Welcome to Lampoh tuha

Kamis, 27 Oktober 2011

SILABUS SMP Kelas VII Semester II


SILABUS

Sekolah                   :  SMP …………
Kelas                        :  VII (Tujuh)
Mata Pelajaran       :  Ilmu Pengetahuan Alam
Semester                 :  2 (Dua)

Standar Kompetensi: 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara berencana dan sitematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
Gejala Alam Biotik dan Abiotik
o  Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abitik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar
-      Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan
-      Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan
Observasi




Tes tulis

Lembar observasi



PG





Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?
a. bau
b. tumbuh
c. warna
d. ukuran

2 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

5.2 Menganalisis data ……
Gerak
o  Melakukan percobaan gerak lurus beraturan
o  Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan
o  Mengaplikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari
o  Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan
-      Menemukan persamaan laju yang ditempuh




-      Menunjukkan konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari


-      Mengidentifikasi percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu



-      Menyelidiki GLBB dipercepat beraturan


-      Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
Tes tulis






Tes tulis




Tes tulis






Tes tulis



Tes tulis

PG






Isian




Uraian






Isian



Isian

Ciri GLB memiliki kecepatan …
a. dipecepat
b. tetap
c. diperlambat
d. beraturan

Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB …

Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan waktu!

Contoh gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah …

Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep …

3 x 40’
Buku siswa, LKS, referensi
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
Mikroskop
o  Mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop
o  Mengamati preparat jadi dengan menggunakan mikroskop
o  Membuat preparat basah
-      Mengenal bagian-bagian mikroskop



-      Menggunakan mikroskop dengan benar (mengukur fokus, pencahayaan, menemukan objek Mikropis)
Tes unjuk kerja



Tes unjuk kerja

Tes identifikasi



Uji petik kerja prosedur

Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!

Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud!
3 x 40’
Buku siswa, mikroskop, preparat
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
Keselamatan Kerja
o  Mencari informasi melalui referensi tentang keselamatan kerja
o  Studi pustaka tentang alat bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam
-      Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman


-      Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang menimbulkan penyakit








-      Mengidentifikasi simbol-simbol dalam labolatorium
Tes unjuk kerja




Tes tulis











Tes tulis
Uji petik kerja produk



PG











PG

Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakukan mikroskop!

Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang dapat ditemukan di labolatorium?
a. air
b. asam sulfat
c. alkohol
d. larutan glukose

Apakah arti simbol di bawah ini?


 



a. bahan yang mudah terbakar
b. bahan yang beracun
c.  alat yang mudah pecah
d. alat mudah mengalami korosi
2 x 40’
Buku siswa, Carta bahan berbahaya dan alat-alat praktektikum




                                                                                                                                    Jakarta, 
          Mengetahui,
Kepala                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran




  

Standar Kompetensi: 6. Memahami keanekragaman makhluk hidup
 
 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Ciri-ciri makhluk hidup
o  Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
o  Merumuskan karakteristik / kekhasan ciri makhluk hidup
o  Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia
-      Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup













-      Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi




-      Membedakan ciri tumbuhan dan hewan

Tes tertulis














Tes kinerja







Tes tertulis

PG














Tes unjuk kerja produk





Uraian

Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh makhluk hidup yaitu …
a.    tumbuh membesar
b.    memerlukan sumber energi
c.    memerlukan oksigen untuk pembakaran
d.    beradaptasi terhadap lingkungan

Pilihlah tiga makhluk hidup yang ada disekitar dn identifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah laporannya!

Manakah di antara ciri-ciri makhluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan?
8 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS
6.2 Mengklasifikasi makhluk hidup berasarkan ciri-ciri yang dimiliki
Klasifikasi Makhluk Hidup
o  Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme
o  Mengelompokkan organisme yang memiliki persmaan ciri dalam satu kelompok tertentu
o  Mencari informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
o  Melakukan klasifikasi-klasifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki

-      Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya


-      Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup




-      Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom



-      Mengklasifikasi beberapa makhluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati

Tes tertulis








Tes tertulis






Tes tertulis







Tes unjuk kerja

PG








Uraian






Uraian







Uji petik kerja produk

Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu
a.    kepala
b.    kulit
c.    alat gerak
d.    ekor

Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup?

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!

Dari gambar hewan yang sudah tersedia klaisfikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!

4 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Organisasi Kehidupan
o  Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop
o  Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan tumbuhan
o  Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ
-      Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop




-      Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya

-      Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan

-      Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
Tes unjuk kerja produk







Tes tertulis




Tes tertulis





Tes tertulis
Uji petik kerja produk







Uraian




Uraian





Uraian

Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop!

Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun!

Amatilah bunga “Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ penyusunnya!

Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung klorofil!
4 x 40’

Buku siswa, preparat, LKS



Standar Kompetensi: 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
 
 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Menentukan ekositem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
Ekosistem
o  Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem
o  Menggali informasi dari nara sumber / melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem danau)
o  Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan
-      Mengidentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
-      Menggambar dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem
Observasi





Tugas

Lembar observasi




Tugas proyek







Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja kelompok! Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan!
4 x 40’

Buku siswa, lingkungan, LKS

7.2 Mengidentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
o  Mencari informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka

o  Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
-      Mengidentifikasi makhluk hidup yang tergolong langka

-      Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong langka di suatu lokasi
-      Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka














-      Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
Tes tulis



Tes lisan



Tes tulis


















Penugasan

Isian



Daftar pertanyaan


PG


















Tugas rumah

Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila …

Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa!

Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka supaya …
a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c.  menambah keindahan alam
d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam

Buatlah karngan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan / hewan langka yang dilindungi
4 x 40’
Buku siswa, buku acuan, LKS

7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
Kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan
o  Studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan populasi
o  Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan / atau gambar
-      Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih


-      Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan


-      Memperkirakan hubungan penduduk dengan ketersediaan lahan


-      Menjelaskn pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

Tes tulis






Tes tulis





Tes tulis





Tes tulis

Isian






Isian





Isian





Uraian

Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih akan …


Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan akan …

Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka ketersediaan lahan akan …

Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat
4 x 40’
Buku siswa, buku acuan, vidoe, film, gambar, LKS
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia
o  Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran
o  Melihat gambar dan / atau tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan
o  Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas manusia
-      Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya










-      Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya



-      Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan

Tes tulis
















Tes tulis








Penugasan

PG
















Uraian








Tugas rumah

Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan adalah …
a.  menurunnya ketersediaan kayu
b.  meningkatnya suhu udara secara global
c.  menurunnya ketersediaan air tanah
d.  meningkatnya kandungan oksigen di udara

Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur dapat ditekan serendah-rendahnya

Buatlah rencana artikel untuk menanggulangi pencemaran lingkungan. Silahkan memilih topiknyam dpat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah, atau pencemaran air!

4 x 40’
Buku siswa, buku acuan, vidoe, film, gambar, LKS

                                                                                                                                    Jakarta, 
          Mengetahui,
Kepala                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran