Welcome to Lampoh tuha

Kamis, 27 Oktober 2011

RPP Biologi SMP kelas VIII semester II KD 2.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD. 2.1

Nama Sekolah
:
SMP

Mata Pelajaran

:
BIOLOGI

Kelas/Semester

:
VIII/II
Alokasi Waktu
:
12 x 45 menit
Standar Kompetensi     :
:
2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar      
:
2.1
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

I.       Indikator
  1. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
  2. Membedakan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan.
  3. Memperdalam pemahaman letak stomata pada daun melalui kegiatan praktikum.
  4. Menjelaskan fungsi jaringan terkentu yang dijumpai pada tumbuhan.
  5. Membandingkan peran pembuluh xilem dan floem dalam pengangkutan.
  6. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk daun dan bagian-bagian bunga tumbuhan dikotil dan monokotil.


II.    Materi Pembelajaran
Materi Pokok        
:
STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAAN

Sub Materi

:
Pertemuan I
o   Struktur dan Fungsi Akar  (Hlm. 123)
o   Struktur dan Fungsi Batang  (Hlm. 126)
o   Struktur dan Fungsi Daun  (Hlm. 131)

Pertemuan II
o   Struktur dan Fungsi Bunga  (Hlm. 136)
o   Buah dan Biji  (Hlm. 139)
o   Peran Pembuluh Xilem dan Floem  (Hlm. 140)

III. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual

Metode pembelajaran

Kooperatif
Model pembelajaran
Grup Investigation dan Kooperatif

Sintaks langkah-langkah Model Pembelajaran Grup Investigation
  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan rnaksud pernbelajarandan tugas kelornpok
  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
  4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
  5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  7. Evaluasi dan penutup


Modifikasi Langkah-Langkah Model Pembelajaran Grup Investigation
  1. Guru menuliskan topik pembelajaran
  2. Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang haru dicapai oleh peserta didik
  3. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  4. Dalam kelompok masing-masing anggota kelampok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda Anggota kelompok yang meinalkami materi yang sama berkumpul menjelaskan keanggota yang lain
  5. Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami.
  6. Guru meminta peserta didik untuk mempreseniasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas
  7. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I (8 x 45 menit)

Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
No
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.
Kegiatan Awal
o Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu :
Struktur dan Fungsi Akar  (Hlm. 123)
Struktur dan Fungsi Batang  (Hlm. 126)
Struktur dan Fungsi Daun  (Hlm. 131)
Struktur dan Fungsi Bunga  (Hlm. 136)

o Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar


Menuliskan topik yang akan dipelajari





Menuliskan tujuan pembelajaran

2.
Kegiatan Inti
o Menjelaskan struktur dan fungsi akar, struktur dan fungsi batang, struktur dan fungsi daun, struktur dan fungsi bunga 
o  
o Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang
o Menugaskan ;
Kegiatan 6.1. Struktur anatomi akar
Kegiatan 6.2 Struktur anatomi batang
Kegiatan 6.3 keaneka ragaman bentuk daun
Kegiatan 6.4 keaneka ragaman bentuk daun
Kegiatan 6.5 letak stomata pada daun
dan membagikan LKPD kegiatan 6.1 s.d 6.5 pada masing-masing kelompok

o Meminta peserta didik melaporkan hasil kegiatan kegiatan 6.1 s.d 6.5 di depan kelas dan mengumpulkan LKPD kegiatan 6.1 s.d 6.5

o Memberikan penguatan dari hasil pengamatan dan diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial)

Mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru


Peserta didik duduk dalam kelompok
Menerima LKPD kegiatan 6.1 s.d 6.5
Mengerjakan kegiatan 6.1 s.d 6.5

Melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain.




Melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain.

Mencatat penguatan yang diterima dari guru

3.

Kegiatan Akhir/tindak lanjut
Menugaskan peserta didik untuk membaca kembali materi yang sudah dijelaskan


Melaksanakan tugas guru

Materi essensial
(Syamsuri, Istamar. 2007, IPA Biologi VIII, halaman 123 – 136)


LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.1

Kegiatan 6.1. Struktur anatomi akar

Tujuan
Mengetahui struktur anatomi akar tumbuhan dikotil dan monokotil

Alat dan bahan
1.      Preparat awetan irisan melintang akar tumbuhan monokotil (akar jagung) dan dikotil (akar bunga matahari)
2.      Foto irisan melintang akar tumbuhan monokotil dan dikotil
3.      Akar tumbuhan monokotil dan dikotil muda yang masih segar
4.      Silet yang tajam (baru)
5.      Mikroskop majemuk (cahaya)
6.      Kaca objek dan kaca penutup
7.      Baskom berisi air dan pipet

Cara kerja
1.      Amatilah preparat awetan irisan akar monokotil dan dikotil dengan menggunakan mikroskop ca­haya.
2.      Temukan dan bandingkan macam-macam jaringan dan struktur jaringan dari kedua jenis akar tersebut.
3.      Struktur jaringan dari preparat awetan tersebut tampak jelas karena dalam proses pembuatannya dilakukan pewamaan jaringan. Akan tetapi untuk lebih mengetahui kondisi aslinya, irislah akar segar yang masih lunak secara melintang dan setipis mungkin dengan menggunakan silet. Kemudian letakkan di atas kaca objek dengan setetes air, dan tutuplah dengan kaca penutup.
4.      Amatilah secara cermat dengan menggunakan mikroskop, kemudian bandingkan dengan preparat awetan dan bandingkan pula antara akar tumbuhan dikotil dan monokotil.
5.      Buatlah gambar skematis irisan melintang akar monokotil dan dikotil tersebut.
6.      Gambarlah hasil pengamatan kalian dan bendel semua gambar, lalu serahkan kepada guru untuk dievaluasi.



























LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.1

Kegiatan 6.2 Struktur anatomi batang

Tujuan : Mengetahui struktur anatomi batang tumbuhan dikotil dan monokotil

Alat dan bahan
1.      Preparat awetan irisan melintang batang tumbuhan monokofil dan dikotil
2.      Batang tumbuhan monokofil dan dikotil muda yang masih segar
3.      Silet yang tajam (baru)
4.      Mikroskop cahaya
5.      Kaca objek dan kaca penutup
6.      Wadah bedsi air dan pipet

Cara kerja :
1.      Amatilah preparat awetan !risen batang monokotil dan dikotil dengan mikroskop cahaya.
2.      Temukan dan bandingkan macam-macam jaringan dan struktur jaringan dad kedua jenis batang tersebut.
3.      Strukturjaringan dad preparat tersebut tampakjelas karena dalam proses pembuatannya dilakukan pewamaan jaringan. Untuk lebih mengetahui kondisi aslinya, irislah batang segar yang masih funak secara melintang setipis mungkin dengan menggunakan silet, kemudian letakkan di atas kaca objek dengan setetes air, dan tutuplah dengan kaca penutup.
4.      Amatilah dengan cermat dengan menggunakan mikroskop, bandingkanlah dengan preparat awetan dan bandingkan pula antara batang tumbuhan dikotil dan monokotil.
5.      Buatlah gambar skematis irisan melintang batang monokotil dan dikotil tersebut.
































LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.1

Kegiatan 6.3 keaneka ragaman bentuk daun

Tujuan : Mengetahui keanekaragaman bentuk daun tumbuhan dikotil dan monokotil

Alat dan bahan
1.      Macam-macam daun tumbuhan monokotil dan dikotil yang masih segar yang ada di sekitar se­kolahmu atau tempat tinggalmu
2.      Lup (kaca pembesar)

Cara Kerja:
1.      Kumpulkan daun sebanyak-banyaknya sebelum praktikum. Usahakan daun tidak layu sebelum diamati.
2.      Amati dengan cermat bentuknya dan ciri-ciri lain dari bagian-bagian daun. Kemudian cobalah membuat pengelompokan berdasarkan petunjuk pengelompokan yang telah kamu pelajari sebe­lumnya.
3.      Bagaimana kesimpulanmu tentang perbedaan tulang daun antara kelompok tumbuhan dikotil dan monokotil?



4.      Laporkan hasil pengelompokan daun yang telah kamu lakukan.



































LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.1


Kegiatan 6.4 keaneka ragaman bentuk daun

Tujuan : Mengetahui struktur anatomi daun tumbuhan dikotil dan monokotil

Alat dan bahan :
1.      Preparat awetan irisan melintang daun tumbuhan monokotil dan dikotil
2.      Daun tumbuhan monokotil dan dikotil muda yang masih segar
3.      Silet tajam (baru)
4.      Mikroskop cahayallistdk
5.      Kaca objek dan kaca penutup
6.      Wadah berisi air
7.      Pipet

Cara kerja :
1.      Amatilah preparat awetan msan melintang daun monokofil dan dikotil dengan mikroskop.
2.      Temukan dan bandingkan macam-macam jaringan dan struktur jaringan dad kedua jenis daun tersebut.
3.      Struktur jaringan dad preparat awetan tersebut tampak jelas karena dalam proses pembuatannya dilakukan pewamaan jaringan. Untuk lebih mengetahui kondisi aslinya, Iakukan pengmsan sepra melintang setipis mungkin pada daun segar yang tidak terlalu tua dengan silet. Kemudian, letakkan irisan di atas kaca objek dengan setetes air, lalu tutup dengan kaca penutup.
4.      Amatilah secara cennat menggunakan mikroskop, bandingkanlah dengan preparat awetan dan bandingkan pula antara daun tumbuhan dikotil dan monokotil.
5.      Buatlah gambar skematis irisan melintang daun monokotil dan dikotil tersebut.
Apakah perbedaan antara daun dikotil dan monokotil secara umum?




Tulislah laporan untuk portofolio.

























LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.1


Kegiatan 6.5 letak stomata pada daun

Tujuan : Mengetahui letak stomata pada daun

Alat dan bahan
1.      Daun tebu (Saccharum sp.) atau jagung (Zea mays), daun lili (Lilium sp.), daun kumis kucing (Orthosiphon spicatus), daun teratai (Nymphaea sp.)
2.      Silet tajam (baru)
3.      Mikroskop cahaya atau mikroskop listrik
4.      Kaca objek dan kaca penutup
5.      Wadah berisi air
6.      Pipet
7.      Pinset
8.      Pensil

Cara kerja :
1.      Ambilah daun tebu (Saccharum sp.) atau jagung (Zea mays).
a.       Lingkarkan helaian daun tersebut pada pensil dengan permukaan atas daun menampel pada pensil,
b.      Buatlah sayatan membujur epidermis daun tersebut pada permukaan bawah. Caranya, buat luka kecil dengan silet, setelah itu tariklah dengan pinset sehingga diperoleh sayatan be­ning.
c.       Letakkan sayafan tersebut di atas kaca objek bersih yang telah ditetesi air sebanyak 1 - 2 tetes, tutuplah dengan kaca penutup. Amati dengan mikroskop dengan perbesaran 10 x 10.
d.      Carilah set epidermis dan stomatanya. Gambadah bagaimana bentuk sel penutupnya.
e.       Jika kurang jelas, pergunakan perbesaran 10 x 45. Lakukan penyayatan pada permukaan sebaliknya dan amati stomatanya.
2.      Ambil daun IN (Lilium sp.).
a.       Buatlah preparat sayatan daun seperti kegiatan 1.
b.      Amati dengan mikroskop dengan perbesaran 10 x 10, carilah sel epidermis dan stoma­tanya.
c.       Gambarlah bagaimana bentuk sel penutupnya. Jika kurang jelas, pergunakan perbesaran 10 x 45.
d.      Lakukan penyayatan pada permukaan sebaliknya dan amatilah stomatanya.
3.      Ambil daun Orthosiphon spicatus (kumis kucing).
a.       Buatlah preparat sayatan daun seperti kegiatan 1.
b.      Amati dengan mikroskop dengan perbesaran 10 x 10, perhatikan stomata den fikomanya. Bagaimanakah permukaan atasnya? Adakah stomatanya?
c.       Gambarlah bentuk sel penutupnya. Jika kurang jelas, pergunakan perbesaran 10 x 45. Bagaimana bentuk trikomanya? Gambartah dan beri keterangan.
d.      Lakukan penyayatan pada permukaan sebaliknya dan amatilah stomatanya.

