjuk adanya evolusi melalui kerja kelompok.

Melakukan kajian leteratur kaitan antara mutasi dan evolusi diserta gambar-gambar pendukung melalui kerja kelompok.

Mengkaji hukum Hardy-Weinberg menemukan prinsip-prinsip mekanisme terjadinya evolusi melalui kerja mandiri.


·         Menjelaskan berbagai teori evolusi

·         Menjelaskan pokok-pokok pikiran teori evolusi Darwin.

·         Menemukan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya evolusi.

·         Mendeskripsikan keterkaitan antara mutasi dan evolusi

·         Menjelaskan prinsip-prinsip dasar hukum Hardy-Weinberg.

·         Menerepakan hukum Hardy-Weinberg secara teoritis.

·         Menjelaskan proses spesialisasi


Jenis tagihan :
Tugas kelompok, tugas individu, performans, ulangan.


Bantuk Instrumen: Produk, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian.


10 x 45’


Sumber:
Campbell, Biology, Erlangga.

Alat :
OHP/komputer/ LCD

Bahan :
LKS, Bahan presentasi, gambar/charta berbagai bukti evolusi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat

perubahan makhluk hidup karena seleksi alam dan bersifat menurun. Adanya evolusi dapat diperlihatkan melalui fosil, homologi, embriologi perbandingan, dll.

·      Mutasi dan evolusi
Mutasi menjadi faktor yang menentukan terjadinya evolusi. Mutasi yang berjalan terus-menerus dapat mengakibatkan munculnya varietas baru yang berbeda dengan moyangnya yang mengakibatkan terjadinya proses evolusi.

·      Mekanisme evolusi
Mekanisme evolusi  menjelaskan peristiwa evolusi yang dapat disebabkan oleh adanya mutasi gen dan seleksi alam pada suatu populasi. Mekanismenya dapat dijelaskan dengan hukum





Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat

Hardy-Weinberg yang menunjukkan hubungan antara frekuensi gen dan frekuensi genotip pada suatu populasi, dengan persyaratan tertentu.






4.2  Mengkomunikasikan hasil studi evolusi
·         Beberapa studi tentang evolusi
·         Menggali informasi proses evolusi makhluk hidup tertentu
·         Menjelaskan studi tentang evolusi organisme tertentu
Jenis Tagihan:
Ulangan,

Bentuk instrumen: Essay
2 x 45’
Sumber:
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
OHP/Komputer/ LCD

Bahan : Bahan Presentasi,

4.3  Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi
·         Kecenderungan baru teori evolusi
·         Pandangan baru terhadap evolusi oleh Harun Yahya dan teori Inteligen  Design
·         Kedua pandangan tersebut menyatakan bahwa makhluk hidup terdapat di bumi diciptakan dengan rencana cerdas dan bukan karena ketidaksengajaan
·         Melakukan kajian literatur tentang pandangan baru evolusi Harun Yahya dan Teori Inteligent Design
·         Mendiskusikan kecenderungan baru teori evolusi.
·         Menjelaskan pandangan –pandangan baru terhadap teori evolusi
·         Menyimpulkan bahwa pandangan-pandangan tersebut membuktikan bahwa sains bersifat tentatif yaitu dapat disermpurnakan apabila ditemukan bukti-bukti ilmiah
·         Menganalisis pendangan pandangan baru tersebut
Jenis tagihan:
Tugas individu, tugas kelompok, performans, ulangan.

Bentuk instrumen:
Produk, pengamatan sikap, pilihan
2 x 45’
Sumber:
Campbell, Biology, Erlangga


Alat:
Video/CD player, OHP/Komputer
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat




ganda dan uraian

LCD
Bahan :
LKS, Bahan presentasi, Video/CD Harun yahya tentang evolusi

Standar Kompetensi               : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat
5.1  Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi.
Bioteknologi
·      Arti dan prinsip dasar Bioteknologi.
Bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah bahan mentah dengan memanfaatkan mikroorganisme atau bagian-bagiannya. Sehingga dihasilkan produk dan jasa. Bioteknologi melibatkan cabang ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi sel
·      Jenis-jenis Bioteknologi.
Bioteknologi dapat dikembangkan melalui kultur jaringan, transplantasi

Menggali informasi tentang bioteknologi dan perkembangannya, melalui studi literatur

Menganalisis berbagai produk hasil bioteknologi konvensional dan modern melalui studi literatur

Menggunakan charta/gambar

Menjelaskan ruang lingkup bioteknologi

Menjelaskan prinsip-prinsip dasar bioteknologi.

Membedakan bioteknologi konvensional dan modern.


Jenis tagihan ;
Tugas kelompok, performans, ulangan.

Bentuk instrumen :


10 x 45’

Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
OHP/Komputer/
LCD.

Bahan :
LKS, bahan presentasi, kecap, tauco, tempe dll, charta/gambar rekayasa genetika.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber / Bahan / Alat

gen dan rekayasa genetika
Rekayasa genetika menemukan agen bioteknologi dan tahapan proses rekayasa genetika.
·         Memberikan contoh produk bioteknologi

·         Menjelasikan proses rekayasa genetika.


Produk, pengamatan sikap, pilihan gandan dan uraian


5.2  Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
·      Peran dan implikasi hasil Bioteknologi.
·      Implikasi bioteknologi pada Sains lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
·      Dampak pemanfaatan bioteknologi.
Produk bioteknologi bermanfaat meningkatkan kesejahteraan manusia, dilain pihak diragukan keamanannya, seperti produk transgenik.
·         Mendata penerapan bioteknologi pada bahan pangan, sandang, industri, perbaikan kualitas lingkungan dan medis melalui observasi lapangan ke pasar, rumah sakit, apotik, industri dll…

·         Menganalisa dampak pemanfaatan produk bioteknologi, seperti makanan produk transgenik, kultur jaringan

·         Membuat produk bioteknologi konvensional, seperti nata de coco, tempe, tauco, dll secara berkelompok.
·         Mendentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan.

·         Menjelaskan keuntugan dan kerugian diperolehnya produk bioteknologi.

·         Menjelaskan dampak pemanfaatan hasil produk bioteknologi di berbagai bidang.

·         Menunjukkan hasil produk bioteknologi konvensional
Jenis tagihan:
Tugas individu, tugas kelompok, performans Ulangan.

Bentuk instrumen: Produk, unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, dan uraian
6 x 45’
Sumber :
Campbell, Biology, Erlangga

Alat :
OHP/Komputer/ LCD.

Bahan :
Gambar-gambar produk bioteknologi, LKS, bahan presentasi.