4.      Lakukan cara yang same dengan langkah di atas untuk daun Nymphaea sp. (teratai). Di manakah letak stomatanya? Di permukaan atas atau di permukaan bawah?

5.      Dari hasil pengamatan kalian, rangkumlah tentang kedudukan stomata pada kedua epidermis daun-daun tersebut.










Pertemuan II (4 x 45 menit)

Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
No
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.
Kegiatan Awal
o Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu :
Struktur dan Fungsi Bunga 
Buah dan Biji
Peran Pembuluh Xilem dan Floem  (Hlm. 140)

o Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar


Menuliskan topik yang akan dipelajari



Menuliskan tujuan pembelajaran

2.
Kegiatan Inti
o Menjelaskan struktur dan Fungsi Bunga, buah dan biji  serta peran pembuluh xilem dan floem 

o Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang
o Menugaskan kegiatan 6.6 membagikan LKPD kegiatan 6.6 pada masing-masing kelompok

o Meminta peserta didik melaporkan hasil kegiatan kegiatan 6.6 didepan kelas dan mengumpulkan LKPD kegiatan 6.6
o Meminta peserta didik melaporkan hasil kegiatan Biolab 9-5 dan mengumpulkan LKPD Biolab 9-5

o Menugaskan mengerjakan latihan pilihan ganda Hlm. 143

o Memberikan penguatan dari hasil pengamatan dan diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial)


Mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru

Peserta didik duduk dalam kelompok
Menerima LKPD kegiatan 6.6 Peserta didik duduk dalam kelompok,


Melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain.



Mengerjakan latihan pilihan ganda


Mencatat penguatan yang diterima dari guru

3.

Penutup
o Menugaskan mengerjakan latihan esai hlm. 145



Mengerjakan latihan esai


Materi essensial
(Syamsuri, Istamar. 2007, IPA Biologi VIII, halaman 136 – 141)










LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
KD 2.1

Kegiatan 6.6. Struktur morfologi bunga

Tujuan
Mengetahui bagian-bagian bunga tumbuhan dikotil maupun monokotil

Alat dan bahan
1.      Macam-macam bunga tumbuhan monokotil dan dikotil yang masih segar yang ada di sekitar sekolahmu atau tempat tinggalmu
2.lup (kaca pembesar)

Cara kerja
1.      Kumpulkan bunga sebanyak-banyaknya sebelum praktikum. Usahakan bunga tidak layu sebelum diamati.
2.      Amati dengan cermat bagian-bagian bunga, kemudian cobalah membuat pengelompokan berdasarkan kelengkapan bagian-bagian bunganya.
3.      Tentukan bunga-bunga tersebut termasuk bunga hemafrodit, bunga jantan, atau bunga betina.






































V.     Media Pembelajaran
Alat/Bahan             : Alat tulis, LCD/OHP,
Sumber belajar       : Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi untuk SMP kelas VIII.
  Jakarta : Penerbit Erlangga

VI.  Penilaian
o   Penilaian proses belajar peserta didik
o   Kegiatan
Kegiatan 6.1. Struktur anatomi akar
Kegiatan 6.2 Struktur anatomi batang
Kegiatan 6.3 keaneka ragaman bentuk daun
Kegiatan 6.4 keaneka ragaman bentuk daun
Kegiatan 6.5 letak stomata pada daun
Kegiatan 6.6. Struktur morfologi bunga

o   Evaluasi



Mengetahui
Kepala SMP . . . . . . . . . .



. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
NIP.
Tim Bidang Studi
Koordinator



. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
NIP































Pilihlah satu jawaban yang tepat !



1.      Jaringan sekunder pada batang tumbuhan terbentuk akibat aktivitas ....
a.       jaringan meristem       
b.      xilem  
c.       cambium
d.      empulur

2.      Struktur di permukaan batang yang berfungsi untuk pertukaran gas disebut ....
a.       stomata           
b.      lentisel
c.       prokambium
d.      protoderma

3.      Parenkima pada beberapa tumbuhan air memiliki rongga udara sehingga disebut ....
a.       aerenkima       
b.      kolenkima       
c.       sklerenkima
d.      feloderma

4.      Berikut ini organ-organ yang terdapat pada bunga jantan, kecuali ....
a.       benang sari     
b.      kepala sari
c.       karpel 
d.      polen

5.      Proses jatuhnya benang sari di atas kepala sari disebut ....
a.       pembuahan     
b.      transpirasi       
c.       fertilisasi
d.      penyerbukan

6.      Biji di dalam tanah dapat tumbuh karena memiliki cadangan makanan. Cadangan makanan itu terletak pada ....
a.       embrio
b.      endosperma    
c.       radikula
d.      plumula
7.      Air dan mineral yang dibutuhkan untuk metabolisme tumbuhan diangkut oleh ....
a.       xilem, dari daun ke akar         
b.      floem, dari daun ke akar         
c.       xilem, dad akar ke daun
d.      floem, dari akar ke daun

8.      Berikut ini yang bukan pembeda antara batang dikotil dan monokotil adalah ....
a.       ada tidaknya stele       
b.      ada tidaknya kambium           
c.       ada tidaknya sklerenkima
d.      ada ddaknya atilem sekunder

9.      Letak xilem sekunder pada batang adalah ....
a.       di pangkal batang        
b.      di antara stele dan acilem primer         d.        
c.       di antara kulit dan floem primer
d.      di antara kambium dan milem

10.  Urutan yang tepat tentang letak jaringan penyusun daun dikotil dari atas ke bawah adalah ....
a.       epidermis atas - parenkima - kolenkima - epidermis bawah
b.      epidermis atas - palisade - parenkima spons - epidermis bawah
c.       epidermis atas - klorenkima - parenkima - epidermis bawah
d.      epidermis atas - jaringan spons - palisade - xilem - epidermis bawah

























Penilaian Proses Belajar Peserta Didik KD 2.1

Diskusi Kelas
No
Elemen yang dinilai
Skors Maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Seluruh perhatian diarahkan pada materi diskusi
20


2
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
20


3
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
20


4
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
20


5
Menghargai saran dan pendapat sesama teman peserta diskusi
20


Total Skor
100







Presentasi Lisan
No
Elemen yang dinilai
Skors Maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Menggunakan konsep sains secara tepat
10


2
Penjelasan pendukung cukup rinci untuk menjelaskan konsep
20


3
Penyajian tcrdiri dari permutaan yang jelas, isi yang terorganisir dan penutup yang jelas
20


4
Kualitas suara, seperti tingkat volume, artikulasi dan antusianisme cukup baik
10


5
Bahasa tubuh seperti kontak mata, postur dan gerak tubuh digunakan secara efektif
10


6
Humor positif digunaakan secara tepat
10


7
Memberi audiens waktu yang cukup
10


8
Memberi respon yang baik pada pertanyaan audiens
10


Total Skor
100